6 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

6 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh Dunia. Puasa artinya menahan lapar dan haus serta berbagai perilaku, perbuatan dan tindakan yang dapat membatalkan atau membuat puas menjadi tidak sah atau makruh. Puasa dilakukan mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan adzan magrib. Saat memasuki bulan suci ramadhan, ada kalanya kendala untuk berolahraga yang padahal olahraga adalah suatu hal yang harus dilakukan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh.

 

Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Memang melakukan olahraga saat berpuasa merupakan suatu hal yang terasa cukup melelahkan, maka tidak heran jika banyak orang yang merasa malas untuk berolahraga saat berpuasa. Agar puasa tidak menjadi alasan untuk saudara berolahraga, yuk ketahui jenis olahraga apa saja yang cocok dilakukan saat menunaikan ibadah puasa.

 

1. Jogging/Treadmill Ringan

Jogging dengan intensitas yang ringan saat berpuasa merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk dilakukan. Saudara dapat melakukan olahraga jogging ketika pagi hari selepas subuh atau ketika sore hari ketika waktu berbuka sudah dekat.

Melakukan jogging di pagi hari tidak akan membuat saudara terlalu lelah, sebab masih ada banyak energi yang tersimpan di dalam tubuh. Namun meskipun begitu, saudara tidak boleh melakukan jogging yang terlalu berlebihan yang dapat menguras tenaga dan keringat saudara karena hal tersebut dapat menyebabkan saudara merasa dehidrasi. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

 

2. Bersepeda

Pilihan olahraga ringan lainnya yang dapat saudara lakukan saat berpuasa adalah dengan bersepeda. Bersepeda tidak hanya akan membuat tubuh saudara terus bergerak, bersepeda juga dapat membuat mata dan pikiran saudara. Pemandangan sepanjang jalan akan membuat mata saudara merasa segar yang ditambah lagi dengan keseruan saat bersepeda akan membuat pikiran saudara merasa bahagia sehingga dapat membantu saudara terhindar dari perasaan stres.

 

3. Bowling

Bowling merupakan salah satu bentuk olahraga yang cenderung mengarah ke jenis permainan. Meskipun hal tersebut terasa cukup melelahkan namun keseruan saat bermain bowling dapat membuat saudara merasa lupa waktu dan cenderung tidak merasa lelah. Olahraga ini cocok dilakukan ketika menunggu waktu untuk berbuka.

 

4. Renang

Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Kita dapat mengisi waktu berbuka dengan berenang selama kurang lebih 30 menit. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

 

5. Jalan Cepat

Jala ringan adalah salah satu jenis olahraga yang sangat cocok dilakukan saat berpuasa. Kita dapat melakukan olahraga jalan cepat ini bersama dengan teman teman, keluarga maupun orang terdekat lainnya. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga yang satu ini juga dapat menambah suasana menjadi terasa lebih seru.

 

6. Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyaluran oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapanpun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details