Berikut Ini Contoh Bisnis UMKM yang Layak Ditiru

Berikut Ini Contoh Bisnis UMKM yang Layak Ditiru

Ada beberapa contoh bisnis UMKM yang dapat membantu Anda memajukan perekonomian. Jangan takut untuk memulai, karena pemerintah menyalurkan program pelatihan bagi siapa saja yang ingin membuka UMKM.

Tujuannya untuk membangun keseimbangan perekonomian. Pertumbuhan UMKM juga selaras dengan berkembangnya kemampuan pengusaha. Perannya sendiri dapat membantu menciptakan lapangan kerja terutama bagi rakyat yang membutuhkan pekerjaan.

Dukungan tersebut membuat banyak masyarakat bergerak dibidang industri rumahan. Semakin serius menggeluti bidang ini maka penghasilan akan semakin banyak. Tetapi sebelum memulai, sebaiknya Anda mengetahui apa itu UMKM.

Manfaat Memiliki Bisnis UMKM dan Jenisnya

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan pengusaha mikro. Seperti memiliki kesempatan untuk mengembangkan ide-ide unik. Sistemnya tidak serumit perusahaan besar, oleh karenanya banyak contoh bisnis UMKM diterima masyarakat.

Keunggulan lainnya, Anda bisa fokus mengembangkan satu bidang. Dengan begitu produk Anda akan lebih dikenal kalangan luas. Keuntungan lainnya, Anda akan mendapatkan kepercayaan sekaligus konsumen loyal.

Usaha Menengah Kecil Mikro dapat dilakukan siapa saja karena tidak memerlukan modal besar. Hal ini sangat menguntungkan pebisnis yang memiliki modal minim. Asalkan giat menekuni bisnis, pendapatan akan semakin meningkat.

Usaha Mikro, Kecil, Menengah dibagi ke dalam tiga jenis. Pembagian kegiatan usaha berdasar pada UU No. 20 Tahun 2008, yaitu mikro, kecil, dan menengah. Untuk membedakannya simak penjelasan berikut ini:

  1. Usaha Mikro

Usaha mikro masuk ke dalam kategori paling kecil. Contoh bisnis UMKM mikro merupakan usaha rumahan yang dijalankan individu. Dari pendapatannya, omzet paling banyak Rp 300 juta per tahun.

  1. Usaha Kecil

Usaha kecil maksudnya usaha setingkat lebih besar dari mikro. Omzetnya ada di angka Rp 300 juta sampai Rp 500 juta per tahun. Usaha ini identik dilakukan perorangan dengan modal besar.

  1. Usaha Menengah

Terakhir, usaha menengah biasanya mampu mencapai omzet sebesar Rp 500 juta. Akan tetapi usaha ini masih belum bisa dikategorikan sebagai perusahaan besar. Usaha menengah pasti memiliki legalitas dalam bidangnya.

Meskipun masih dalam taraf UMKM, jumlah pengusahanya sangat banyak. Sebagian orang tertarik mengetahui bisnis UMKM berdasarkan manfaat di atas. Bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

Contoh Bisnis UMKM untuk Inspirasi

Bila Anda masih bingung mau memulai bisnis UMKM apa, berikut inspirasi yang kami tawarkan. Anda dapat melakukannya sesuai bidang kesukaan atau tergantung modal. Di antaranya adalah:

  1. Kuliner

Bisa dikatakan usaha kuliner merupakan bisnis yang tidak pernah padam. Sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, bidang kuliner memiliki beragam jenis. Misalnya membuka toko kue, warung makanan, sampai makanan menu spesial.

  1. Fashion

Tren mode berbusana selalu berkembang seiring pergantian jaman. Bahkan industri fashion mampu meraup banyak keuntungan pada hari-hari tertentu seperti Idul Fitri. Rata-rata pemilik bisnis ini melakukan pemasaran melalui media online.

  1. Pendidikan

Contoh bisnis UMKM satu ini memerlukan skill sebagai modal awal. Tempat kursus masa kini tidak hanya dapat dilakukan melalui tatap muka, namun banyak konsumen menyukai kegiatan pembelajaran online.

  1. Otomotif

Seiring meningkatnya pengguna kendaraan, maka bisnis ini bisa menjadi jalan keluar untuk mulai kegiatan UMKM. Terdapat banyak peluang usaha diantaranya jual beli suku cadang, bengkel, rental, hingga jasa cuci kendaraan.

  1. Tour and Travel

Bidang satu ini potensial bagi daerah pariwisata. Disisi lain banyak sekali anak muda ingin berlibur usai penat dengan kehidupan pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menyediakan beragam fasilitas yang menarik.

  1. Produk kreatifitas

Kerajinan kreatif memiliki nilai jual tinggi apalagi produk home made. Contoh bisnis UMKM ini memiliki keunikan dan sisi artistik menarik. Sehingga banyak sekali peminatnya, mulai dari aksesoris hingga barang pajangan.

  1. Teknologi

Era digital memberi peluang terutama bagi para penggemar internet. Dengan membuka UMKM bisnis bidang teknologi, dapat membantu masyarakat lain dalam melakukan kegiatannya. Cakupannya juga luas jadi memungkinkan untuk terus berinovasi.

Sebetulnya Anda bisa memulai bidang-bidang tersebut dengan melihat peluang di sekitar. Memanfaatkan potensi sambil melakukan contoh bisnis UMKM di atas secara maksimal, tentu mampu membuat roda perekonomian terus berputar.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details