4 Cara Menjadikan Alquran Sebagai Petunjuk Nyata dalam hidup

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. 4 Cara Menjadikan Alquran Sebagai Petunjuk Nyata dalam hidup. Alquran adalah petunjuk dalam hidup bagi umat manusia di dunia. Dan bisa  juga menjadi sahabat sejati dalam mengarungi kehidupan  di dunia agar sesuai dengan tujuan Allah Ta’ala .

Allah Ta’ala bersabda, yang artinya

“ Hai Ahli kitab ,sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al kitab yang kamu sembunyikan dan banyak (pula yang ) di biarkan nya.Sesungguhnya  telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan .Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-nya ke jalan keselamatan,dan ( dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepadanya cahaya yang terang benderang dengan seizinnya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” ( QS Al Maidah :15-16).

Hidup kita akan terasa lebih istimewa, jika kita bisa menjadikan Alquran sebagai petunjuk nyata dan hidup . untuk menjadikan Alquran adalah sahabat dalam hidup, berikut ini ada empat cara yang bisa kalian lakukan:

Pertama :  Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda yang artinya

“  Bacalah Alquran ,sesungguhnya ia akan datang dari hari kiamat menjadi pemberi syafaat bagi orang orang yang bersahabat dengannya.” (HR Muslim).

Dalam membaca alquran adalah cara awal untuk menjadikan  sahabat sejati dalam kehidupan.

Kedua:  Allah Ta’ala Berfirman dalam QS Al-Qamar(54) ayat 17 : yang artinya

“ Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran itu?”

Menghafal adalah cara kedua yang bisa kalian jadikan sahabat sejati  yang akan tumbuh dari hati dan tertera dalam jiwa. Karena Alquran merupakan satu-satunya kitab suci yang paling mudah di hafal dari kitab samawi lainnya.

 

Ketiga :  Imam Jalaluddin As-Suyithi dalam kitab Al-Itqan fi Ulum Al-Quran menulis kan  disunahkan agar membaca Alquran dengan mentadaburi (merenungkan Makna dari kandungan ) dan Tafahum ( berusaha memahami kandungan maknanya).

 Dengan cara memahami dan mentadabburi alquran bisa menjadikan kalian bertambah iman dan percaya akan apa yang terkandung dalam Alquran.

Keempat: cara kempat ini agar kita lebih bisa menjadikan alquran sahabat sejati dan juga sebagai petunjuk Nyata dalam hidup dengan cara mengamalkannya,  dalam mengamalkan  ayat yang terkandung  dalam Alquran  bisa membuat kita terjaga akan perbuatan yang buruk . wallahu alam bishawab

 Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!