(021) 5312 6107

Cara Mendidik Anak Laki Laki Menurut Islam dan Psikologi

Parenting
Cara Mendidik Anak Laki Laki

Cara Mendidik Anak Laki Laki – Bagi pasangan suami isteri yang mempunyai anak pastinya sangat menyayangi anak. Karena itu sudah menjadi hukum alam. Baik itu anak perempuan maupun anak laki-laki. Salah satu bentuk menyayangi anak adalah mendidiknya secara baik dan benar.

Hingga menjadi pribadi yang cerdas, berakhlak baik, berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Namun cara mendidik anak lelaki dan anak wanita sangat berbeda. Semua tidak bisa disamakan. Hal ini disebabkan karakter anak laki-laki dan wanita berbeda sekali.

Karakter Anak Laki-Laki

Cara Mendidik Anak Laki Laki

Untuk mendidik anak laki-laki yang baik dan benar akan terasa mudah jika anda memiliki pemahaman yang kuat mengenai karakter anak laki-laki. Mengingat karakter dan sifat anak laki-laki berbeda dengan anak wanita.

Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini karakter anak laki-laki yang utama yang perlu anda ketahui yaitu anak lelaki cenderung sukar sekali diatur ketimbang anak wanita.

Pada saat orangtua mencoba mengarahkan anak laki-laki usia 4 tahun sampai 7 tahun cenderung anak laki-laki tampil seperti orang yang tak mendengarkan.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua  harus mulai mendisiplinkan dan mendidik anak laki-laki sejak bayi sehingga ketika balita atau besar nanti mudah diarahkan.

Jangan sampai anda terlambat dalam mendisiplinkan anak lelaki hingga usia balita. Akan lebih mudah mendisiplinkan anak lelaki sedini mungkin.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Secara Mudah

Cara Mendidik Anak Laki Laki

Berikut ini tips dan cara mendidik anak laki-laki secara mudah sejak bayi hingga usia remaja, antara lain :

1. Menunjukkan rasa cinta dan sayang

Seorang anak lelaki biasanya merasakan kesukaran dalam menampilkan rasa perhatian dan kasih sayang. Oleh sebab itu, sebagai orangtua tak ada salahnya untuk mengajari anak laki-laki bersikap penuh perhatian dan kasih sayang.

2. Dukungan yang terus menerus

Anak laki-laki tidak dapat hidup sendirian. Ia memerlukan dukungan semangat yang positif dari orangtuanya.  Oleh karenanya, sudah seharusnya sebagai orangtua memberikan dukungan penuh terhadap aktifitas dan impian anak laki-laki supaya mereka dapat menjadi pribadi tangguh dan percaya diri di masa depan.

3. Bermain bersama

Seorang anak laki-laki sangat suka bermain. Suatu waktu ajaklah anak laki-laki anda untuk bermain bersama, menyaksikan acara musik, menari atau berjoged dan kegiatan bermain positif lainnya. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kedekatan anda dengan sang buah hati. Selain itu, bisa membuat anak laki-laki tumbuh ceria dan pandai bersosialisasi.

4. Memberikan contoh yang baik

Jangan sekali-kali anda memberikan contoh yang kurang baik pada anak lelaki anda. Misalkan merokok di hadapan mereka karena mereka akan mengikuti perilaku anda. Berikanlah contoh yang baik sehingga anak lelaki anda bisa meniru hal-hal positif dari dalam diri anda.

5. Ajarkan aturan yang baik secara jelas

Mengajarkan aturan-aturan baik seperti kedisiplinan. Dan jangan lupa berikan penghargaan atau pujian jika sang buah hati berhasil mengikuti aturan tersebut dengan baik dan benar.

6. Mengajarkan sikap tegar, sabar dan sikap hormat pada orang lain.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Menurut Islam

Tidak MemiCara Mendidik Anak Laki Lakisahkan Anak dan Ibunya

Setelah mengetahui cara mendidik anak laki-laki yang baik dan benar secara konvensional dalam kehidupan sehari-hari, sekarang saatnya membahas cara mendidik anak lelaki menurut Islam. 

Agama Islam bukan hanya mengajarkan soal akidah, ibadah, muamalat dan lain sebagainyai. Namun juga membahas bagaimana cara mendidik anak laki-laki.

Berikut ini cara mendidik anak laki laki menurut Islam yang bersumberkan kepada Al Qur’an dan hadits, antara lain :

1. Menanamkan akidah atau tauhid yang kuat terlebih dahulu yakni “Tiada Tuhan Selain Allah SWT. Dan bumi beserta segala isinya adalah ciptaan Allah SWT Yang Maha Kuasa”.

Hal ini berdasarkan dalil naqli bahwa Lukman mengajarkan hal demikian yaitu tauhid yang benar kepada anaknya terlebih dahulu sebelum mengajarkan ilmu yang lainnya.

2. Mengajarkan ajaran-ajaran Islam yang terangkum dalam ketaatan kepada Allah SWT, Rukun Iman, Rukun Islam dan lain sebagainya. Hal paling utama adalah mengajarkan pentingnya melaksanakan ibadah sholat wajib lima waktu dalam kehidupan keseharian secara tepat waktu.

3. Menampilkan rasa kasih sayang kepada anak laki-laki. Dengan demikian mereka akan menjadi pribadi yang penuh kasih sayang kepada sesama dan berakhlakul karimah. Sebagaimana mereka mendapatkan contohnya dari orangtua mereka.

Rasa kasih sayang orangtua kepada anak laki-lakinya ditunjukkan dengan sikap dan perbuatannya. Sehingga sang buah hati merasakan kasih sayang orangtuanya kepada mereka sangat besar dan tulus.

Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang menyayangi cucu lelaki dan anak-anak lelakinya. Tak jarang beliau mencium dan menggendong mereka. Seperti yang dilakukan kepada Hasan dan Husein anaknya Ali Bin Abi Thalib ra.

Cara Mendidik Anak Laki Laki Usia 11 Tahun

Cara Mendidik Anak Laki Laki

Untuk mendidik anak laki-laki usia 11 tahun akan berbeda sekali dengan cara mendidik anak laki-laki usia 2 tahun, 4 tahun, lima tahun dan tujuh tahun. Pada masa ini seorang anak lelaki harus diajarkan jiwa kepemimpinan.

Karena ia seorang laki-laki yang diberikan beban oleh Allah SWT minimal sebagai kepala keluarga. Oleh sebab itu, pada umur 11 tahun kita sebagai orangtua berusaha mengajarinya sesuatu hal yang berguna bagi mereka di masa depan terutama dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Untuk memberikan nilai-nilai positif dan contoh kepemimpinan yang baik kepada anak laki-laki hendaknya disampaikan melalui cerita atau kisah.

Di dalam Al Qur’an banyak sekali kisah dan cerita islami yang bisa disampaikan pada anak lelaki untuk membentuk karakter yang cerdas, baik, sopan, berjiwa pemimpin dan berakhlak baik. Bacakan pada anak laki-laki anda kisah 25 nabi dan rasul serta kisah para sahabat nabi yang mulia.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 5 Tahun

Usia 5 tahun merupakan fase yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Pada tahap ini seorang anak laki laki mengalami masa keemasan yang sering disebut golden age. Pada umur 5 tahun, seorang anak laki-laki harus diperkenalkan cara melaksanakan shalat yang baik dan benar.

Selain itu, mengajari anak untuk mengenal huruf-huruf Hijaiyah dan menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al Qur’an. Seperti Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas.

Pada umur 5 tahun sang anak lak-laki akan mulai bertanya sesuatu hal yang tidak ia mengerti. Sehingga anda harus menjelaskannya secara sabar dan bijaksana.

Selain itu, berikanlah nilai-nilai kebaikan pada anak yang disertai dengan pemberian contoh teladan baik bagi anak lelaki itu sendiri. Sebab apa yang dilakukan oleh orangtuanya selalu diikuti oleh sang anak laki-laki dan menjadi contoh teladannya sehari-hari.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia Remaja

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri bagi seorang anak laki-laki. Sehingga anda harus memperhatikan tumbuh kembang anak lelaki pada usia remaja.

Jangan sampai anak laki-laki anda melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama, melakukan perbuatan tercela, kenakalan remaja, penyalahgunaan obat terlarang dan lain sebagainya. Karena pada masa ini umumnya seorang anak laki-laki mempunyai rasa ingin tahu yang lebih besar.

Cara mendidik anak laki-laki usia remaja bisa dilakukan dengan cara memberikan pengertian mendalam mengenai apa itu pubertas.

Lakukan diskusi dengan anak untuk membahas persoalan yang kurang dimengerti anak seperti bahaya rokok, narkoba dan alkohol, berikan sedikit kelonggaran dan lain sebagainya. Dan berikanlah atau tunjukkanlah contoh suri teladan yang baik kepada mereka.


error: Content is protected !!