(021) 5312 6107

Bidang Usaha Jasa Konstruksi

Bisnis

jasa konstruksi Definisi Jasa Konstruksi
Yang dimaksud dengan jasa konstruksi adalah sebuah perusahaan konstruktor yang bergerak pada bidang jasa pembuatan konstruksi civil dan konstruksi mechanical Jasa konstruksi menangani hal-hal yang berkaitan dengan bagian pondasi, dinding, dan atap (bangunan civil ). Jasa konstruksi mechanical menangani hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahan yang terbuat dari besi dalam pembuatan pabrik, pembuatan tanki, pemasangan mesin. pembuatan kapal, dan lain-lain.
Kegiatan konstruksi merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh beberapa pihak. Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan yang matang dari konsultan perencana agar pembangunan berjalan sesuai dengan permintaan klien jasa konstruksi. Setelah perencanaan dilakukan dengan baik oleh tim leader, maka kegiatan konstruksi akan diserahkan kepada kontraktor untuk dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dan ketetapan yang berlaku.
Para kontraktor tersebut bekerja secara tim di dalam kantor karena tugasnya adalah mengatur atau memanage sistem pengerjaan bangunan agar sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan pihak tim leader. Sementara itu, orang-orang yang melakukan parktik kerja bangunan di lapangan adalah tim pelaksana yang terdiri atas mandor proyek, buruh bangunan, tukang, dan ahli bangunan yang bekerja secara praktis dalam proses konstruksi.
Mandor lapangan mendapatkan perintah untuk melakukan kegiatan konstruksi dari pelaksana dan pengawas lapangan atau sering disebut sebagai konsultan pengawas lapangan.
Dengan kata lain, usaha jasa konstruksi merupakan usaha yang mengedepankan rangkaian terpadu antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan dalam usaha membangun suatu rancangan yang diminta oleh pihak pemberi tender. Pihak pemberi tender tersebut bisa berupa instansi pemerintah atau bisa juga perusahaan swasta dan perusahaan perseorangan. Perencanaan dalam Usaha Jasa Konstruksi
Dalam kegiatan konstruksi, dibutuhkan pula perencanaan terpadu yang memuat berbagai hal mengenai metode penentuan besar kecilnya biaya yang diperlukan untuk proses pembangunan, bagaimana rancangan bangunan yang sesuai dnegan permintaan klien, serta hal lain yang berhubungan dengan proses pembangunan.
Sama seperti usaha di bidang lain, usaha jasa konstruksi juga membutuhkan perencanaan yang matang dari berbagai segi sehingga kegiatan yang dilakukan akan sesuai dengan target dan sasaran yang dituju pada awal pembangunan. perencanaan terpadu yang dilakukan tersebut meliputi hal-hal berikut ini.
Jadwal pembangunan
Pendanaan pembangunan
Dampak pembangunan terhadap lingkungan sekitar
Keamanan lingkungan proyek pembangunan
Ketersediaan material
Ketidaknyamanan publik
Ketersediaan logistik
Persediaan dokumen tender
Hal-hal tersebut perlu diperhatikan untuk mencegah risiko gagal proyek pembangunan akibat hal-hal yang tidak terduga. Selain itu, alasan lain mengapa banyak hal yang berkaitan dengan kenyamanan publik dan lingkungan sekitar proyek ini perlu diperhatikan adalah karena usaha ini merupakan usaha di bidang jasa yang bertugas melayani klien demi kepentingan masyarakat banyak. Apalagi jika klien yang meminta tender adalah pemerintah.
Dengan kata lain, usaha konstruksi ini bukanlah usaha dalam bidang sektor ekonomi yang hanya bertugas menyediakan layanan perencanaan dan pelaksanaan bangunan, atau membangun suatu bangunan fisik yang sesuai dengan perencanaan terpadu yang dilakukan oleh tim leader saja. usaha ini juga harus memperhatikan kepentingan lingkungan dan kelestariannya sehingga proyek bangunan tidak hanya menyelesaikan satu kebutuhan individu, tapi juga memberikan manfaat lain terhadap masyarakat sekitarnya. Berbagai macam Usaha di Bidang Konstruksi
Berikut adalah beberapa jenis usaha di bidang konstruksi. Usaha Perencanaan Konstruksi
Usaha ini meliputi penyediaan layanan dalam bidang jasa pelaksanaan atas pekerjaan konstruksi. Pelaksanaan jasa yang dimaksud adalah pelaksanaan berbagai rangkaian kegiatan atau bagian kegiatan yang menyangkut studi pengembangan sampai penyususnan dokumen kontrak kerja para pelaku konstruksi. Usaha Pelaksanaan Konstruksi
Usaha ini merupakan penyediaan layanan jasa pelaksanaan dalam pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan rangkaian kegiatan atau bagian kegiatan persiapan lapangan sampai penyerahan hasil akhir pekerjaan konstruksi. Usaha Pengawasan Konstruksi
Usaha ini merupakan penyediaan layanan jasa pelaksanaan dalam pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan keseluruhan pelaksanaan konstruksi, dari mulai studi pengembangan sampai penyerahan hasil akhir konstruksi. Cara Mendapatkan Konsumen untuk Konstruksi Civil
Kejelian dan jaringan bisnis sangatlah penting dalam bidang usaha ini. Datangilah kota-kota yang sedang giat-giatnya membangun semisal yang dilakukan oleh kota pemekaran atau kabupaten baru dan provinsi baru. Pasti banyak objek pembangunan yang bisa ditangani.
Datangilah instansi pemerintah, terutama dinas terkait. Pembangunan yang berhubungan dengan bangunan civil pasti banyak peluangnya di sana. Untuk instansi swasta, BUMN, pembangunan yang terkait konstruksi mechanical dan civil biasanya dilakukan sebagai pengembangan ekspansi produksi atau perluasan bisnis.
Perusahaan-perusahaan tersebut juga membutuhkan jasa konstruksi dalam rangka pemeliharaan dan perawatan gedung-gedung mereka. Cara Berhubungan dengan Calon Konsumen
Untuk mendapatkan tender atau pekerjaan dari calon konsumen, ada tata caranya. Bila tata cara ini tidak dilakukan dengan baik, maka calon konsumen tidak akan memakai jasa Anda. Kirimlah seorang manager marketing handal yang sudah sangat profesional dan sangat perpengalaman terutama untuk berhubungan dengan perusahaan-perusahaan besar.
Bila ingin mendapatkan pekerjaan dari sebuah pabrik pengelola karet, maka yang harus dihubungi adalah General Manager pabrik dan para manager karena merekalah yang membuat bujet dan rencana pembangunan. Hal-hal yang dibicarakan adalah mengenai:
Berapa kapasitas pabrik karet dalam satu jam?
Berapa luas area yang akan dibutuhkan?
Hasil dari karet akan dijual ke mana?
Informasi tersebut dibutuhkan untuk membuat estimasi pengeluaran dan lamanya pengerjaan sebuah proyek. Bicarakan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan harga bahan dan ketahanan konstruksi bila menggunakan bahan-bahan tertentu. Pembicaraan mengenai berapa bujet yang akan dikeluarkan oleh konsumen dalam pembangunan proyeknya juga merupakan bagian negosiasi yang tak bisa dielakkan. Keuntungan Perusahaan Jasa Konstruksi
Keuntungan perusahaan jasa konstruksi biasanya dihitung dari harga per meter atau volume dari pekerjaan itu sendiri. Misalnya satu meter persegi dihitung seharga Rp 1.800.000. Jadi nilai bangunan adalah luas dikalikan dengan harga per meter tersebut. Itu untuk jasa konstruksi civil Sedangkan untuk jasa konstruksi mechanical tergantung harga besi. Kesinambungan Usaha
Satu proyek belum selesai sudah mencari proyek lainnya. Begitulah seterusnya agar perusahaan terus berkembang. Informasi tentang pekerjaan bisa didapatkan melalui surat kabar, teman, pengumuman-pengumuman di perusahaan-perusahaan baik instasi pemerintah maupun swasta.
Setelah itu, rajin mengikuti tender. Untuk memenangkan sebuah tender, perusahaan jasa konstruksi harus bermain dengan harga batas atas dan harga batas bawah, lama pengerjaan, negosiasi harga barang. Kemampuan negosiasi sangatlah penting apalagi bila Surat Perintah kerja (SPK) sudah keluar.
Pekerjaan proyek biasanya dilakukan per termin dan pembayaran dilakukan bila pekerjaan selesai pada masa termin-termin tersebut. Misalnya, setelah pekerjaan selesai 30%, pihak perusahaan jasa konstruksi mengajukan tagihan.
Bila pekerjaan sudah diperiksa oleh General Manager atau orang yang ditunjuk oleh pihak konsumen untuk bertanggung jawab mengawasi pembangunan, mengatakan bahwa pekerjaan memang sudah selesai, maka pembayaran dilakukan dan pekerjaan dilanjutkan pada termin berikutnya. Bila semua sudah selesai 100%, maka penagihan dilakukan lagi dan kunci diserahkan sebagai simbolisasi selesai pekerjaan.


error: Content is protected !!