Amalan Dzikir Pagi dan Petang serta Berbagai Keutamaannya

Amalan Dzikir Pagi dan Petang serta Berbagai Keutamaannya

Di antara berbagai amalan yang disyariatkan bagi seorang muslim yaitu adalah dzikir pagi dan petang. Amalan sunnah satu ini termasuk sebagai kategori amal ringan, bahkan dapat dilakukan dalam setiap kesempatan.

Meskipun dzikir ini termasuk ibadah sunnah atau tidak wajib dilakukan, namun hendaklah setiap kaum muslimin dan muslimah tidak memilah-milah amalannya. Sebab meskipun bersifat sunnah, pahala yang diperoleh juga sama besarnya.

Maka dari itu, penting bagi setiap umat Islam untuk mengetahui apa saja keutamaan amalannya. Penting juga untuk mengetahui ketentuan pelaksanaannya agar kita senantiasa dilindungi oleh Allah SWT sepanjang hari.

Penjelasan Waktu Melaksanakan Amalan Dzikir Pagi dan Petang

Perintah melaksanakan amalan dzikir pada pagi dan petang telah disebutkan oleh Allah dalam beberapa firmanNya. Di antaranya yaitu dalam surah Al-Ahzab ayat 41-42 yang artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah kepada Allah SWT, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan juga bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Ayat tersebut menyebutkan perintah Allah untuk selalu mengingat-Nya melalui dzikir dan tasbih pada waktu pagi maupun petang. Selain itu, Allah juga menjelaskan ketentuan waktunya melalui surah Thaha ayat 130 berikut:

Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang telah mereka katakan, serta bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit (pagi), dan sebelum terbenam (petang); dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam serta di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang.”

Dari ayat di atas, jelas bahwa waktu yang disyariatkan ialah sebelum matahari terbit serta sebelum matahari terbenam. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengamalkannya pada waktu subuh serta sebelum maghrib.

Berbagai Manfaat serta Keutamaan Melaksanakan Amalan Dzikir Pagi dan Petang

Selain termuat dalam Al-Qur’an, berbagai manfaat serta keutamaan melaksanakan amalan dzikir ini juga telah disampaikan melalui hadis. Berikut adalah beberapa manfaat dari melaksanakan ibadah dzikir pagi dan petang dalam Islam.

1. Terlindungi dari gangguan jin

Manfaat pertama ialah orang yang mengamalkan dijauhkan dari gangguan jin selama seharian penuh. Apabila seseorang membacanya di pagi hari, maka ia akan terjaga dari berbagai gangguan jin sampai sore hari.

Kemudian apabila membacanya di sore hari, maka ia akan terjaga dari gangguan jin sejak waktu petang hingga pagi hari datang lagi. Jadi, ibadah ini dapat diibaratkan sebagai baju besi pelindung.

2. Dilimpahi rahmat (kasih sayang) Allah

Manfaat selanjutnya yaitu mendapat kasih sayang dari Allah SWT. Hal ini telah jelas termuat dalam surah Al Ahzab ayat 41 – 42, terkait perintah Allah kepada manusia untuk bertasbih kepada-Nya pada waktu tersebut.

Sebab, Allah akan memberikan rahmat kepada manusia serta memintakan ampun untuknya pada seseorang yang mengamalkan dzikir pagi dan petang. Jika seorang hamba mengingat serta mencintai Allah, niscaya Allah juga mencintainya.

3. Diampuni dosanya

Keutamaan yang selanjutnya ialah dapat diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Dengan berdzikir setiap pagi dan petang, maka secara langsung ini dapat mencegah seseorang berbuat kemaksiatan karena sadar bahwa Allah mengawasinya.

Terutama dengan adanya kalimat thoyyibah serta kalimat istighfar, hal ini dapat menjadi amalan pengampun dosa. Sebagaimana disebutkan dalam surah Ghafir ayat 3, barangsiapa yang bertasbih memohon ampunan-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

4. Dijanjikan surga

Meski amalan dzikir pagi dan petang nampak sederhana serta ringan dijalankan, namun ibadah ini dapat menjadi jalan masuk surga. Apalagi jika bacaan dzikirnya diamalkan dengan sepenuh hati dan penuh penghayatan.

Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah SAW dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu. Hadis ini menyebutkan bahwa barangsiapa mengucap sayyidul istighfar waktu pagi petang dan wafat, maka ia termasuk penghuni surga.

5. Diberi ketenangan maupun kedamaian jiwa

Manfaat terakhir dari berdzikir ialah memberikan ketenangan serta rasa damai kepada jiwa, terutama saat sedang dilanda gelisah. Sebab, senantiasa mengingat Allah setiap waktu dapat menjadi obat mujarab bagi jiwa manusia.

Dengan berdzikir, hati niscaya akan merasa tenang meskipun dihadang oleh berbagai cobaan hidup. Hal ini karena Allah akan selalu melimpahkan kedamaian dalam hatinya agar seluruh beban menjadi terasa lebih ringan.

Hal ini sesuai dengan surah Ar-Ra’d ayat 28 yang menyebut bahwa mengingat Allah membuat hati menjadi tenteram. Oleh karena itu, jelas bahwa amalan dzikir pagi dan petang memiliki berbagai keutamaan.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details