(021) 546343778

Tips agar kegiatan berkebun untuk anak mengasyikkan

Parenting
kegiatan berkebun

kegiatan berkebun untuk anak

Tanam dimana?

1.Menanam didalam pot

#Minta anak memilih pot untuk menanam tanamanyang dia pilih

#Isi pot dengan tanah yang sudah dicampur dengan kompos. Bibit tanaman berupa biji butuh tanah lebih banyak dibanding tanaman yang dipindahkan dari polibag.

# Minta si kecil menanam atau membenamkan benih di potnya dengan mengatakan, “lni biji bayam.”

# Minta si kecil menyiram sambil mengatakan, “Biji bayam ini akan tumbuh menjadi batang dan daun jika aku rajin menyiraminya.”

# Seusai menanam, minta anak meletakkan pot miliknya di tempat yang sesuai untuk tanaman itu, apakah di tempat teduh, di bawah sinar matahari atau di antara keduanya.

2.Menanam dilahan

# Minta si kecil memilih lahan untuk kebunnya.

# Siapkan lahan, tunjukkan pada anak cara menggali tanah untuk menanam. & Campur tanah yang sudah digali dengan pupuk kompos.

# Minta ia membuat jarak tanaman dengan menggunakan j engkalan tangannya dan menghitung beberapa jengkal.

# Tunjukkan cara menanam. Misalnya dia menanam jahe, tunjukkan umbi akar itu ditimbun di dalam tanah sambil berkata, “lni jahe yang rasanya pedas.” Atau sewaktu menanam bibit pandan, minta anak berkata, “lni anak pandan yang daunnya harum. Coba cium.”

#Minta si kecil menyiram sambil berkata, ‘Aku ingin tanamanku tumbuh besar sepertiku. Aku tak akan lupa memberimu minum.”

kegiatan berkebun untuk anak

Tips menanam
# Lakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak bersinar terik.
# Ajak anak menyanyi dengan mengubah syair lagu “Menanam Jagung” untuk menambah semangatnya
# Ajak anak untuk menyiram tanamannya dengan air secukupnya setiap hari.
# Mencuci tangan setelah berkebun.
# Hindari pemakaian bahan kimia anti hama dan bahan kimia penyubur daun atau bunga. Anak tidak tahu bahayanya bahan kimia.

Tanaman dalam rumah
1.Geranium tanaman ini memiliki bunga berwarna cerah. Selain sebagai penghias ruangan, tanaman ini juga dapat mengusir nyamuk karena aromanya tidak disukai nyamuk. Letakkan pot bunga di dekat jendela atau di tempat yang dilalui angin agar aromanya yang tidak disukai nyamuk itu menyebar.

2.Golden photos tanaman yang daunnya berbentuk hati berwarna hijau tua atau hijau muda ini bisa tumbuh di media tanah dan air. Tanaman merambat ini daunnya berfungsi untuk menghilangkan polutan atau penyebab polusi. Tanaman ni juga bisa tumbuh tidak merambat jika Anda rajin memotongnya.

3.Spider Plant adalah tanaman yang bisa ditanam di dalam pot gantung, di tanam di lahan, atau di pot di luar dan di dalam
rumah. Tanaman yang berdaun pipih, panjang menjuntai ini mudah tumbuh dan tidak butuh pemeliharaan khusus. Kehadirannya di rumah bisa membantu menghilangkan racun karbon monoksida, misalnya di dapur atau di carport.

Majalah Ayahbunda