(021) 546343778

Tanda-tanda Sirkulasi Darah Terganggu

Uncategorized
Tanda-tanda Sirkulasi Darah Terganggu

Tanda-tanda Sirkulasi Darah Terganggu – Tahukah anda bahwa tubuh kita tidak pernah berhenti bekerja sekalipun saat kita beristirahat atau tidur. Darah di balik kulit kita dan di dalam tubuh terus beredar. Jumlahnya tidak kurang dari 5 liter. Sirkulasi darah akan membantu semua organ berfungsi dengan baik. Karena darah merupakan salah satu transportasi yang digunakan oleh hormon dan nutrisi untuk mengatur suhu tubuh dan lain-lain.

Apabila sirkulasi darah buruk atau tidak baik, biasanya tidak akan menimbulkan tanda atau gejala apapun. Sehingga terkadang kita tidak mengetahui hal tersebut. Namun, sirkulasi darah yang buruk bisa berakibat cukup fatal terutama apabila berkaitan dengan meningkatnya resiko gangguan kesehatan. Jadi, sangat penting bagi kita untuk bisa mendiagnosa lebih dini berbagai gangguan dan tanda-tanda sirkulasi darah yang tidak baik tersebut.

 Tanda-tanda Sirkulasi Darah Terganggu

Sirkulasi Darah yang Terganggu

Apabila sirkulasi darah seseorang terganggu atau tidak baik, hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Tidak hanya dialami oleh orang-orang dewasa atau orang-orang yang sudah lanjut usia, namun gangguan tersebut bisa dirasakan oleh hampir segala usia. Jika tidak segera diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, anggota badan,ginjal dan juga jantung.

Namun, gejala ini memang paling umum dan banyak ditemukan pada orang tua. Akan tetapi, berapa pun usia anda, apabila terdapat gejala-gejala dimana ditemukan sirkulasi darah yang terganggu, anda harus menganggapnya sebagai masalah serius.

Faktor yang menyebabkan terganggunya sirkulasi darah diantaranya adalah, plak yang berada di dalam pembuluh darah.Plak tersebut akan membatasi peredaran darah yang efektif ke jantung, kaki, lengan, hati, dan beberapa bagian tubuh penting lainnya.

Penyebab Terganggunya Sirkulasi Darah

Berapa yang dapat menyebabkan sirkulasi darah seseorang terganggu antara lain, tidak berolahraga atau kurang berolahraga, gaya hidup yang tidak sehat dengan merokok, terlalu lama duduk dan kurang bergerak, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, atau kondisi medis tertentu. Selain itu, beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan masalah ini adalah, berat badan yang berlebihan (obesitas) dan kehamilan pada wanita.

 

Gejala dan Tanda Sirkulasi Darah yang Terganggu

Bagi anda yang ingin mengenal tanda-tanda sirkulasi darah yang terganggu, berikut adalah beberapa diantaranya.

 

1.        Rasa dingin pada tangan dan kaki

Sirkulasi darah yang baik akan membantu menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan normal atau hangat. Namun, sirkulasi yang terganggu menyebabkan penurunan suhu tubuh dari tingkat optimal. Hal tersebut biasanya mengakibatkan seseorang menggigil, demam dan dingin pada tangan serta kaki.

 

2.        Tangan dan kaki bengkak

Tanda lain yang biasanya muncul adalah pembengkakan pada kaki atau tangan karena oedema. Masalah ini bisa muncul karena terganggunya ginjal yang disebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Kemudian, cairan akan terakumulasi dan terjebak di tangan serta kaki sehingga menyebabkan pembengkakan dan rasa tidak nyaman.

 

3.        Rasa lelah

Darah tidak lancar, maka sudah bisa dipastikan pasokan oksigen akan berkurang.Dan, kekurangan oksigen dan nutrisi akan memicu otot tidak bekerja dengan baik. Hal tersebut akan membuat anda merasa sangat lelah. Dalam beberapa kasus, sirkulasi darah yang buruk akan menyebabkan terhentinya pernapasan, sakit pada otot dan daya tahan menjadi berkurang selama melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

 

4.        Disfungsi ereksi

Bagi pria, masalah ini sangat umum terjadi. Dan salah satu yang bertanggung jawab terhadap disfungsi ereksi pada pria adalah tidak lancarnya sirkulasi darah mereka. Darah yang tidak bisa mengalir ke organ reproduksi adalah penyebabnya. Itulah mengapa pria kesulitan untuk melakukan beberapa tugas-tugas seksual.

 

5.        Masalah pencernaan

Apabila darah yang dipompa kurang ke seluruh tubuh, termasuk ke saluran pencernaan, hal tersebut akan mengakibatkan pencernaan melambat dan memunculkan masalah lain seperti sembelit.

 

6.        Lemah otak

Aliran darah yang lancar akan membuat otak menjadi cemerlang. Sebaliknya, apabila tidak lancar kok otak akan kesulitan untuk berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Biasanya gejala yang muncul apabila darah tidak mengalir dengan lancar ke otak, anda akan merasakan pusing, sulit berkonsentrasi dan sulit mengingat.

 

7.        Sistem kekebalan tubuh menurun

Kemampuan tubuh dalam melawan benda asing seperti virus, bakteri, dan berbagai penyebab infeksi akan berkurang apabila sirkulasi darah tidak baik. Karena darah merupakan salah satu bagian terpenting dari antibodi. Sehingga, seseorang jadi mudah sakit, atau mudah terluka dan cedera. Tidak hanya itu, efek lainnya dari darah yang tidak lancardapat menyebabkan proses penyembuhan menjadi melambat.

 

8.        Menyebabkan tidak lapar

Sirkulasi darah yang tidak baik terutama yang mengalir ke hati akan mencegah sinyal lapar mencapai otak. Hal tersebut akan menyebabkan kita makan lebih sedikit atau kehilangan nafsu makan sehingga terjadi penurunan berat badan.

 

9.        Kulit berubah warna

Gejala atau tanda-tanda lain yang diakibatkan karena sirkulasi darah yang terganggu adalah berubahnya warna kulit menjadi kebiru-biruan atau ungu yang dikenal dengan nama sianosis. Warna yang berubah tersebut biasanya terjadi pada jari-jari kaki tampak seperti sedikit memar. Hal ini diakibatkan karena oksigen yang tidak bisa di pasok ke seluruh tubuh oleh darah yang tidak lancar.

 

10.   Kuku rapuh dan rambut rontok

Akibat masalah ini, beberapa organ tidak bisa menerima nutrisi dengan jumlah yang cukup sehingga dampaknya, rambut akan mudah rontok, kulit dan kuku kekurangan vitamin dan mineral sehingga menjadi rapuh dan kering.

 

11.   Varises

Apabila darah tidak bersirkulasi dengan baik,jumlahnya pada pembuluh darah akan meningkat menyebabkan pembengkakan.Hal tersebut bisa terjadi karena darah hanya berputar ditempat, terutama di pergelangan kaki sehingga menyebabkan rasa gatal dan nyeri terutama saat kita duduk berjam-jam.

 

12.   Ruam pada kaki

Sirkulasi darah yang buruk menyebabkan masalah lainnya seperti ruam pada kulit kaki dan dapat juga menyebabkan luka kecil. Selain itu mungkin anda bisa melihat gejala bercak berwarna merah.

 

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT