4 Tips Sahur yang Sehat untuk Puasa Anda

9 Tips agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan

Bismillahirrohmanirrohim.4 Tips Sahur yang Sehat untuk Puasa Anda. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dan juga dengan ampunan.   Saat bulan puasa ini pastinya ada amalan sunnah yang paling sering di kerjakan adalah amalan sahur . dalil sahur adalah sunnah terdapat dalam hadist Muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya

“ Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan. “ ( HR.Bukhari no.1923 dan Muslim no.1095).

Bukan hanya mendapatkan pahala dalam menjalankan sahur tetapi sahur merupakan bagian yang penting , yang akan memberikan asupan energi saat menjalankan puasa.  Jika kalian tidak sahur efeknya yang sering terjadi, akan menjadi lemas, Sulit berkonsentrasi dan efek lain sebagainya. Supaya kalian kuat saat menjalankan ibadah puasa  , kalian bisa memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi saat sahur.

 

Berikut 4 tips Sahur Yang Sehat untuk Puasa Anda.

 

  1.       Konsumsi Sayur dan Buah .

Sayur dan buah-buahan  banyak mengandung serat, dan juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan konstipasi bisa dicegah. Vitamin dan juga mineral banyak terkandung  pada sayur dan  buah.

 

  1.       Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks  berfungsi agar perut tidak mudah lapar. Karena tubuh mencerna karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama . karbohidrat komplek terdiri dari roti gandum,oat dan juga nasi merah.

  1.       Konsumsi Protein

Protein berfungsi untuk membangun  dan juga memperbaiki jaringan tubuh dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan atau imun pada tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti Ayam tanpa kulit, Ikan dan juga produk susu yang memiliki kandungan rendah lemak.  Produk susu yang memiliki kalsium yang tinggi jika dikonsumsi bisa membuat tulang menjadi kuat.

 

 

  1.       Konsumsi air putih yang Cukup.

Konsumsi air putih atau mineral dengan cukup disaat sahur , supaya kita tidak dehidrasi  disaat menjalan kan ibadah puasa . sementara ini kita perlu menghindari minuman air yang memiliki kandungan gula  yaitu Jus Kemasan , minuman soda. Berat badan kita akan cepat naik jika nnti kita minum – minuman bersoda dan juga jus kemasan yang berlebihan.

Selalu memilih menu makan sahur yang memiliki kandungan gizi yang seimbang dan juga bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama  dan tidak kalah pentingnya lagi selalu minum air putih yang cukup sebelum berpuasa.

Begitulah 4 Tips yang sehat untuk Puasa anda . semoga bermanfaa. WallahualamBishawab.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details