Cara Memberi Makan Bayi

Cara Memberi Makan Bayi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Memberi Makan BayiSaat bayi memasuki usia 6 bulan, dia akan mulai belajar menggigit. Dan usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memberikannya gigitan pertama.

Anda harus mengetahui tanda-tanda bahwa bayi anda benar-benar telah siap untuk itu. Salah satu tanda tersebut adalah, minatnya pada makanan atau ketika ia terlihat mulai menghisap kepalan tangannya.

Lalu bagaimana caranya memberikan gigitan pertama untuk bayi?

Cara Memberi MakanΒ  Bayi

Berikut adalah beberapa langkah yang mungkin bisa anda jadikan sebagai acuan untuk memberikan pelajaran menggigit pada bayi anda.

  1. Mulailah dengan tepung beras

Untuk membiasakan bayi mengkonsumsi makanan padat, cobalah untuk menambahkan tepung beras dibagian akhir waktu makan mereka. Terutama, saat bayi akan tidur. Selain itu, anda juga bisa memulai dengan hal yang lain jika anda merasa bahwa bayi anda tidak menyukai tepung beras. Contohnya, cobalah memberikan bayi sayuran atau buah buahan yang lembut (diblender dan disaring).

Beberapa bahan alami sederhana seperti buah pir, pisang, dan wortel merupakan makanan yang baik.Akan tetapi, jangan memberikan bayi makanan yang itu-itu saja, cobalah untuk memberikan variasi dan mengenalkannya beberapa makanan yang lain.

  1. Meningkat secara perlahan

Menyesuaikan makanan bayi sesuai dengan umurnya merupakan salah satu langkah yang harus anda terapkan. Karena bayi tidak boleh diberikan makanan yang lembut atau terbuat dari bubur saja.Mereka juga harus diberikan makanan yang bertekstur sedikit lebih kasar dan terus meningkat sedikit demi sedikit sesuai dengan usianya.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan misalnya dengan memberikan makanan ringan seperti buburbeberapa sendok teh sehari,kemudian menambahnya sedikit demi sedikit dalam setiap minggu. Transisi dari makanan halus ke makanan padat juga harus dilakukan dengan langkah-langkah yang kecil alias sedikit demi sedikit.

Contohnya, anda bisa memberikan bayi anda makanan padat 2 hari sekali kemudian terus meningkat hingga anak bisa mengkonsumsi makanan padat 2 kali sehari dalam waktu 1 bulan.

Biasanya pada gigitan pertama ketika anda memberikan makanan pada anak,anak akan memuntahkannya atau mengeluarkannya kembali. Akan tetapi, jangan khawatir dengan hal tersebut, karena kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang normal pada anak yang baru belajar mengkonsumsi makanan.Cobalah untuk tetap tenang, dan usahakan menggunakan sendok yang terbuat dari bahan plastik yang terasa lembut dan tidak berbahaya.

Untuk sementara hindarilah sendok yang terbuat dari besi karena hal tersebut dapat membahayakan gusi bayi.

  1. Variasi yang berbeda

Jika bayi anda terbiasa dengan sayuran dan buah-buahan murni, cobalah menambahkan beberapa campuran rasa yang lain. Beberapa makanan dari daging atau telur juga bisa anda berikan kepada anak anda.

Pada usia 6 bulan anak biasanya sudah bisa mengkonsumsi ikan, daging, ayam, telur (ayam kampung), dan sereal gandum yang sudah dihaluskan. Selain itu, anda juga bisa memberikan anak anda hati (ayam kampung) misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Pemberian variasi makanan ini untuk melatihnya agar bayi tidak hanya menyukai satu jenis makanan saja,melainkanagar bayi bisa menyukai banyak jenis makanan.

  1. Susu

Saat bayi sudah mulai terbiasa dengan gigitan-gigitan kecil pada makanan padat. Ibu tidak boleh menghentikan pemberian susu (Asi) karena susu ibu merupakan sumber nutrisi yang penting untuk anak.

Selain Asi, mungkin anda bisa tetap memberikan susu formula setelah anda mendiskusikan dengan suami atau dokter anda. Anak tidak boleh diberhentikan menyusui sebelum 2 tahun hal ini penting untuk kesehatan serta daya tahan tubuh bayi nanti.

 

terima kasih semoga bermanfaat artikel tentang Cara Memberi Makan Bayi di atas,semoga dengan cara tersebut anak-anak kita menjadi sehat pintar

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!