(021) 546343778

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak

Parenting
keluarga besar

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak

1.Nenek dan kakek

Selain ayah dan bunda Sosok nenek dan kakek juga penting karena… Orang dewasa di luar Anda yang mencintai si kecil sama besar dengan Anda. Meski ada juga opa dan oma yang ingin hidup tenang di usia senja -bebas dari “gangguan” cucu- namun soal kualitas cinta, mereka bisa diandalkan.

Membangun bonding dengan cucu…Kakek nenek dapat menjadi role model sekaligus memberi pengaruh besar dalam pembentukan kepribadian cucu. Kehadiran mereka menghadirkan suasana kekeluargaan dan menanamkan akar budaya. Kakek nenek mencurahkan cintanya dan kerap menempatkan anak sebagai sosok penting, sehingga membuat anak merasa aman sekaligus dibutuhkan.

Terkadang ada kendala fisik atau perbedaan cara pengasuhan dengan Anda, yang disebabkan oleh gap antar generasi, namun hal itu dapat dikomunikasikan dan diatasi. Jagalah silaturahmi agar cucu mengenal mereka dengan baik. Minta kakek nenek menunjukan pohon keluarga, mewariskan keahlian khas dalam keluarga seperti memancing ikan atau merajut, membacakan dongeng dan menceritakan kenangan masa kecil Anda.

2. Tante dan Om

Sosok penting karena.. anak dan dalam situasi darurat, dapat menjadi subtitute parent untuk mensupervisi perawatan anak. Kesamaan generasi membuat komunikasi Anda dengannya lebih mudah, contohnya dalam menegakkan aturan dan disiplin pada anak. Kehadirannya memperkuat sense of belonging anak terhadap keluarga besar, juga membuat anak merasa dirinya adalah bagian dari keluarga besar. Lebih seru bila om/tante punya anak sebaya si kecil!

Majalah Ayahbunda