Apa yang tidak boleh dilakukan saat puasa?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bulan ramadhan merupakan bulan yang identik dengan berpuasa. Memasuki bulan ramadhan dalam kalender Islam, umat Muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa yang akan dilakukan selama sebulan penuh lamanya. Ketika menjalankan ibadah puasa, umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus atau dengan kata lain tidak makan dan minum yang dimulai sejak terbit hingga terbenamnya matahari. 

 

Apa yang tidak boleh dilakukan saat puasa?

Selain menahan lapar dan haus, adapun beberapa hal yang dilarang utnuk dilakukan selama berpuasa, sebab dapat merusak amal puasa. Lantas apa saja hal hal yang perlu untuk dihindari saat berpuasa.? Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Berdusta

Salah satu hal yang perlu untuk dihindari saat berpuasa adalah berbohong atau berdusta. Ketika berpuasa, kita diajarkan untuk melakukan berbagai macam hal kebaikan dan menghindari berbagai hal yang buruk, salah satunya adalah berbohong. Tindakan bodoh (ngawur) yaitu melanggar aturan-aturan syara’ padahal ia mengetahuinya.

 

2. Berkata Kotor

Berbuat gaduh dan bertengkar Orang berpuasa harus menunjukkan sopan santun dalam berucap tidak mengatakan perkataan kotor dan tidak senonoh, tidak bertengkar serta selalu ramah dan tidak membalas kata kasar kepada orang lain. 

 

3. Berkumur Secara Berlebihan

Berkumur-kumur dan beristinsyaq (memasukkan air ke hidung ketika berwudhu) tidak membatalkan puasa. Di luar bulan puasa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan agar orang berkumur dan beristinsyaq sekeras-kerasnya agar mulut dan hidung lebih bersih. Namun dalam bulan puasa dituntunkan agar jangan berlebihan melakukan hal demikian agar tidak kemasukan air ke dalam perutnya sehingga puasanya menjadi batal. Jadi berkumur dan istinsyaq secara normal tidak membatalkan puasa. 

 

4. Bermesraan

Bermesraan bersama suami atau istri juga sebaiknya dihindari ketika berpuasa. Sebab dikhawatirkan ketia bermesraan saat berpuasa dapat menyebabkan birahi dan rangsangan nafsu seksual. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri diriwayatkan pernah mencium istrinya ketika sedang puasa dan puasanya tidak dinyatakan batal karena ciuman beliau tidak disertai rasa birahi.

 

5. Mencicipi Makanan

Meskipun mencicipi makanan tidak dapat membuat kita merasa kenyang, namun hal tersebut tidak diperbolehkan bagi yang sedang menunaikan ibadah puasa.

 

6. Tidur Secara Berlebihan

Tidur secara berlebihan juga menjadi sebuah pantangan yang wajib untuk dihindari bagi kita yang sedang berpuasa. Sebab dikhawatirkan dengan tidur secara berlebihan, kita melupakan kewajiban wajib dari sebagai seorang Muslim yaitu melaksanakan shalat 5 waktu. Berpuasa tanpa shalat akan percuma.

 

7. Tidak Salat

Orang yang sengaja meninggalkan shalat saat berpuasa disebut dapat merusak amal baiknya saat Ramadhan. Berikut penjelasan dari sebuah riwayat:

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya, “Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat?” Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidak diterima karena orang yang meninggalkan shalat berarti kafir dan murtad“.

Dalil mengatakan bahwa meninggalkan shalat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!