(021) 5312 6107

Tekstur makanan untuk bayi 1 tahun

Parenting

Tekstur makanan untuk bayi 1 tahun – Mendekati ulang tahunnya yang pertama umumnya si kecil sudah mengenal cukup banyak variasi rasa dan tekstur makanan. Susu, yang selama ini dengan setia memenuhi rasa lapar si kecil, berangsur-angsur dapat Anda kurangi dan lengkapi dengan makanan dalam arti yang sesungguhnya. Di usia ini, anak umumnya sudah mulai membutuhkan makan tiga kali sehari, dan Anda sudah mulai dapat memberikan makanan yang lebih kasar untuknya.

Dibantu oleh giginya yang mulai tumbuh. si kecil kini muiai dapat Anda latih untuk mengunyah makanan bertekstur agak kasar. Misalnya saja, daging dan ayam yang dicincang (tidak perlu disaring lagi). Begitu juga dengan finger food makanan berbentuk batangan kecil sebesar jari yang bisa dipegang
sendiri.

Ya, sekarang si kecil sudah mulai bisa menikmati makanannya. Tidak hanya sekadar menelan, tanpa sempat merasakan kelezatannya, Makanan yang masuk ke dalam mulut, akan dikunyah terlebih dahulu, sambil dikecap kelezatan rasa dan aromanya, dirasakan teksturnya. Itulah sebabnya, menu makanan yang dikonsumsi bayi di usia ini harus makin bervariasi; kombinasi antara makanan yang mengandung
karbohidrat. lemak, protein hewani dan nabati, sayuran serta buah buahan.

Ada baiknya bila pengenalan variasi tekstur makanan kepada si kecil diberikan secara bertahap. Untuk awalnya, makanan padat yang Anda berikan hendaknya diberi berkuah, sehingga memudahkan bayi mengunyah dan menelannya. Biasanya. pada rentang usia ini bayi mulai tldak menyukai makanan berupa bubur murni, tanpa ada variasi apa pun. Pure kentang yang Anda sajikan, misalnya, dapat divariasikan dengan ayam dan daging cincang.

Satu hal yang perlu diingat, hindari memberinya makanan yang bersifat lenqket yang memungkinkan sisa-sisa makanan tersebut menempel di langit-langir mulut si kecil. Ketika gigi anak sudah tumbuh semakin banyak, Anda boleh mulai memberinya makanan yang lebih kasar. Beberapa variasi makanan bertekstur kasar yang dapat Anda buat, antara lain, bubur sereal atau nasi yang dicampur dengan ASI atau susu formula dan ayam cincang, irisan kecil sayuran rebus serta jus buah. Bubur kental bertekstur kasar yang dapat menempel pada sendok, merupakan sarana yang baik untuk membantu si kecil berlatih makan sendiri Anak yang tidak dibiasakan mengkonsumsi bubur kental dan bertekstur, biasanya akan cenderung terus-menerus menyenangi makanan yang berkuah, meski usianya sudah lebih dari dua tahun.

Tekstur makanan untuk bayi 1 tahun

Pada usia sekitar satu tahun, pada dasarnva si kecil sedang dalam masa peralihan antara makanan bayi dengan makanan keluarga. Karena ltu, meski sudah bisa diperkenalkan pada makanan bertekstur kasar, Anda tetap dapat menyajikan menu seperti pada usia sebelumnya. Hanya saja, mengingat indera pengecap si kecil sudah berkembang, sebaiknya Anda membantu anak memperkaya “kamus rasa” dan “kamus tekstur” pada puting-puting pengecapnya, antara lain dengan memberinya tambahan bahan makanan yang lebih bervariasi.

Kebutuhan gizi anak usia satu tahun belum terpenuhi dengan baik bila Anda hanya memberi makanan yang dikonsumsi sebanyak tiga kali waktu makan. Karena, kemampuan mengunyah anak usia ini masih sangat terbatas mungilnya Tak ada salahnya, malah baik sekali. bila Anda memberi kesempatan padanya untuk memegang sendok dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Majalah Ayahbunda


error: Content is protected !!