(021) 5312 6107

Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

SYIAR
Golongan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Golongan orang yang berhak menerima zakat – Membayar zakat merupakan rukun islam yang wajib, bagi setiap kaum muslim dan muslimah sangat wajib membayar zakat dan seseorang yang sudah memenuhi syarat untuk berzakat. Zakat ada dua, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Jika zakat fitrah yaitu, zakat yang wajib dilakukan untuk seluruh kamu muslim dan muslimah ketika akan menjelang hari raya Idul Fitri ataupun ketika bulan ramadhan. Nah sedangkan untuk zakat maal yaitu zakat yang disisihkan dari sebagian penghasilan yang kita miliki, untuk diberikan kepada seseorang yang lebih berhak menerima zakat

Sebelum mengetahui orang-orang yang berhak menerima zakat, dibawah ada beberapa syarat yang wajib mengelurakan zakat:

Muslim

Kaum muslim sangat wajib mengeluarkan zakat, setelah seseorang muslim menerima dua kalimat syahadat serta melakukan kewajiban shalat.

Berakal serta Baligh

Orang yang berakal dan baligh sangat dianjurkan untuk membayar zakat. Untuk seseorang anak yang gila tidak di wajibkan untuk membayar zakat. Tetapi wali dari seorang anak yang tidak waras di wajibkan untuk membayar zakat, Karena zakat sendiri berhubungan dengan hartanya.

Mempunyai Nishab

Nishab adalah ukuran ataupun batasan terendah yang sudah di tetapkan agama yang dijadikan pedoman batas kewajiban mengeluarkan zakat bagi kamu yang memilikinya. Jika kamu sudah mempunya nishab pada ukuran yang sudah di tentukan, kamu baru bisa mengeluarkan zakat.

Seseorang yang merdeka

Zakat tidak di wajibkan untuk kamu yang tidak merdeka atas harta yang dimiliki, karena pemliknya tidak dikatakan sempurna.

Golongan orang yang berhak menerima zakat

Dibawah ini merupakan golongan orang yang berhak menerima zakat:

Fakir

Orang yang dalam hidupnya seba kekurangan, hampir tidak memiliki apapun dan memenuhi kebutuhan pokoknya sendiripun tidak tercukupi.

Miskin

Seseorang yang mempunyai harta sedikit, dan berpenghasilan sangat rendah. Untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri.

Amil

Amil ini merupakan orang ynag mengumpulkan zakat, tetapi orang tersebut juga berhak menerima zakat walaupun dia seseorang ynag kaya agar agama mereka bisa tetap terpelihara dengan baik.

Muallaf

Seorang muallaf yang baru masuk islam dan memeluk agama islam, butuh memerlukan bantuan tujuannya untuk menyesuaikan dirinya dengan keadaan baru tersebut.

Hamba sahaya

Seseoang yang ingin memerdekaan dirinya.

Fisabilillah

Seseorang yang berjuang hanya di jalan Allah.

Gharimin

Seseorang yang berhutang kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, tetapi dengan catatan untuk memenuhi kebutuan nya yang halal, akan tetapi orang tersebut tidak mampu untuk membayar hutang tersebut.

Ibnu Sabil

Seseorang yang habis biaya dalam sebuah perjalanan nya dan sangat membutuhkan bantuan ataupun ongkos untuk suatu tempat yang dituju.

Membayar zakat memang sebuah kewajiban, tetapi ada hal yang harus dilakukan juga sebagai kewajiban untuk umat muslim, diantaranya di bawah ini:

  1. Seorang muslim harus mempererat tali silahturahmi pada seluruh masyarakat mau yang kekurangan ataupun yang berkecukupan.
  2. Membuat seseorang menjadi lebih baik dengan mengusir prilaku buruk atau mengusir kebiasaan burukpada seseorang.
  3. Tujuannya untuk jadi pembersih harta serta membuat seseorang terjauh dari sifat tamak pada sebuah harta.
  4. Selalu mengungkapkan rasa bersyukur atas nikmat Allah SWT yang di berikan kepada umatnya.
  5. Menghindari seseorang dari sifat yang kikir, kita sebagai makhluk sosial sangat tidak pantas sombong dengan apa yang di dapat di pamerkan, semata-mata karena usahanya padahal tanpa bantuan Allah kita tidak akan seberhasil ini.
  6. Mendapatkan rasa bahagia dengan melakukan sedekah, sebuah penelitian sudah mengungkapkan bahwa dengan memberikan harta untuk tujan kebaikan membantu orang lain sangay membantuk produksi hormon-hormon bahagia didalam tubuh kita.
  7. Berlatih untuk menjadi seseorang yang adil dan ini akan berlatih agar tidak berani mengambil hak orang lain. Dengan bersedekah kita bisa meningkatkan kewajiban sebagai muslim.
  8. Sebagai makhluk sosial yang mempunyai harta yang lebih, kita harus berani mengurangi sebagian harta kita untuk beramal dan berbagi dengan orang-orang yang lebih membutuhkan, dengan begitu kita juga bisa terhindar dari nilai materialisme.
  9. Dengan melakukan beramal tubuh kamu juga bisa menjadi lebih sehat, karena beramal dengan ikhlas dan langsung niat dari hati membuat kamu senang dengan tersendiri dan membuat kamu lebih sehat.

Alhamdullilah sangat banyak manfaat dari beramal dan berzakat kepada orang yang lebih membutuhkan dari kita. dengan hati yang tulus dan ikhlas niat beramal sudah sangat dihitung dicatatan amalan seseorang di dunia dan di akhirat. Karena seseorang yang selalu bisa membantu masyarakat nya yang kesusahan sangat mempunyai hati yang emas di dalam dirinya.