8 Tips agar anak mau belajar menulis

menulis

tips agar anak mau belajar menulis – Anis 3,5 tahun selalu terbalik apabila disuruh membuat angka 6 Ia akan ‘ngambek, menangis, dan tidak mau meneruskan belajarnya, apabila diminta membuat angka 6yang benar aleh gurunya. Sementara Fani, 3 tahun, selalu terbalik apabila diminta menutis huruf S.

Bisa jadi kejadian ini banyak dialami anak ketika belajar menulis huruf atau angka. permasalahan ini bisa diatasi dengan cara belajar yang lebih menyenangkan dan metade yang benar.

Dalam mengajari menulis huruf, mulailah dengan huruf kapital. Dan ingat anak-anak senang diajari dengan cara bermain.

tips agar anak mau belajar menulis

1.Sesuai kemampuan

Anda tahu kemampuan anak Anda. Jangan paksakan kehendak padanya. Mengajari diluar kemampuannya akan menyebabkan kegagalan. Sebaliknya, mengajari sesuai kemampuannya akan menuai keberhasilan.

2.Tentukan target

Dalam proses mengajari, Anda menentukan kecepatan langkah, kapan anak harus bisa. Namun demikian jangan juga terlalu terburu-buru. Karena anda mengerjakan suatu’tugas’ yang penting untuknya kelak, yaitu kemampuan berkamunikasi, belajar dan bekerja.’

3.Tentukan Standar

Meskipun anak mempunyai kemampuan yang berbeda, narnun demikian, arang tua harus mempunyai standar. Artinya anak dalam menuliskan huruf dan angka harus sesuai standar bentuk yang telah ditentukan. Tujuannya untuk membuat kebiasaan yang baik.

4. Gunakan metode yang melatih motoriknya

Menulis adalah kegiatan yang melibatkan seluruh kemampuan sensari-matar anak. Gunakan cara-cara yang bisa melatih sensar matarik anak. Misalnya belajar menulis sambil bermain de-ngan menggunakan palangan kayu yang dapat disusun menjadi huruf.

5. Jangan terlalu lama

Dalam mengajari anak jangan makan waktu terlalu lama. Kadang lima menit cukup. Kegiatan belajar ini jangan sampai membebani anak. Anak menjadi basan, yang akibatnya anak akan malas diajak belajar lagi nantinya.

6. Sepakati bersama

Bila anak belajar menulis tidak dengan satu arang, hendaknya perlu kesepakatan metode dan target antar pengajar. Misalnya anda telah mengajari di rumah, sebaiknya anda ceritakan pengalaman dan cara anda mengajar pada guru disekolah atau pembimbingnya ditempat bermain. Karena anak perlu metode yang sama dan konsisten.Ini lebih memudahkan anak daripada harus berganti-ganti cara.

7. Memberi contoh

Anda harus memberi contoh dengan mempraktekkannya. Anak sering sekali meniru kegiatan arang tua. Ketika menuliskan huruf atau angka demonstrasikan kemampuan anda berakting. Misalnya; sambil menggunakan mobil-mobilan di papan tulis,” ayo adik naik mabil sama ayah turun kebawah, naik ke atas lagi, belok, naik gunung, turun, naik tagi turun lagi, jadilah huruf B.” Ucapkan dengan intanasi yang lebih enak.

8.Mengakrabkan arang tua dan anak

Sebaiknya orang tua harus,turun tangan, mengajari. Karena mempunyai manfaat bagi anak dan arang tua. Anak akan semakin dekat dengan arang tua. Anak tebih merasa tenang bila yang mengajari ayah atau ibunya. Dengan motivasi yang selalu diberikan aleh arang tua, anak akan terpacu. Dan terus menerus melakukan perbaikan. Dalam kondisi yang menyenangkan akan memudahkan prases belajarnya.

Semoga berhasil.

Anakku vol.1 6/15

 

  • Jika Kamu suka dengan artikel ini, silahkan share melalui Media Sosial kamu.
  • Jika Kamu ingin berdonasi untuk Anak Yatim dan Dhuafa, Silahkan Klik Disini.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details