Bagaimana Cara Dan Tips Pemasaran Online Bagi UMKM?

Bagaimana Cara Dan Tips Pemasaran Online Bagi UMKM

Bagaimana cara dan tips pemasaran online bagi UMKM? Berkembangnya teknologi membawa banyak perubahan dalam sektor bisnis. jika dulunya berbisnis hanya mengandalkan bangunan sebagai tempat untuk menjual produk, namun kini berbeda jauh yang dimana pemasaran lebih cenderung mengacu ke sistem online.

Hal ini dikarenakan pola perilaku konsumen berubah drastis. Dimana sebagian besar konsumen kini lebih menyukai sistem pembelian produk secara online. Hal ini dikarenakan belanja secara online terbilang lebih praktis dan mudah. 

Sebagai pelaku usaha berskala besar maupun menengah seperti UMKM tentu harus mampu mengikuti pola perilaku para konsumen yaitu dengan cara memasarkan produk atau jasa secara online. Memang beralih dari sistem offline ke online bukanlah hal yang mudah apalagi minimnya pengetahuan akan strategi pemasaran online. Nah bagi anda yang mungkin masih merasa bingung terkait cara atau strateg pemasaran secara online, berikut kami akan berbagi sedikit tips terkait cara pemasaran online bagi UMKM

  1. Content marketing

Ketika anda menjalankan sebuah usaha secara offline komunikasi yang baik menjadi salah satu strategi yang harus dimiliki agar para konsumen merasa tertarik dengan apa yang anda tawarkan. Hal ini juga berlaku ketika anda memasarkan produk secara online. Anda harus mampu memproduksi konten yang menarik. Setidaknya konten tersebut harus mampu menjawab setiap masalah yang dihadapi oleh konsumen terkait produk atau jasa yang anda tawarkan.

  1. Mobile marketing

Akses internet melalui smartphone atau tablet menjadi salah satu yang paling besar, sebab kedua perangkat ini mudah dan praktis untuk digunakan. Jika bisnis anda bergerak di bidang  pemasaran online, maka anda tidak boleh mengabaikan poin yang satu ini.

Anda Harus mampu membuat tampilan website atau toko online yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone, agar nantinya konsumen mudah membeli produk atau jasa yang anda pasarkan.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Setiap penjelajah dunia online pastinya memiliki sosial media berbeda beda yang digunakan untuk sekedar mencari hiburan, komunikasi dan lainnya. Memanfaatkan sosial media sebagai wadah promosi bisa menjadi langkah yang baik, sebab rata rata penduduk indonesia membuka sosial media 8 kali dalam satu hari sehingga peluang usaha anda akan dilirik calon konsumen jadi lebih besar.

Namun perlu diketahui, setiap sosial media memiliki karakteristik pengguna yang berbeda beda, ada yang berasal dari kalangan remaja, dewasa, pebisnis, pelajar dan lainnya. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu jenis sosial media apa yang banyak digunakan oleh target marketing anda terlebih dahulu.

  1. Bergabung dengan Marketplace

Marketplace merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para pelaku belanja online, hal ini dikarenakan berbelanja di marketplace terbilang  lebih aman, karena setiap uang yang digunakan untuk membeli produk secara online terlebih dahulu akan ditahan oleh pihak marketplace. Ketika barang atau produk yang dibeli sampai ke tangan konsumen maka barulah uang akan diserahkan kepada penjual.

Bergabung dengan marketplace bisa menjadi opsi kedua ketika pembeli merasa ragu dengan toko online anda.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details