Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan – Dalam sebuah keluarga, terkadang setiap hari bisa terjadi drama adu mulut antara anda dan anak.Soal apa?Tentu saja soal makanan.Balita biasanya sangat keras kepala, terutama dalam menolak makanan yang anda berikan apabila mereka tidak dalam mood yang bagus.

Selain itu mereka biasanya tidak bisa tinggal lama di satu tempat misalnya di meja.

Lalu bagaimana cara menghadapinya? dan bagaimana anda memastikan bahwa makanan tersebut adalah makanan yang mereka inginkan?

Pada usia 2–5 tahun, anak biasanya sangat keras kepala terutama pada makanan yang tidak mereka sukai.Ada berbagai alasan yang melatari hal tersebut mulai dari mood, hingga bentuk makanan atau rasa makanan itu sendiri. Tidak terkecuali warnanya!

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan

Jika anak anda masih kecil, biasanya mereka akan percaya pada apa pun yang anda katakan.Terutama soal makanan.Tapi saat mereka beranjak semakin dewasa dan besar, anak-anak biasanya kehilangan kepercayaan.Mereka mulai takut pada sesuatu yang baru.Dan mereka biasanya akan mencari sendiri apakah makanan tersebut mereka sukai atau tidak.Hal ini merupakan sebuah pelajaran yang harus anda pertimbangkan.

Anak-anak yang tidak mau disuapi dengan makanan tertentu biasanya akan menutup mulutnya.Dan mereka akan bertingkah semaunya terutama ketika berada di atas meja makan.Anak-anak tidak mendengarkan ketika anda memintanya untuk kembali ke meja makan dan bersikap baik.Dan mengapa anak tidak mau tinggal di meja makan?

 

Balita

Balita pada umumnya masih terlalu kecil untuk bisa diam seperti orang dewasa.Setidaknya untuk makan, balita membutuhkan waktu sekitar 20 menit, dan kadang-kadang lebih.

Anak yang berusia 4 dan 5 tahun biasanya mereka lebih kooperatif dan bisa diarahkan untuk lebih tenang.Oleh karena itu, anak di bawah 4 tahun jangan diajak untuk makan di meja makan melainkan anda bisa memberikan kebebasan kepada mereka untuk makan di mana pun yang mereka inginkan.

Berikut adalah beberapa tips agar anak mau makan, yang mungkin bisa membantu anda untuk melakukan kegiatan ini dengan lebih mudah.

  1. Dorong mereka untuk makan

Cobalah hidangkan secara rutin sesuatu yang baru kepada anak anda.Semakin sering mereka menemukan sesuatu yang baru dan memiliki cita rasa yang enak akan membuat mereka tidak merasa takut terhadap apapun yang baru mereka temukan.

Akan tetapi tetaplah memberikan apa yang mereka sukai secara teratur.Jangan menghilangkan menu makanan yang mereka sukai sebelum mereka menemukan yang baru.

Untuk makanan baru, jangan pernah memaksakan anak mengkonsumsi makanan tersebut.Cobalah memberikannya satu atau dua gigitan saja, selanjutnya biarkan mereka yang memilih.Jangan pernah menceritakan sesuatu hal yang aneh atau berbohong tentang apapun agar mereka mau makan.

  1. Tidak apa apa untuk memaksakan sedikit sesuatu kepada anak.Setiap anak memang harus makan di bawah paksaan, karena mereka biasanya tidak akan pernah belajar jika tidak dipaksa.
  2. Melarang anak untuk memakan sesuatu juga tidak apa-apa.Karena dengan begitu mereka akan lebih fokus untuk mengkonsumsi makanan tertentu, misalnya makanan yang anda sajikan.
  3. Makan bersama keluarga

Makan bersama keluarga biasanya akan memotivasi anak untuk makan lebih banyak dan lebih riang.Berkumpul bersama ibu, bapak,nenek dan kakek serta saudara yang lainnya akan sangat menyenangkan bagi mereka.

  1. Pujian
  2. Pujian

Tips agar anak mau makan yang paling ampuh adalah dengan memberikan pujian.Setelah ia mengunyah sesuatu cepatlah memujinya untuk mendorong perilaku baik mereka ketika makan atau di meja makan.

  1. Jangan pernah memberikan ancaman.Jika anak anda tidak mau makan ancaman akan membuat mereka takut dan kepercayaan mereka kepada anda akan hilang.

terima kasih semoga bermanfaat Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan di atas

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!