Hal yang disukai bayi usia 3-6 bulan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ini nih hal yang disukai bayi 3-6 bulan:

1.Suka bersandar di dada

Dengan bersandar di dada Anda, bayi serasa kembali menikmati kenyamanan di dalam rahim ibu-ditemani irama jantung ibu. Inilah irama pertama yang mengenalkan bayi pada keteraturan dan ketergopohan. Irama yang teratur akan terekam sempurna dalam memori dan menciptakan keseimbangan antara kognitif dan emosi. Maka penting bagi ibu untuk menjaga kestabilan emosi. Rasa , panik, kesal, dan marah yang menyebabkan jantung ibu berdetak tak beraturan akan membuat bayi . tiaak nyaman.

Dekap bayi dengan posisi telinga tepat di tengah dada Anda agar ia bisa mendengar detak jantung Anda dengan jelas.

Hindari mendekap terlampau erat karena dapat menyebabkan bayi sulit bernapas.

Jangan melepaskan dekapan dan memindahkan posisinya bila si kecil masih betah bersandar di dada Anda.

Dekap bayi dengan posisi duduk atau tiduran bila Anda merasa belum mahir menggendong, agar Anda dan bayi nyaman dan mengurangi risiko bayi terjatuh.

hal yang disukai bayi 3-6 bulan

2. Menyembunyikan mainan
Kemampuan koordinasi mata dan tangan si kecil di usia ini mulai berkembang. Ia mulai tanggap terhadap lingkungan dan sudah memiliki keinginan untuk bermain dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Saat ia melihat mainan atau benda di sekitarnya, ia akan meraihnya dan meletakkannya di tempat yang tersembunyi. Menurut Michele Borba, EdD, psikolog anak dari Universitas California – San Fransisco, AS, kecil senang melihat reaksi Bunda dan orang-orang di sekitar dalam menanggapi ulahnya tersebut. Saat menyembunyikan mainan, bayi sebenarnya tengah belajar mengenai konsep bahwa sesuatu yang tidak tampak bukan berarti tidak ada.

Jean Piaget, psikolog perkembangan asal Swiss, mengaitkan antara kemampuan anak dalam memahami konsep tersebut dengan perkembangan kognitif. Menurutnya, anak usia 1-3 tahun, mulai memahami bahwa sesuatu yang tidak tampak bukan berarti tidak ada.

Sembunyikan mainan dan benda yang disukainya di bawah selimut atau kain. Tunjukkan padanya cara menemukan mainan tersebut dengan pelan-pelan mengangkat kain penutupnya.

Biarkan ia meniru dan melakukan ulah menyembunyikan. Biarkan ia melakukannya sendiri –ini membantu menstimulasi rasa ingin tahu bayi.

Ajak ia main cilukba dan petak umpet sebagai alternatif bermain. Permainan intinya mencari dan menemukan sesuatu yang tersem bunyi.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!