(021) 5312 6107

Cara mengatur pola makan anak usia 1 tahun

Parenting

Cara mengatur pola makan anak usia 1 tahun – Menjelang usia satu tahun, anak biasanya mulai mengembangkan pola makannya. Sebaiknya Anda membiasakan diri menerapkan pola makan yang baik, yakni makan secara teratur serta mengkonsumsr makanan bergizi seimbang. Mengapa? Sebab, seorang anak akan selalu mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Jenis makanan tertentu seperti cumi-cumi. yang kebetulan tidak Anda sukai, misalnya, biasanya juga tidak akan disukai anak. Hal ini sesuai dengan perkembangan anak yang sedang dalam tahap meniru. Dalam hal ini. yang menjadi model untuk dltiru tentu kedua orang tuanya.

Bagaimana dengan tayangan iklan di televisi? Meski belum mencapai usia setahun, otak anak sudah mampu merekam dengan baik berbagai materi iklan makanan yang ditayangkan televisi. Jadi, bila Anda
membiasakan si kecil makan sambil menonton Tv bukan tidak mungkin dia lama-kelamaan akan hapal dan mengenal bahwa ada begitu banyak jenis makanan yang pernah dilihatnya melalui layar kaca. Dan. kelak  setelah dia berusia dua hingga tiga tahun, keinginan untuk mencoba berbagai jenis makanan yang ditayangkan di tv akan muncul. Karena itu, sebaiknya Ancla tidak membiasakan anak untuk makan sambil menonton tv, Atau secepat mungkin kcgiatan tersebut diminimalkan.

Cara mengatur pola makan anak usia 1 tahun

Selain pola makan. Anda pun clapat menanamkan sopan santun dimeja makan sejak dini Anda bisa memulainya dengan membiasakan si kecil duduk di kursi makan “kebesarannya” pada waktu jam makan. Kebiasaan baik yang terpupuk sejak awal ini cliharapkan akan terus berlanjut hingga ia besar nanti. Sehingga acara makan bersama keluarga kelak clapat pula clijacllkan sarana untuk menjalin komunikasi yang baik cliantara anggota keluarga.

Disiplin lain yang dapat Anda tanamkan pacla si kecil pada waktu makan aclalah menepati jam makan. Jadi, acla jam-jam tertentu yang sudah Anda  tetapkan sebagai patokan jadwal makan baginya. Baik itu jam makan menu utama sebanyak tiga kali, maupun jam makan tambahan atau selingan. Sebaiknya, Anda tidak memberi makan setiap kali sl kecll menunjukkan tanda-tanda lapar. Memang, adakalanya orang tua “tidak tega” mematuhi jadwal makan tersebut secara ketar. Nah, bila Anda menghadapi masalah seperti ini, jalan tengah yang dapat Anda gunakan adalah bersikap fleksibel atau memberikan toleransi hingga batas-batas tertentu. Sebab. sistem pencernaan si kecil yang mungkin belum berkembang baik. justru dapat dipicu perkembangannya dengan cara memberinya makanan secara teratur pada jam-jam terrentu.

Majalah Ayahbunda


error: Content is protected !!