(021) 5312 6107

Batas Waktu Sholat Subuh | Tata Cara | Keajaiban

SYIAR
Batas Waktu Sholat

Batas Waktu Sholat Subuh – Dalam Al Qur’anul karim Surat An Nisaa ayat 30, Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya shalat lima waktu merupakan kewajiban yang sudah ditentukan waktunya bagi orang-orang beriman.”

Begitupula shalat subuh. Shalat subuh adalah salah satu salat wajib yang mempunyai jumlah rakaat paling sedikit diantara shalat wajib 5 waktu lainnya yakni dua rakaat. Sehingga shalat ini sangat ringan dikerjakan. Apalagi dilakukan setelah bangun tidur yang masih memiliki tenaga tersimpan sangat besar.

Salat subuh saat ini memiliki jadwal waktu di jam 04.30 WIB. Sesuai namanya salat wajib ini dilakukan pada waktu subuh sesudah dini hari.

Atau waktu shalat subuh adalah ketika ayam berkokok selepas seseorang menunaikan ibadah tahajud.  Sholat wajib subuh dua rakaat mempunyai batas waktu tersendiri.  

Ketika bangun tidur dan adzan subuh berkumandang maka saat itulah waktu tepat untuk melaksanakan shalat subuh 2 rakaat. Yang sebelumnya melaksanakan shalat sunat fajar atau shalat sunnat sebelum subuh sebanyak dua rakaat.

Shalat sunat sebelum subuh 2 rakaat memegang peranan sangat penting. Sehingga Rasulullah SAW bersabda bahwa shalat sunnat dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari bumi dan segala isinya. Itulah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dan patut kita ikuti sebagai suri teladan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Batas Waktu Sholat Subuh dan Dimulainya

Macam Macam Sholat Sunnah Lengkap Dengan Lafadznya

Setiap shalat wajib 17 rakaat seperti Isya, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib mempunyai waktu tersendiri. Awal mula diperintahkan shalat wajib 5 waktu termasuk shalat wajib subuh 2 rakaat adalah ketika Nabi Muhammad SAW naik ke sidratul muntaha.

Dan diperintahkan langsung oleh Allah SWT untuk melaksanakan dan mendirikan shalat wajib 5 waktu. Dalam Al Qur’an, Allah SWT memerintahkan untuk mendirikan shalat termasuk shalat wajib subuh 2 rakaat.

Adapun jadwal waktu shalat shubuh mempunyai waktu tersendiri.  Untuk waktu dimulai shalat subuh 2018 adalah pukul 4.30 wib dan itu akan berubah-ubah. Sedangkan waktu berakhir shalat subuh adalah pukul 5.00 WIB. Namun jika bangun tidur kesiangan maka itulah tidak mengapa melakukan shalat subuh ketika waktu itu.

Dalam arti, tetap diperbolehkan untuk melakukan shalat subuh ketika ia bangun kesiangan. Asalkan langsung melaksanakan shalat wajib subuh tanpa menunda-nunda lagi. Kemudian berjanji untuk tidak mengulanginya di keesokan hari.

Karena hukum diangkat ketika seseorang tidak sadar. Barulah hukumnya menjadi haram jika melaksanakan shalat subuh melebihi Batas Waktu Sholat Subuh secara disengaja.

Oleh sebab itu, untuk mencegah bangun tidur kesiangan dalam melaksanakan salat subuh, anda harus melakukan berbagai upaya. Seperti  menghindari bekerja secara lembur, istirahat secukupnya, tidur jangan terlalu malam dan membaca doa sebelum tidur.

Alasan Shalat Subuh 2 Rakaat

 Sedangkan Batas Waktu Sholat Subuh adalah munculnya sinar terang di ufuk timur tempat terbit matahari.

Setiap shalat wajib 5 waktu mempunyai jumlah rakaat masing-masing. Seperti shalat isya sebanyak 4 rakaat, shalat dzuhur sebanyak 4 rakaat, shalat ashar sebanyak 4 rakaat, shalat maghrib sebanyak 3 rakaat dan shalat subuh 2 rakaat. Beberapa orang terheran dengan shalat subuh dengan jumlah 2 rakaat.

Karena di waktu subuh merupakan waktu bangun tidur dan tenaga masih banyak. Tapi kok jumkahnya 2 rakaat? Perlu diketahui jumlah rakaat shalat subuh 2 rakaat adalah ketetapan dari Allah SWT yang mengandung banyak hikmah.

Perlu diketahui, ada sebagian ahli berpendapat bahwa waktu shalat wajib 5 waktu adalah masa beristirahat. Ketika panggilan adzan subuh berkumandang maka saat itulah waktu untuk melaksanakan shalat wajib subuh 2 rakaat sebagai masa beristirahat dari kegiatan saat itu.

Masa beristirahat shalat subuh sangat singkat yakni 2 rakaat supaya manusia bisa mengerjakan pekerjaan lain dengan lebih banyak dan bertenaga.

Melaksanakan shalat subuh dua rakaat berdasarkan penelitian kedokteran terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh manusia. Hal ini tak terlepas gerakan dalam sholat wajib subuh 2 rakaat seperti gerakan senam pagi yang bermanfaat menjaga kebugaran tubuh manusia.

Shalat Subuh Adalah Shalat Wustho

Batas Waktu Sholat

Sebagian ahli berbeda pendapat mengenai shalat wustho. Ada yang berpendapat shalat wustho adalah shalat wajib ashar. Dan ada sebagian ulama berpendapat shalat wustho adalah shalat wajib subuh.

Shalat subuh termasuk salah satu shalat wustho yang harus dijaga setiap muslim dan muslimah. Karena sangat penting dilaksanakan bagi kehidupan manusia. Sebagaimana firman Allah SWT :”Dan hendaklah kalian menjaga shalat wustho”. Barangsiapa yang meninggalkan shalat wustho subuh berarti ia telah meruntuhkan agama.

Shalat subuh dinamakan shalat wustho adalah peranannya sangat penting sebagai pembuka aktifitas pada hari tersebut. Kemudian banyak orang yang kesulitan mengerjakan shalat subuh disebabkan ketika bangun tidur malas untuk beraktifitas.

Kehadiran shalat subuh untuk membuat setiap muslim bersemangat dalam menjalani hari baru dengan lebih baik lagi dari hari sebelumnya.

Shalat subuh dua rakaat akan sukar dikerjakan bagi orang munafik dan sebagian manusia. Namun bagi orang-orang beriman yang beragama Islam dan memiliki komitmen keislaman kuat maka mengerjakan salat subuh 2 rakaat terasa ringan.

Mereka melakukan shalat subuh dengan senang hati dan riang gembira. Dengan alasan itu merupakan perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan. Hukumnya berdosa jika ditinggalkan dan mendapatkan pahala jika dikerjakan.

Keajaiban Sholat Subuh

Dengan melaksanakan shalat wajib subuh sebanyak 2 rakaat maka seseorang akan mendapatkan keuntungan di akhirat dan dunia. Di akhirat, ia akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Sedangkan di dunia, ia akan selalu terjaga kesehatan.

Mengingat melaksanakan salat subuh dua rakaat secara tepat waktu terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Seperti olahraga. Dan ayam-ayam yang bangun pada waktu subuh lebih sehat ketimbang yang bangunnya kesiangan. Hal itu berlaku juga pada manusia.

Jadi jika anda ingin mendapatkan manfaat dan keuntungan besar dengan melaksanakan shalat subuh 2 rakaat maka jangan melalaikan shalat subuh. Shalat shubuh 2 rakaat hendaknya dikerjakan secara tepat waktu dan di awal waktu.

Sebagaimana Rasulullah SAW  bersabda: “Salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah melakukan shalat wajib di awal waktu”. Shalat subuh dinamakan juga salat fajar karena dilakukan pada waktu fajar. Jika sudah melewati batas fajar maka bukan lagi dinamakan shalat subuh.

Cara Mendirikan Shalat Subuh

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan bukan sekedar mengerjakan salat subuh tapi juga cara mendirikan shalat subuh, antara lain :

1. Mengerjakan shalat sunat subuh 2 rakaat

Salah satu keutamaan menjalankan salat subuh adalah di waktu ini mempunyai salat sunat 2 rakaat qobliyah subuh yang keutamaannya lebih bagus ketimbang dunia beserta isinya. Hal ini sesuai hadits riwayat Imam Muslim.

2. Mengerjakan shalat wajib subuh 2 rakaat secara berjamaah di masjid

Mengerjakan salat wajib subuh 2 rakaat bagi kaum laki laki sangat dianjurkan dilakukan di masjid secara berjamaah. Karena pahala salat berjamaah lebih besar sebanyak 27 derajat ketimbang shalat wajib dikerjakan secara munfarid atau perorangan.

3. Membaca doa dan zikir selepas menunaikan shalat wajib shubuh 2 rakaat. Dengan mengucapkan istighfar, tahlil, tasbih, tahmid dan lain-lain.

Jam Berapa Shalat Subuh Dimulai

Berkenaan dengan jam berapa shalat subuh dimulai maka kita harus merujuk kepada hadits dari Rasulullah SAW. Bahwasanya hadits bersumber dari Abdullah bin Amr Bin Ash ra bahwa Nabi SAW bersabda :”Waktu sholat subuh yaitu selama belum terbitnya matahari di awal” (HR Imam Muslim).

Pendek kata, dini hari yaitu saat terbit fajar dan sebelum terbit matahari dari arah timur maka itulah waktu dimulainya shalat subuh. Sedangkan Batas Waktu Sholat Subuh adalah munculnya sinar terang di ufuk timur tempat terbit matahari.


error: Content is protected !!