(021) 546343778

Berawal dari PAUD, Sahabat Yatim Kini Miliki 17 Asrama

Asrama
l

Semuanya bermula dari sebuah PAUD dan TK Islam. Sebelum tahun 2009, kegiatan PAUD di wilayah Jalan Dumbo, Pondok Kacang, Ciledug, Tangerang, belum begitu berkembang. Faktor biaya dan legal lembaga jadi penghalang kemajuan. Lalu, datanglah Kumara dan Bobi Satria bersama keluarga membantu PAUD tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mendirikan yayasan bernama Yayasan Sahabat Yatim (YSY). Langkah ini dilakukan agar PAUD dan TK Islam yang juga memberi ruang untuk pengasuhan anak terkelola secara profesional.

Dukungan dari masyarakat dan donatur pun berdatangan. Akhirnya, tempat lebih layak untuk pengasuhan anak dipisah dengan TK dan PAUD. Dari awalnya hanya empat anak yang diasuh, bertambah terus menjadi sepuluh anak.

Di tahun 2010, anak asuh semakin banyak. Sahabat Yatim kemudian membuka asrama kedua, dan hingga saat ini berkembang menjadi 17 asrama. Sahabat Yatim juga mulai memberanikan diri untuk membuka program-program anak asuh. Yang diasuh pun bukan hanya anak asuh mukim, tapi juga non mukim.

Tak hanya itu, kaum dhuafa tak luput dari perhatian. Program seperti #SAJADAH (Bantuan Sembako untuk Janda Dhuafa) , #IBUQU (Bantuan untuk Guru-guru Qur’an/guru ngaji),  #SAHABAT (bantuan biaya kesehatan utk dhuafa) kerap dilancarkan tiap bulannya. Di tahun 2016, Sahabat Yatim meluncurkan Kampus Pemberdayaan. Kampus ini merupakan layanan home schooling untuk level sekolah dasar.

Tak ada syarat tertentu untuk bisa diasuh oleh Sahabat Yatim. Pendiri Sahabat Yatim, Kumara mengungkap, siapapun yang membutuhkan dapat memanfaatkan fasilitas rumah asuh. Justru ada beberapa anak yatim yang berkebutuhan khusus diasuh di asrama.

Ke depan, Sahabat Yatim menargetkan agar dapat mandiri tanpa tergantung donatur. Seluruh dana donatur dipakai untuk program, sementara amil didukung dari unit-unit usaha yang dibuat. Langkah itu sudah dilakukan dengan pendirian Yatim Mandiri (Yaman) Mart dan usaha percetakan.

Sahabat Yatim berharap, masyarakat bisa melihat Sahabat Yatim bisa menjadi mitra yang dipercaya untuk menyalurkan spirit berbagi. Karena sesungguhnya, bukan hanya anak-anak yatim yang membutuhkan pertolongan, masyarakat pun dapat membersihkan harta dan beramal shalih.