(021) 546343778

Mengasuh Yatim dan Suka Duka Dibaliknya

Asrama
WhatsApp Image 2017-05-11 at 21.39.36

Sahabat Yatim kini mengasuh sekitar 140 anak yang tersebar di 17 asrama. Tentu perlu berbagai program pemberdayaan untuk sejumlah anak yatim tersebut.

Pendiri Sahabat Yatim, Kumara menyebut, berbagai program telah dilakukan misalnya pembentukan ruhiyah. Program ini berupa mutabaah yaumiyah, asmahulusna, dan menghafal Al Quran.

Sahabat Yatim juga menggandeng konselor yang berafiliasi dengan Elly Risman untuk melihat minat dan bakat anak yatim. Tak hanya itu, pendidikan life skill juga diberikan agar anak yatim bisa mandiri.

Untuk kemasyarakatan, anak yatim rutin mengadakan kerja bakti mingguan. Di bidang akademik dan non akademik, anak yatim yang berprestasi diberikan tambahan sarana dan prasarana.

WhatsApp Image 2017-05-11 at 21.40.17

 

Bukan perkara mudah mengasuh anak yatim di asrama. Diakui Kepala Asrama Sahabat Yatim Cabang Cibinong, Abi Asep, dukanya ketika anak sulit diatur dan diarahkan. Namun duka tersebut tak ada apa-apanya dibanding suka yang diperoleh. Abi Asep mengaku sangat senang bisa dipercaya menjadi sosok pengganti orang tua bagi anak-anak tersebut.

“Insya Allah niat untuk ibadah kepada Allah SWT,”kata Abi Asep.

Mengelola anak-anak di asrama sebisa mungkin dilakukannya dengan menanamkan kedisiplinan, kemandirian, kepedulian, saling menghormati dan menyayangi dan yang terpenting menanamkan rasa percaya diri.

Umi Sofiah, penanggung jawab Asrama Sahabat Yatim Cipondoh juga mengakui hal serupa. Menurutnya, anak yatim adalah amanah yang mesti dijaga. Mengasuh anak yatim artinya dapat memberikan kasih sayang seperti kepada anak sendiri, bahkan lebih.

“Sama saja seperti anak WhatsApp Image 2017-05-11 at 21.44.57sendiri, bedanya nggak lahir dari rahim Umi saja,”kata Umi.

Umi Sofiah mengaku, mendidik anak asuh ini memang susah-susah gampang. Mengapa? Karena mereka berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda dengan karakter yang berbeda pula. Yang jelas, terus memberikan kasih sayang dan perhatian adalah hal yang diperlukan anak-anak yatim itu.

“Umi sering menasihati mereka untuk terus berani dan percaya diri, Alhamdulillah anak-anak semangat terus,”kata Umi.