Tips mengatasi obesitas pada anak balita

obesitas

Tips mengatasi obesitas pada anak balita – Bila si kecil sudah menunjukkan gejala obesitas, yang harus Anda lakukan adalah memperkecil pertambahan berat badannya. Anda boleh menerapkan program diet kepadanva, asalkan Anda konsultasikan terlebih dulu kepada dokter anak atau dokter ahli gizi. Tujuannya, agar si kecrl terhindar dari masalah baru yaitu justru mengalami kekurangan zat-zat gizi yang sebenarya sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembangnva.

Cobalah bantu dengan memberikan makanan-makanan yang dapat menunda rasa laparnya, Misalnya daging atau buah-buahan. Bagaimanapun. jumlah lemak yang terkandung di dalam makanan- makanan
yang diberikan tetap harus Anda perhitungkan .Jangan lupa untuk memakan sayuran dan buah-buahan dalam daftar menu makanan si kecil. Bila memungkinkan, biasakan si kecil untuk memulai acara makannya dengan menu berupa sayur-sayuran sehingga dia akan langsung merasa kenyang dan tidak berselera lagi untuk mengkonsumsi makanan utama yang berkalori tinggi dalam jumlah banyak.

Tips mengatasi obesitas pada anak balita

Untuk sementara, Anda jangan menyimpan atau menyediakan jenis-jenis makanan berkalori tinggi, terutama yang berkadar lemak tinggi. seperti es krim dan kue tart. Kalaupun ada, usahakan menyimpannya di tempat yang tidak mudah dilihat oleh si kecil atau jauh dari jangkauannya Akan lebih baik jika seluruh anggota keluarga juga ikut mendukung program diet si kecil. Misalnya. dengan ikut mengurangi makanan berkadar lemak tinggi.

Cara lainnya adalah tidak mengkonsumsi makanan lezat tersebut dihadapan si kecil, sehingga tidak mengundang seleranya. Bukan hanya makanan yang harus Anda perhatikan tetapi juga minuman si kecil. Gantilah minuman soft drink kesayangannya dengan minuman lain yang berkalori rendah. Anda clapat memberinva susu renclah lemak, susu kedelai, atau beraneka jenis jus buah-buahan tanpa gula.
Selain itu, jangan terbiasa menyediakan makanan camilan yang kurang bergizi contohnya beragam jenis snack dalam kemasan yang menggiurkan serta aneka jenis permen.

Makanan-makanan kering lainnya seperti keripik-keripik, kue kering, atau kue kalengan, sebaiknya juga anda batasi. Keripik atau kue kering seperti itu banyak menganclung lcmak, baik yang berasal dari minyak goreng maupun dari mentega atau margarin, Batasi juga konsumsi makanan berkadar gula tinggi.

Majalah Ayahbunda

 

  • Jika Kamu suka dengan artikel ini, silahkan share melalui Media Sosial kamu.
  • Jika Kamu ingin berdonasi untuk Anak Yatim dan Dhuafa, Silahkan Klik Disini.

Artikel Terbaru

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details