(021) 546343778

Pengaruh pengasuh terhadap perkembangan anak, apa saja??

Parenting
pengasuh anak

Pengaruh pengasuh terhadap perkembangan anak, apa saja??

Pengasuh anak adalah sosok yang penting karena.. Asisten anda dalam merawat dan mengasuh si kecil. Bagi bunda dan ayah bekerja, figur ini menemani anak 10-12 jam sehari. lntensnya pertemuan membuat banyak anak balita meniadi dekat dengan pengasuhnya, terlebih jika pengasuhnya dapat memberikan perasaan aman dan nyaman kepada anak.

Yang diharapkan dari pengasuh… Bisa mengasuh anak dengan cara dan standar yang Anda tetapkan. Dengan sistem pendidikan pengasuh anak yang kurang memadai di sini, jangan berharap pengasuh langsung kompeten menjalankan tugasnya. Anda musti terus menerus mengedukasi dan memberi simulasi, seiring dengan tumbuh kembang dan meningkatnya kebutuhan anak. Anak harus merasa nyaman dan aman bersama pengasuhnya. Cara mengetahuinya antara lain dengan menggali kepribadian pengasuh lewat percakapan sehari-hari, mencermati pendapat anak tentang pengasuhnya,
dan menggunakan pengawasan orang ketiga. Dalam buku.”What young Children Need to Succeed,,, Jolene L Roehlkepartain dan Nancy Leffert, Ph.D menyarankan orangtua untuk tidak cemburu terhadap kedekatan anak dengan pengasuhnya, sebab secara psikologis anak butuh bonding dan ekstra kasih sayang dari setidaknya satu orang dewasa lain selain orangtua. Nanny penyayang adalah aset! Kelewat sering gonta-ganti pengasuh berpotensi membuat anak mengalami kesulitan dalam membangun kedekatan di usia dewasa.

Majalah Ayahbunda