(021) 5312 6107

Mengenal Pengertian Asbabun Nuzul, Fungsi dan Macamnya

SYIAR
fungsi al quran

Asbabun Nuzul – Dalam dunia Islam terdapat ilmu asbabun nuzul. Ini merupakan salah satu ilmu yang membahas mengenai sebab-sebab diturunkannya ayat Al-qur’an.

Akan tetapi, beberapa ulama berbeda pendapat tentang ilmu ini. Ada ulama yang menyatakan bahwa di dalam Al-qur’an terdapat ayat yang diturunkan dikarenakan suatu sebab atau permasalahan.

Seperti yang kita tahu, untuk memahami Alquran memang tidak semudah sebagai membalikan telapak tangan. Kesulitan ini bukan hanya dirasakan kalangan non-Arab yang notabene bahasa ibunya bukan bahasa Arab.

Namun masalah ini juga melanda masyarakat Arab sendiri yang pada kesehariannya telah menggunakan bahasa Arab. Asbabun nuzul sendiri menjadi sebab-sebab ayat Al quran turun, tetapi memang tidak semua ayat Al-quran ada asbabun nuzul nya.

Pengertian Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul

Jika diartikan menurut bahasa, asbabun nuzul berasal dari dua kata yakni asbabun dan nuzul. Asbabun yang memiliki arti sebab atau karena dan nuzul yang berarti turun. Sehingga jika diartikan, asbabun nuzul merupakan sebab-sebab turunnya ayat Alquran.

Jika diartikan menurut istilah syara’ asbabun nuzul merupakan suatu hal yang melatarbelakangi Alquran diturunkan. Untuk menerangkan sebuah hukum dalam pada waktu atau masa hal itu terjadi baik berupa pertanyaan atau pun peristiwa.

Dari pengertian yang diuraikan diatas, bisa diartikan bahwa turunnya sebuah ayat dalam al-quran berkisar dalam dua hal. Yang pertama, jika terjadi sebuah peristiwa, maka ayat Al quran turun mengenai peristiwa tersebut. Misalnya kisah turunnya surat Al-Lahab.

Yang kedua, Jika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ditanya mengenai suatu hal, maka ayat Alquran turun untuk menerangkan hukumnya.

Seperti saat Khaulah binti Tsa’labah dikenakan zihar suaminya Aus bin Shamit. Khaulah bertanya pada Rasulullah SAW tentang hukumnya. Maka selanjutnya turunlah surat Al-Mujadalah ayat 3.

Meskipun demikian, tidak semua ayat Al quran turun berdasarkan karena peristiwa atau pertanyaan. Ada ayat alquran yang turun sebagai permulaan tanpa sebab. Misalnya tentang aqidah dan syariah Allah dalam kehidupan umat manusia. Ada juga ayat Alquran yang turun tentang kewajiban seorang muslim.

Fungsi Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul

Ada banyak sekali fungsi atau manfaat untuk kita mengetahui sebab turun al-quran. Diantaranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Asbabun nuzul bisa membantu kita untuk memahami ayat-ayat Alquran. Selain itu bisa juga menghilangkan keraguan tentangnya. Bsa mengetahui hikmah rahasia yang ada di dalam persyaratan hukum pada suatu ayat yang berada di dalam Al-quran.

Bagi orang mukmin dan bukan mukmin, asbabun nuzul sangat bermanfaat. Adapun manfaat untuk orang mukmin bisa semakin kuat keimanan nya dan jelas baginya mengenai hikmah yang disyariatkan dari suatu hukum oleh Aallah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sementara itu, untuk yang bukan mukmin dengan mengetahui melalui hal ini mereka bisa mengetahui, syariat Islam sesungguhnya mendatangkan manfaat dan menolak yang namanya kemudharatan bagi setiap pemeluknya.

Dengan mengetahui asbabun nuzul, kita juga bisa menentukan hukum dengan sebab. Mengetahui kelompok atau orang yang menjadi kasus dari turunnya ayat dan memberikan ketegasan jika ada keragu-raguan.

Sebab bila kita tidak tahu tentang sebab turunnya al-quran, maka kemungkinan kita bisa menafsirkan ayat yang seharusnya ‘amm atau sebaliknya.

Saat seseorang mengetahui asbabun nuzul maka bisa memudahkan untuk memahami Alquran dan menguatkan ingatan pada hukum dari sebuah ayat. Hal ini karena kita mengetahui sebab dan akibatnya, kepada siapa ayat tersebut diturunkan dan kapan waktu turunnya ayat tersebut serta masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Memahami Asbabun Nuzul Dalam Kehidupan

Asbabun Nuzul

Mengetahui asbabun nuzul ternyata memberikan manfaat yang sangat besar bagi seseorang yang hendak mempelajari Al quran secara lebih dalam.

Termasuk dengan makna yang terkandung di dalamnya. Manfaat yang utama yaitu memberikan manfaat menuntut ilmu serta manfaat lain yang kami jelaskan di bawah ini:

Tahu hikmah dan hukum turunnya ayat Alquran

Hadirnya asbabun nuzul menjelaskan bagaimana sebuah ayat Alquran turun dan hukum serta syariat yang terkandung didalamnya. Bukti bahwa seseorang mempelajari asbabun nuzul maka bisa memahami alasan mengapa hukum islam diberlakukan.

Apa tujuan hukum tersebut yang terkandung dalam Alquran. Sehingga bisa melengkapi ilmu yang didapat dan dapat memahami lebih banyak lagi lebih dari sekedar membaca Al-quran beserta artinya.

Hikmah dari hukum islam yang ada dalam sebuah ayat Al-qur’an bisa membuka hati kita bahwa dalam setiap aturan yang ada pada Al-quran ada kebaikan untuk kehidupan manusia.

Mengetahui sasaran objek ayat Alquran

Salah satu manfaat saat kita bisa mengetahui asbabun nuzul untuk seorang muslim adalah, kita bisa tahu sasaran ayat Alquran yang turun. Supaya tidak terjadi keraguan dalam pengertian.

Disamping memberikan ilmu dan hukum islam, ayat Alquran juga memuat sejarah mengenai peradaban islam pada zaman nabi. Jadi ayat Alquran yang ditujukan pada orang tertentu di zaman nabi sering kita temui.

Di sinilah peran asbabun nuzul diperlukan supaya tidak terjadi salah tafsir yang menyangkut isi kandungan ayat dan seseorang yang dimaksud.

Memudahkan untuk mentafsir

Bagi orang yang belajar menafsirkan ayat Alquran, jika mengetahui asbabun nuzul itu akan lebih mudah. Karena bisa membantu untuk menemukan tafsir setiap arti ayat Al-quran dan mempermudah mencari tahu serta memahami makna dari kisah yang terdapat dalam Alquran.

Kemudahan ini bisa diperoleh setelah proses belajar dan tahu mengenai sebab turunnya ayat tersebut. Dengan kemudahan ini bisa membantu dan menghindarkan kesalahan makna.

Selain itu juga ada pendapat tidak mungkin mengetahui tafsir sebuah ayat tanpa bersandar dari riwayat dan penjelasan turunnya Al-quran.

Memudahkan belajar Al-quran

Ketika seseorang mengetahui tentang asbabun nuzul, maka ini akan membantu dalam memudahkan mempelajari isi ataupun makna Al-quran. Sebab di dalam memahami isi Al-quran perlu adanya pengetahuan mengenai sebab-sebab permasalahan yang dikaji Alquran.

Baik berupa kisah-kisah terdahulu yang didalamnya memuat banyak sekali petunjuk, serta hukum islam yang berlaku. Tanpa mempunyai dasar pengetahuan dari sebab turunnya suatu ayat, seseorang bisa saja mengalami kesulitan untuk mengartikan isi Al-quran.

Dengan tahu asbabun nuzul, itu bisa mengantarkan seseorang untuk menyelami makna Alquran dengan baik.

Macam-Macam Asbabun Nuzul

Asbabun nuzul terdapat dalam dua macam yaitu dalam bentuk peristiwa dan pertanyaan.

Bentuk peristiwa dibedakan menjadi 3 bentuk, yang pertama peristiwa berupa pertengkaran seperti perselisihan golongan suku Aus dan golongan dari suku Khasraj. Peristiwa ini muncul karena adanya intrik-intrik yang ditiupkan orang Yahudi. Sehingga peristiwa tersebut menyebabkan turunnya surat Ali Imran ayat 100.

Selanjutnya ada peristiwa yang berupa kesalahan serius seperti peristiwa dari seorang seseorang yang menjadi imam salat sedang dalam keadaan mabuk. Sehingga dirinya salah dalam membaca surah Al-kafirun. Peristiwa tersebut menyebabkan ayat Al-quran surah An-nisa ayat 43 diturunkan.

Peristiwa selanjutnya adalah berupa cita-cita dan keinginan. Seperti peristiwa persesuaian Umar Bin Khattab dengan ketentuan ayat Alquran.

Selain itu juga beberapa harapan Umar Bin Khattab yang dikemukakan pada nabi Muhammad SAW. Lalu turun ayat yang dikandungnya sesuai dengan harapan dari umar tersebut.

Asbabun nuzul dalam bentuk pertanyaan terdapat tiga macam yaitu pertanyaan yang berhubungan dengan sesuatu hal yang telah berlalu. Seperti pertanyaan Zulkarnain sehingga turunlah ayat Al quran surat Al kahfi ayat 82.

Selain itu ada pula pertanyaan yang berhubungan dengan sesuatu yang berlangsung pada waktu itu. Seperti pertanyaan mengenai ruh. Maka ayat Al quran surat Al Isra ayat 85 diturunkan.

Yang ketiga Asbabun nuzul pertanyaan yang berkaitan dengan masa yang akan datang. Seperti pertanyaan mengenai hari kiamat yang menyebabkan turunnya Aal-quran surah An-nazi’at ayat 42.


error: Content is protected !!