(021) 5312 6107

Batas Waktu Sholat Subuh Dan Penjelasannya

SYIAR
Batas Waktu Sholat Subuh Dan Penjelasannya

Batas Waktu Sholat Subuh – Sebenarnya kapan waktu dimulainya sholat subuh? Dan kapan waktu berakhirnya mendirikan sholat subuh? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka kami akan mengajak anda untuk mengetahui tentang fakta menarik mengenai sholat subuh. Waktu untuk mendirikan sholat subuh memang merupakan waktu yang sangat sulit bagi setiap orang. Bagi merekan bahwa yang mengerti manfaat dari sholat subuh, pasti tidak ingin untuk meninggalkan sholat subuh ini. Sebaliknya jika berbagai orang tersebut tidak mengerti mengenai faedah dari sholat subuh ini, maka mereka juga akan dengan sengaja untuk mencari berbagai alasan terbaik karena untuk dapat bangun telat pada saat subuh.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang ditetapkan waktunya bagi kaum yang beriman.” (An-Nisaa: 30). Istilah tersebut menyebutkan bahwa sholat subuh merupakan sholat fajar. Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk mengerjakan sholat subuh pada saat awal waktu serta jangan mengundurkan waktu tersebut untuk sholat subuh dengan alasan yang bermacam-macam. Jangan sampai karena sebuah hal yang sebenarnya tidak mempunyai manfaat dapat menggeser waktu yang wajib untuk digunakan.

Keutamaan Sholat Subuh

2 rakaat sebelum mendirikan sholat subuh ini lebih baik daripada dunia serta seisinya. Rasulullah SAW bersabda: “Dua rakaat fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (H.R Muslim).

Kapan Dimulainya Sholat Shubuh?

Dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Amir ibnul ‘Ash R.A berkata, Rasulullah SAW ditanya tentang waktu sholat (yang lima), beliau menjawab: “Waktu sholat fajar adalah selama belum terbinya matahari yang awal….” (H.R Muslim no. 1388).

Jadi dapat disimpulkan jika mendirikan sholat subuh ini sebelum terbitnya matahari pada bagian ufuk timur. Di tandai dengan terbitnya matahari yang sudah terang tersebut juga bertandanya berakhir dari sholat subuh.

Untuk lebih baiknya waktu mendirikan sholat subuh dan selesainya hari masih terasa cukup gelap. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan bahwa sholat pada waktu ghalas. Bahkan kadang beliau juga selesai mendirikan sholat dalam keadaan segala alam semesta tersebut masih dalam keadaan gelap. Sebagaimana yang telah ditunjukkan dalam sebuah hadits:

Aisyah R.A:

“Kami wanita-wanita mukminah ikut menghadiri sholat fajar bersama Rasulullah SAW dalam keadaan berselimut dengan kain-kain kami. Kemudian mereka para wanita-wanita kembali ke rumah-rumah mereka ketika mereka selesai menunaikan sholat dalam keadaan tidak seorang mengenali sekitar mereka karena waktu ghalas (sisa gelapnya malam). (H.R Bukhari no. 578 dan Muslim no. 1455)

Batas Waktu Sholat Subuh

Batas Waktu Sholat Subuh (1)

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda bahwa: “Dan waktu sholat adalah terbitnya fajar sampai sebelum terbitnya matahari. Maka apabila matahari sudah terbit berhentilah dari shalat karena matahari itu terbit diantara dua tanduk syaitan.” (H.R Muslim)

Jadi untuk batas waktu sholat subuh ini yaitu pada saat matahari mulai terbit dari ufuk timur. Untuk itu para laki-laki juga sangat ditekankan bahwa dapat mendirikan sholat 5 waktu di dalam masjid. Banyak yang bertanya, jika bagaimana bangunnya telat dalam menjalankan sholat subuh?

Apabila bangun telat maka segeralah untuk melaksanakan sholat subuh serta jangan menunda waktu dan usahakan untuk tidak bangun lagi pada saat keesokan harinya. Hitungan sholat subuh yaitu pada pukul 5 atau 5.30 yang sudah terhitung telat untuk melaksanakan sholat subuh. Hindari untuk melakukan pekerjaan lembur jika takut bangun subuh telat karena lebur, lembur ini merupakan hal yang dapat mengakibatkan penyakit insomia.

Jika benar-benar tidak sengaja untuk bangun pagi telat, maka juga tidak mengapa untuk sholat waktu habis bangun dengan melakukan niat sholat subuh, meskipun matahari tersebut sudah terbit. Semoga ini dapat memberikan informasi anda agar tidak telat dalam melakukan sholat subuh, tidak terlalu awal dalam melaksanakannya serta tidak meninggalkan sholat fardhu.

Cara Agar Tidak Kesiangan Shalat Subuh

Cara Agar Tidak Kesiangan Shalat Subuh (1)

Tentu kita tidak ingin kesiangan sampai melewati batas waktu sholat subuh dalam mendirikan sholat subuh. Untuk itu, niat serta usaha yang sangat kuat tersebut harus ada dalam diri kita. Berikut ini cara agar tidak telat dalam mendirikan sholat subuh.

1. Niat

Segala sesuatu harus dimulai dengan niat. Untuk itu, jika diri kita tidak mempunyai niat untuk bangun pagi serta mendirikan sholat subuh tepat pada waktunya maka sholat subuh tepat waktu tidak akan pernah bisa kita laksanakan. Niat yang sangat lemah tidak dapat membuat kita untuk bangun pagi serta akan selalu kesiangan. Untuk itu, memperbaiki sholat tentu berawal dari sebuah niat yang sangat kuat, niat yang lurus untuk dapat memperbaiki dari kebiasaan buruk kita.

Sebelum tidur sebaiknya niatkan untuk dapat bangun lebih pagi. Insya Allah dengan niat tersebut kita akan mendapat bantuan dari Allah untuk dapat melaksanakan sholat subuh tepat pada waktunya. Tentu saja niat tersebut harus terus dijaga keistiqomahannya.

2. Memasang Alarm atau Meminta Untuk Dibangunkan

Meskipun terdapat keutamaan adzan subuh, namun memasang alarm atau meminta untuk segera dibangunkan dalam tidurnya merupakan salah satu hal yang dapat anda lakukan dalam mempermudah untuk kita bangun lebih pagi. Dengan adanya hal tersebut kita juga dapat terbantu karena ada yang membangunkan serta memanggil untuk segera mendirikan sholat subuh. Setidaknya bangun lebih pagi yaitu lebih baik daripada tidakan bangun atau tidak mendirikan sholat subuh sama sekali.

3. Buat Tujuan Untuk Bangun

Supaya dapat menambah semangat dalam bangun lebih pagi untuk mendirikan sholat subuh, maka kita juga dapat membuat sebuah tujuan lain supaya lebih semangat untuk segera bangun pagi. Misalnya yaitu harus menyediakan sarapan, belajar atau menyiapkan segala keperluan pekerjaan. Tentu saja tanpa harus meninggalkan niat tersebut untuk dapat mendirikan sholat subuh.

4. Tidak Tidur Terlalu Larut Malam

Untuk dapat bangun lebih bagi yaitu sebaiknya menghindari untuk tidur terlalu malam. Selain mempunyai dampak yang membuat kita bangun lebih pagi, tidur terlalu malam juga tidak bagus bagi kesehatan tubuh kita. Terutama bagi kesehatan organ vital seperti lambung, hati dan juga jantung.

Untuk itu sebaiknya tubuh kita beristirahat lebih awal serta bangun juga lebih awal untuk menghadap Allah SWT. Sehingga fisik serta rohani kita juga dapat dipenuhi dengan terisi. Tentunya seorang muslim juga harus seimbang dalam menjaga kesehatan fisk serta rohani supaya dapat menjalankan kehidupan dalam dunia secara optimal dalam mencapai kesuksesan dunia dan akhirat.

Orang yang tertidur serta tidak terbangun karena tidak sengaja tentu menjadi hal yang tidak berdosa selagi hal tersebut tidak ada unsur terencanakan. Untuk itu, wajib hukumnya bagi anda yang tertidur serta segera bangun untuk berwudhu dan menjalankan sholat walaupun sholat subuh sudah terlewat waktu. Hal tersebut juga sesuai dengan hukum islam dan sumber lainnya.

Namun, bagi anda yang sengaja bangun kesiangan sampai melewati batas waktu sholat subuh maka akan mendapatkan dosa karena sebuah kesalahan memupuk kebiasaan yang berulang dan buruk.


error: Content is protected !!