Cara Mengajarkan Anak Mengaji Agar Lebih Menyenangkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim.Cara Mengajarkan Anak Mengaji Agar Lebih Menyenangkan. Sebagai seorang muslim orang tua wajib mengajarkan anak kita mengaji sejak dini. Umumnya anak di usia balita akan selalu cepat merasa bosan . oleh karena itu kita sebagai orang tua dipaksa untuk kreatif dalam mengajarkan anak-anak  dalam belajar mengaji. Bukan hanya diserahkan ke ustad ataupun ustadzah . tetapi yang paling berperan penting dalam membuat anak-anak bisa cepat memahami dan juga bisa cepat menangkap  pelajaran mengaji semuanya dari faktor dukungan orang tua. Di TPA atau TPQ hanya memiliki waktu yang sedikit paling lama hanya 1 jam , itupun  ustad atau ustadzah mengajar santri dan santriwati bukan satu santri saja tetapi banyak santri.

 Mengajarkan anak untuk mengaji bukan hanya dengan kita mengajarkannya, atau kita menyuruhnya untuk belajar. Tetapi kita sebagai orang tua seharusnya memberikan contoh yang teladan dan rutin membaca alquran, sholat fardhu tepat waktu, sholat sunah  dan ibadah lainnya juga. Disaat kita istiqomah dalam menjalankan kewajiban kita sebagai seorang muslim, setidaknya anak kita akan selalu melihat apa yang kita kerjakan. Nah saat itulah anak kita akan otomatis meniru apa yang kita kerjakan selama berada di samping nya. anak balita pola belajarnya lebih ke pendengaran, dan daya tangkapnya lebih kuat.

 Dari dalam kandungan sampai dengan umur 4 tahun anak kita dibiasakan mendengarkan bacaan murottal alquran, diajarkan membaca doa doa sehari hari seperti doa  mau makan, mau tidur, masuk wc, dan doa-doa sehari hari lainnya. Bukan hanya kita ajarkan doanya saja, tetapi kita  ajak anak kita selalu mempraktekannya. Anak umur 4 tahun kebawah perlu didampingi orang tua dalam mempraktekkan  doa –doa sehari hari.

Jika anak sudah berumur 4 tahun keatas, kita bisa memperkenalkan huruf-huruf hijaiyyah. Agar anak kita tidak merasa bosan dalam belajar membaca, kita bisa membelikan mainan yang ada unsur belajar sambil bermain, seperti membelikan puzzle yang bertuliskan huruf –huruf hijaiyyah, bisa juga dengan mendownload aplikasi belajar mengaji .yang dimana sudah banyak aplikasi android yang ada game belajar mengaji untuk anak anak. Intinya orang tua harus mempunyai strategy terbaru agar anak kita tidak merasa bosan dalam mengaji. Wallahu a’lam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!