Cara Memperbesar Peluang Untuk Hamil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Manfaat Tidur di Samping Seseorang

Kehamilan hanya bisa terjadi sekitar waktu ovulasi, yaitu selama seorang wanita mengalami masa suburnya’ Sel telur biasanya dibuahi oleh sperma selama 48 jam setelah dilepaskan dari ovarium. Terdapat banyak cara yang bisa digunakan oleh seorang wanita untuk memperkirakan kapan dirinya mengalami ovulasi. Dengan mengenali tanda-tanda masa subur ini, pasangan suami istri bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seks dan memaksimalkan peluang untuk hamil.

Kapankah saya mengalami ovulasi?

Wanita mengalami ovulasi sekitar 14hari sebelum dimulainya menstruasi. Namun, tidak betul apabila dikatakan bahwa ovulasi terjadi 14 hari setelah hari terakhir menstruasi karena lamanya siklus menstruasi yang sangat bervariasi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada wanita yang mempunyai siklus selama 21 hari, tetapi ada juga yang selama 38 hari’ Siklus standar menstruasi adalah 28 hari. Ada berbagai metode yang bisa Anda gunakan untuk menghitung kapankah ovulasi kemungkinan terjadi. Namun, selalu ingat bahwa metode-metode ini hanyalah berfungsi sebagai panduan kasar semata. Banyak pakar dan ahli dalam bidang kesuburan wanita bersikap skeptis mengenai efektivitas metode-metode yang digunakan’ Bahkan, apabila Anda mengetahui secara pasti waktu ovulasi Anda, sebaiknya Anda tetap melakukan hubungan seks di waktu-waktu lainnya kalau Anda memang benar-benar ingin hamil.

Lendir dari serviks

Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur, Anda mungkin bisa menentukan waktu ovulasi Cengan memeriksa lendir yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar dinding serviks. Tepat sebelum ovulasi, lendir itu transparan. agak encer, dan lebih banyak, lebih mirip jeli, sehingga setetes lendir itu bisa tetap menempel di antara jari-jari Anda, Setelah ovulasi, lebih sedikit lendir yang keluar, dan warnanya meniad lebih keruh seperti susu.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa konsistensi lendir serviks ini bisa berubah karena alasan-alasan lain – misalnya, saat Anda sedang mengalami infeksi. Untuk mendapatkan penilaian yang lebih akurat, sebaiknya Anda mengombinasikan metode ini dengan metode suhu tubuh (lihat grafik di bawah).

Untuk menguji lendir Anda, masukkan jari Anda ke dalam vagina, kemudian perlahan-lahan tarik kembali keluar. Apabila lendirnya jernih, lembap, dan agak kental, dalam waktu dekat Anda mungkin akan mengalami ovulasi. Melakukan hubungan seks dalam 24-36 jam berikutnya bisa memberikan peluang besar untuk hamil.

Suhu tubuh Anda bisa mengukur perubahan suhu tubuh untuk menentukan kapan Anda dalam keadaan paling subur. Suhu melakukan hubungan seks pada saat avulasi akan memaksimalkan peluang Anda untuk hamil. Semua metode untuk menentukan waktu ovulasi sifatnya hanyalah perkiraan, karena itu sebaiknya Anda juga tetap melakukan hubungan seks di waktu-waktu lain.

Tubuh basal (Bassa/ Body Temperature = BBT) adalah suhu tubuh Anda segera setelah bangun di pagi hari, sebelum bangkit dari tempat tidur, sebelum makan atau minum apapun. BBT akan turun drastis tepat sebelum ovulasi dan kemudian naik kembali kurang lebih 12-24 jam setelah itu, begitu ovulasi sudah terjadi. Apabila Anda mencatat perubahan BBT Anda setiap hari selama beberapa bulan dalam grafik khusus, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pola tertentu. Anda bisa menggunakan pola ini untuk membantu Anda meramalkan waktu ovulasi.

lngat bahwa suhu tubuh Anda bisa naik dan turun karena alasan-alasan lain. Misalnya, ketika Anda sakit atau apabila Anda terlambat mengukur suhu tubuh, kemungkinan besar hasilnya tidak akurat. Mengombinasikan metode pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan lendir serviks cenderung akan memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan apabila hanya menggunakan salah satu metode secara terpisah.

Alat ovulasi

Anda juga bisa menentukan hari ovulasi dengan menggunakan alat pendeteksi ovulasi. Alat ini bekerja dengan mengukur jumlah hormon LH yang diproduksi, yang bisa membantu menentukan kapan ovulasi terjadi. Anda hanya perlu melakukan tes urin. Apabila hormon LH diproduksi dalam jumlah banyak, akan terjadi perubahan warna. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar ovulasi sedang berlangsung. Namun, sepedi semua metode yang lain, alat ini bukannya tidak mungkin memberikan hasil yang tidak akurat. Selain itu, alat ini harganya sangat mahal.

sumber: Meningkatkan kesuburan untuk kehamilan (seri Ayahbunda)

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!