(021) 546343778

Liburan Hemat Buat Pelajar, Begini Caranya

LIFESTYLE
642103-10-ekspektasi-vs-realita-rencanain-liburan-bareng-teman-se-geng

Libur Lebaran telah usai, namun untuk libur sekolah masih berlanjut. Buat kamu yang mau jalan-jalan hemat di liburan kali ini, simak dulu caranya.

Setelah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk meraih nilai yang bagus di sekolah, saatnya berlibur sejenak sambil traveling. Nah, liburan yang seru tak harus mahal. Dengan bujet secukupnya tetap dapat menghasilkan mendapat pengalaman maksimal, asal tahu tips liburan hemat.

  1. Minta dukungan orangtua

Berani berangkat traveling tanpa bersama orangtua memang bagus, tapi jangan lupa untuk tetap meminta izin terlebih dahulu supaya mereka tidak khawatir. Beritahu destinasi mana yang akan dituju, berapa lama kamu akan pergi dan berangkat sama siapa.

Selain itu, tak ada salahnya meminta dana tambahan buat liburan. Berbicaralah dengan sopan dan halus, pasti orangtua akan mengerti dan mengabulkan permintaan anaknya.

  1. Perhatikan itinerary dan biaya

Langkah utama yang paling penting adalah membuat itinerary dan perencanaan biaya. Cobalah cari informasi terkait destinasi mana saja yang terjangkau dari rumah, tapi punya banyak objek wisata keren. Informasi bisa kamu dapatkan dari internet, baca detikTravel atau mintalah pendapat orangtua.

Lalu hitunglah kira-kira berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk penginapan, transportasi, makan, masuk tempat wisata hingga simpanan untuk pengeluaran tak terduga. Selain dana dari orangtua, maksimalkan tabungan yang kamu punya untuk uang saku di perjalanan, yang penting jangan boros ya, kan ini jalan-jalan hemat.

  1. Ajak teman-teman biar ramai

Traveling sendirian memang asyik, tapi akan lebih seru lagi kalau pergi ramai-ramai bersama teman. Baik itu teman sekelas atau di tempat les, ajak saja berlibur bersama.

Perjalanan akan terasa lebih mengasyikkan dan dijamin bakalan banyak cerita tak terlupakan, seperti berdesak-desakan di kereta ekonomi, makan malam bersama, foto-foto di spot unik. Selain itu kalau pergi ramai-ramai biaya terasa lebih ringan.

Kamu bisa patungan untuk membayar penginapan dan transportasi. Misalnya saja untuk sewa kapal saat island hopping atau keliling kota dengan menyewa mobil. Tentu jika lebih ramai maka biaya per orangnya akan lebih sedikit.

  1. Manfaatkan kartu pelajar

Jangan tinggalkan kartu pelajar di rumah. Bawalah selalu di dalam dompet karena kartu pelajar banyak manfaatnya untuk jalan-jalan hemat. Beberapa objek wisata memiliki diskon tiket masuk bagi anak sekolah, dengan menunjukkan kartu pelajar.

Kalau mau, selain kartu pelajar dari sekolah, kamu juga bisa membuat International Student Identity Card (ISIC). Dengan kartu ini kamu bisa mendapat diskon tiket masuk objek wisata hingga kuliner di sejumlah tempat di dalam dan luar negeri.

  1. Maksimalkan wisata gratis

Jika di kota tujuan banyak tempat wisata gratis, masukkan juga dalam itinerary liburan hemat. Kamu bisa jelajah lebih banyak objek wisata tanpa perlu bujet tambahan. Misalnya saja main ke taman bahkan museum.

Sejumlah destinasi, seperti Singapura, ada pula yang menawarkan tur keliling kota gratis buat turis. Asyik juga kalau bisa jalan-jalan hemat sambil mendengar kisah di balik suatu objek wisata dari pemandu tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Selamat liburan hemat!

Sumber: Detik.com