Bakti Sosial di Panti Asuhan, Kegiatan Ini Bisa Kamu Terapkan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ketika Panti Asuhan (Benar-benar) Jadi Lahan Bisnis - Mommies Daily

Banyak sekali kegiatan sosial yang bisa Anda lakukan untuk beramal sedekah kepada anak-anak yatim. Salah satunya dengan melakukan bakti sosial di panti asuhan terkait, yang memiliki sejumlah anak yatim yang perlu santunan.

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mensejahterakan anak-anak yatim di panti asuhan, baik anak yang terlantar maupun anak yang secara finansial orang tuanya tidak mampu. Keberadaan anak yatim ini adalah pengingat bagi kita, bahwa ada hak mereka dalam harta yang kita miliki.

Pengertian Bakti Sosial

Nasib kita saat ini tentu lebih beruntung karena secara materi dan non materi hidup kita jauh lebih baik. Masih bisa makan enak, dan memiliki tempat tinggal serta pakaian yang layak pakai. Segala jenis kesulitan yang harus kita hadapi, bahkan tidak seberapa dibanding kehidupan mereka.

Kita juga masih memiliki orang tua saat ini, tidak seperti anak-anak yatim tersebut yang sudah tidak memiliki orang tua atau ditinggalkan oleh orang tuanya. Maka, tak ada salahnya untuk melakukan kebaikan dengan melakukan kegiatan bakti sosial di panti asuhan.

Bakti sosial ke panti asuhan ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kita. Salah satunya adalah mendapat pahala dari Allah SWT karena kebaikan yang dilakukan. 

Bakti sosial adalah salah satu kegiatan yang menjadi bentuk kepedulian yang berwujud kegiatan fisik, yaitu dengan memberi kebutuhan anak-anak yatim di panti asuhan atau panti sosial. Kegiatan ini juga berlandaskan empati dan kemanusiaan dari masalah sosial yang ada saat ini.

Tujuan bakti sosial ke panti asuhan adalah untuk mempererat persaudaraan dengan sesama makhluk Tuhan, mengaplikasikan ilmu, serta bentuk aktualisasi diri dalam menolong sesama manusia.

Manfaat Bakti Sosial

Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh jika melakukan bakti sosial ke panti asuhan:

  1. Membentuk Kepribadian

Menumbuhkan kepribadian dengan kepedulian pada segala masalah sosial yang ada di sekitar kita. Anak milenial zaman sekarang biasanya sudah dimanjakan dengan gadget dan kecanggihan teknologi.

Kondisi di sekitar anak-anak muda zaman sekarang akan menjadi angin lalu, apabila mereka sudah terlalu fokus pada gadget. Maka untuk mengatasi hal itu, para generasi muda harus melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti misalnya bakti sosial.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan dengan rutin akan membentuk kepribadian mereka dengan lebih baik.

  1. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Anak-anak yatim yang hidup di panti asuhan memiliki segala keterbatasan dalam hidupnya. Misalnya keterbatasan dalam hal pengetahuan, maka dengan kedatangan orang-orang pemberi santunan seperti Anda mereka akan merasa sangat gembira. 

Kedatangan Anda sebagai pemberi santunan untuk anak-anak yatim tersebut, akan menjadi sebuah ilmu yang baru bagi mereka.

  1. Melatih Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang sejati adalah seseorang yang mampu memahami bagaimana kondisi dari rakyatnya. Sama halnya dengan ketika Anda berada di panti asuhan, Anda akan menempatkan diri dan memahami keadaan di sana dengan baik.

Jiwa kepemimpinan tersebut akan mulai diasah, dengan dilakukannya kegiatan bakti sosial itu sendiri.

Cara Melakukan Kegiatan Bakti Sosial di Panti Asuhan

Kegiatan bakti sosial ini bisa dilakukan dengan cara apa saja, berikut ini cara melakukan bakti sosial di panti asuhan:

  1. Mengadakan Sebuah Kegiatan yang Menarik

Anda bisa mulai menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang menarik. Pilih jenis kegiatan yang bisa menstimulasi semangat anak-anak di panti asuhan tersebut.

Buat anak-anak itu merasa dihargai, diperhatikan dan juga keberadaannya diakui oleh masyarakat. Buat kegiatan yang menarik yang membuat mereka enjoy dan nyaman di dalamnya.

Macam-macam kegiatan bakti sosial yang bisa Anda buat untuk menghibur anak-anak tersebut diantaranya yaitu, syukuran ulang tahun, sedekah, atau bimbingan belajar secara gratis. Berikut penjelasan tentang masing-masing kegiatan tersebut:

  • Sedekah

Sedekah merupakan kewajiban umat islam dengan cara memberi kepada orang-orang yang membutuhkan. Pemberian sukarela dari seseorang kepada orang yang membutuhkan, disebut dengan sedekah.

Bentuk sedekah ini bisa berupa apa saja, misalnya berupa uang maupun barang. 

Contohnya, menyumbangkan buku-buku pelajaran untuk anak-anak yatim, memberikan buku bacaan, seragam sekolah, peralatan sekolah hingga pakaian yang masih layak pakai.

Anda juga bisa menyumbangkan atau bersedekah kebutuhan pokok untuk anak-anak yatim tersebut.

  • Syukuran Acara Ulang Tahun

Banyak juga orang-orang yang melakukan syukuran acara ulang tahun di panti asuhan, bersyukur sekaligus berbagi kepada mereka. Perayaan ulang tahun ini akan menjadi lebih bermanfaat jika dilakukan di panti asuhan.

Bukan hanya berbagi kebahagiaan di hari jadi, tetapi menyelenggarakan acara syukuran ulang tahun di panti asuhan juga akan membuat anak-anak bahagia. 

Selain menikmati acara yang diselenggarakan, anak-anak juga akan memperoleh bingkisan yang bisa berupa makanan atau benda yang bermanfaat untuk mereka.

  • Bimbingan Belajar Gratis

Contoh kegiatan bakti sosial yang bisa dilakukan di panti asuhan lainnya yaitu mengadakan bimbingan belajar secara gratis. Apalagi kebanyakan anak-anak yatim di panti asuhan adalah anak-anak yang masih bersekolah.

Anda bisa mengajak anak-anak mahasiswa untuk menjadi volunteer di kegiatan bakti sosial tersebut. Kemudian di sana Anda dan para volunteer bisa mengajari mereka bimbingan belajar.

Panti sosial adalah tempat untuk menampung orang-orang yang membutuhkan, maka panti asuhan sosial merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkan bantuan bagi mereka.

  1. Menyumbangkan Uang

Tidak harus selalu berupa kegiatan saja, tetapi bakti sosial ini juga bisa dilakukan dengan cara hanya menyumbangkan uang saja. Uang tersebut bisa dipakai untuk berbagai keperluan anak-anak yatim. 

Anda juga bisa mengajak orang-orang di sekitar, untuk menyumbangkan uang atau bersedekah ke panti asuhan melalui bakti sosial tersebut.

Kegiatan Bakti Sosial ke Panti Asuhan yang Dilakukan oleh Anak-anak Mahasiswa

Selama ini, tak hanya kegiatan hura-hura atau nongkrong-nongkrong saja yang dilakukan oleh anak-anak mahasiswa. Banyak juga anak mahasiswa yang mengadakan kegiatan bakti sosial ke panti asuhan yang sangat membutuhkan bantuan.

Biasanya yang mengadakan bakti sosial ini adalah anak-anak dari organisasi kemahasiswaan, sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial mereka pada anak yatim tersebut. Sebelum datang ke panti asuhan, mereka akan menggalang dana terlebih dulu.

Aktivitas penggalangan dana ini untuk donasi atau bantuan bagi anak-anak yatim ini, dilakukan sebelumnya. Boleh berupa apa saja, berupa uang, buku-buku sekolah, kebutuhan pokok, atau kebutuhan anak-anak yatim lainnya di panti asuhan.

Anda bisa mengikutsertakan pihak-pihak di kampus seperti para dosen dan karyawan serta anak-anak mahasiswa lainnya, supaya mau ikut menyumbang. 

Kegiatan ini akan mengusung konsep nilai kehidupan sosial, yang di dalamnya diterapkan sikap saling tolong menolong, membantu, serta mengasihi sesama manusia dan bersedekah. Kegiatan bakti sosial juga menjadi wujud kepedulian, dalam membantu anak yatim yang membutuhkan.

Selain itu, keberadaan Anda dengan tim di panti asuhan akan membuat anak-anak berbahagia dan terhibur. Jangan bosan dan lelah untuk berbuat kebaikan dan bersedekah pada siapapun, misalnya dengan kegiatan bakti sosial di panti asuhan tersebut.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!