Mengajarkan Bacaan Doa-doa Harian

4 Cara Mengatasi Kesedihan Hati Sesuai Tuntunan Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. 4 Cara Mengatasi Kesedihan Hati Sesuai Tuntunan Islam. Dalam hidup di dunia ini kita pastinya memiliki fitrah. Salah satunya  adalah kesedihan hati. Kesedihan hati yang dialami oleh manusia adalah suatu fitrah yang allah subhanahu wa Ta’ala  berikan. Semua manusia pastinya akan pernah merasakan kesedihan. Kesedihan juga dirasakan oleh Nabi dan Rasul Allah,  di saat nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam kehilangan paman yang beliau cintai yaitu Abu Thalib dan juga kehilangan Isteri terciptanya Khadijah.

Sebagai  seorang Muslim  kita perlu mengetahui bagaimana cara agar terbebas dari rasa cinta yang yang nantinya akan selalu membayangi diri kita , yang membuat kita mengalami kesedihan yang terus menerus. Yang bisa membuat menurun sampai putusnya iman.

  1.       Memperkuat  dan juga memperkuat iman

Allah berfirman  yang artinya:

“ Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamu orang –orang yang paling Tinggi (derajatmya) ,jika kamu Orang –  orang yang beriman.” (QS.Ali Imran (13):139 ).

 Dalam tafsir ibn katsir di jelaskan bagi Orang – orang yang beriman  diberikan pahala yang baik dan juga mendapatkan pertolongan dari Allah  subhanahu wa Ta’ala.

  1.       Istiqomah

Allah berfirman  yang artinya:

“ sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:” Tuhan kami ialah Allah”  kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka .maka malaikat akan turun kepada mereka  dengan mengatakan: “ Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS. Fushshilat [41]: 30).

Ibn Katsir memberikan penjelasan kalau ayat diatas menginginkan supaya seluruh umat islam memurnikan amal dan juga beramal. karena Allah subhanahu wa Ta’ala. Mensyariatkan-Nya kepada mereka Sepanjang hayat.

  1.       Selalu Dekat dengan ALquran

Allah berfirman  yang artinya:

“ Kami berfirman : “ Turunlah kamu semuanya  dari surge itu! Kemudian jika datang petunjuk –ku kepadamu,maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-ku . niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati,” ( QS : Al-Baqarah [2]: 38).

Ayat diatas mengharuskan  supaya umat Islam selalu dekat dan juga akrab dengan Alquran dan juga selalu disertai dengan komitmen , dalam meneladani Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa sallam. dalam  penjelasan Ibnu Katsir.

  1.       Selalu ittiba’ rasulullah Shalallahu Alaihi Wa sallam

Allah berfirman  yang artinya:

 “ hai anak-anak Adam,jika datang kepadamu rasul-rasul dari pada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barang siapa yang bertkwa dan mengadakan perbaikan , tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak(pula) mereka bersedih hati.” ( QS: Al-Araaf [7]:35).

Ayat diatas memiliki makna yang khusus untuk umat Islam, yang mengharukan di dalam hidup mesti ittiba’ ( mengikuti) Rasulullah dalam semua keadaan kondisi dan juga situasi.

Begitulah empat cara mengatasi kesedihan Hati Sesuai dengan Tuntunan Islam. Semoga bisa bermanfaat. Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!