(021) 5312 6107

Menu makanan bayi usia 9 bulan keatas

Parenting

Menu makanan bayi usia 9 bulan keatas – Pada usia 9-12 bulan, secara bertahap ruang gerak si kecil akan bertambah luas. Semula anak memang betah bermain sepanjang hari di kamarnya saja. Sekarang, ia sudah mempunyai keinginan dan kemampuan unruk bereksplorasi ke luar kamar. bahkan ke luar rumah. Rasa ingin tahunya yang bertambah kuat dan kemampuan fisiknya yang kian meningkat, membuat bayi kini nyaris dapat merambah ke seluruh penjuru rumah. Caranya? Dengan merangkak, berguling, dan bahkan mungkin berjalan, walaupun mungkin masih tertatih- tatih.

Untuk dapat mengimbangi pertumbuhan serta perkembangan kemampuan fisik tersebut, tubuh anak membutuhkan energi dalam jumlah yang mencukupi. Anak membutuhkan tambahan sumber energi lebih banyak dibanding usia sebelumnya.

Sekarang anak juga sudah lebih pandai mengunyah, sehingga makanan sudah bisa diberikan dalam bentuk lebih kasar, tidak perlu disaring lagiseperti sebelumnya pada usia 6-9 bulan. makanan bayi biasanya masih diberikan dalam bentuk halus, tetapi setelah itu makanan boleh diberikan dalam bentuk kasar.

Meningkatkan selera makan

Pada rentang usia 9-12 bulan ini, berat tubuh bayi umumnya sudah mencapai hampir  tiga kali lipat beratnya pada waktu baru lahir (bila berat lahir normal). Agar proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak dapat berlangsung clengan baik, dibutuhkan berbagai zat gizi, tennasuk vitamin clan mineral, dalam jumlah yang lebih banyak dan lebih bervariasi dibandingkan sebelumnya.

Saat ini bayi sedang dalam tahap perkembangan yang disebut fase oral. Untuk memenuhi rasa ingin tahu yang begitu besar terhaclap segala sesuatu di sekelilingnya, anak akan memasukkan apa saja yang ditemukan kedalam mulutnya.

Namun, karena inclera pengecapnya sudah semakin berkembang, ia mulai dapat merasakan apakah benda yang climasukkan ke dalam mulutnya itu enak atau tidak Kadangkala, meskipun sedang makan, si kecil bisa saja tiba-tiba beralih dari makanan itu ke sesuatu yang lain. Nah, Anda dapat memanfaatkan waktu seperti itu untuk melakukan “pengamatan” secara cepat terhaclap macam clan rasa makanan yang paling disukai. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menyusun siasat untuk menghadapinya saat ia rewel makan.

Majalah Ayahbunda