Nisab Dan Cara Menghitung Zakat Mal, Apa Saja Ketentuannya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Zakat merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Ketika anda belum mengetahui pengertian zakat yang sebenarnya bukan. Dimana zakat merupakan sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim agar diberikan terhadap golongan yang berhak mendapatkannya. Dimana zakat ini biasanya akan diberikan kepada seseorang yang dibilang atau dalam pengertian tidak mampu. Zakat mal adalah zakat penghasilan seperti hasil pertambangan, pertanian, hasil laut, hasil ternak ataupun apa saja deh yang penting untuk berzakat. Maka dari itu anda haruslah bisa berzakat walaupun sedikit karena akan berdampak sangat besar.

Dimana dampak yang akan anda rasakan yaitu akan membuat anda memiliki pahala yang berlipat ganda. Karena zakat merupakan salah satu rukun islam yang ke 4 selain syahadat, sholat, haji dan puasa. Zakat sendiri adalah sebuah sesuatu yang sangat wajib bagi umat islam untuk mereka jalankan. Dimana dapat anda ketahui zakat ini sendiri memiliki artian sebagai subur, berkembang, berkat, bersih maupun suci. Wajib lah bagi anda seorang muslim untuk bisa berzakat karena zakat merupakan salah satu pahala yang perlu anda jalankan. Dimana sebelum anda semua melakukan zakat tentunya haruslah mengetahui syaratnya perhitungan zakat mal ini ya.

Nisab Dan Cara Menghitung Zakat Mal, Apa Saja Ketentuannya?

Inilah Nisab Zakat Mal Yang Perlu Anda Ketahui

Ketentuan pada saat melakukan zakat pasti memiliki sebuah hal yang sangat perlu anda lakukan. Dimana sebelumnya anda juga harus tahu bagaimana sih nisab zakat mal yang seharusnya dilakukan ini bukan. Maka dari itu pada pembahasan kali ini marilah kita mengupas tuntas mengenai beberapa nisab dari zakat mal yang belum pernah anda ketahui ya. Dimana sebelumnya anda haruslah mengetahui terlebih dahulu mengenai nisab ya. Nisab adalah sebuah batasan antara kekayaan wajib pada zakat ataupun tidak. Nah maka dari itu jika kekayaan seseorang telah mencapai nisab ini maka ada baiknya untuk segera mungkin melakukan nisab ya.

Nah setelah anda mengetahui pengertian dari nisab sendiri maka ada baiknya jika mengetahui bagaimana untuk nisab zakat emas ya. Dimana zakat nisab emas ini bisa anda bayarkan dengan sebuah emas 20 dinar atau setara dengan 85 gram ya. Dimana nisab zakat emas adalah ini sendiri terbagi atau tergolong dengan beberapa bagian. Untuk golongan pertama dapat diperoleh melalui zakat pertanian yang setara dengan 653 kg beras. Sedangkan untuk golongan kedua ini anda dapat membayar dengan zakat perak 200 dirham atau setara dengan 595 gram ya. Dan yang terakhir anda juga dapat membayar dengan zakat perdagangan 20 dinar atau setara 85 gram emas ya.

Beginilah Perhitungan Zakat Penghasilan Yang Pasti Belum Diketahui Banyak Orang

Pada penjelasan kali ini kita akan membahas mengenai perhitungan zakat penghasilan yang pasti belum kalian semua pahami secara jelas. Dimana seorang umat islam yang baligh dan memiliki penghasilan yang tetap dan penghasilannya telah memenuhi batas nisab. Maka wajib hukumnya untuk menunaikan yang namanya zakat penghasilan ya. Dimana zakat penghasilan ini biasanya dibayarkan per bulan maupun per tahun oleh seseorang yang sudah memiliki penghasilan batas nisab ya. Sesuai dengan peraturan dari Menteri Agama bahwa seseorang yang memiliki penghasilan Rp 5.240.000 per bulan ini haruslah bisa mengeluarkan zakat penghasilan.

Ketentuan zakat dari penghasilan ini haruslah seseorang yang memiliki penghasilan untuk membayarnya ya. Sehingga zakat penghasilan yang wajib anda keluarkan ini adalah 2,5 persen dari penghasilan per bulan yang anda peroleh. Contoh perhitungan zakat penghasilan yaitu: jika anda memiliki penghasilan sebanyak 10.000.000 maka zakat perbulannya yaitu 250.000 ribu ya. Adapun cara perhitungannya yaitu Rp 10.000.000 ini di kalikan dengan 2,5% yang sudah menjadi ketentuan persenan nya. Sedangkan jika anda membayar untuk satu tahun lamanya maka dapat membayar 3.000.000. Dengan perhitungan 250.000 per bulan di kali dengan 12 bulan ya.

Inilah Nisab Zakat Penghasilan Yang Terkadang Membuat Seseorang Bingung

Tentunya setelah anda mengetahui perhitungan zakat penghasilan nantinya anda juga harus mengetahui bagaimana nisab zakat penghasilan bukan. Adapun zakat penghasilan ini dapat anda bayarkan secara langsung terhadap golongan orang yang membutuhkan di sekitar anda ya. Jika tidak anda dapat menyalurkan zakat penghasilan ini kepada lembaga atau amil zakat yang siap menyalurkan zakat penghasilan anda tersebut. Anda juga dapat membayarkan zakat emas dan perak  dengan ketentuannya. Adapun anda dapat membayar kadar zakat emas dan perak ini sebesar 2,5%. Kalau emas bisa mencapai 85 gram dan perak bisa sampai 595 gram ya teman.

Macam โ€“ Macam Zakat Dan Nisabnya Yang Setiap Para Pezakat Ketahui

Nah selanjutnya kita akan membahas mengenai macam โ€“ macam zakat dan nisabnya ya. Dimana pembagian zakat tersebut dibagi atas beberapa bagian yang perlu anda ketahui. Nah untuk yang pertama adalah zakat fitrah, pasti sudah tak asing lagi jika seseorang mendengarkan zakat fitrah tersebut bukan. Adapun zakat fitrah ini dapat anda lakukan dengan membayar sebuah beras maupun uang. Nisab dari zakat fitrah tersebut adalah 2,5 kilogram atau setara dengan 3,5 liter beras bagi setiap orang ya. Dan jika anda ingin membayarnya dengan uang maka nominal dari uang tersebut adalah sekitar harga dengan b2,5 kilogram beras ya.

Nah selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana nisab zakat pertanian yang tidak semua orang pahami. Pada setiap kadarnya hasil pertanian yang dapat anda keluarkan ini setara dengan 5% jika anda menggunakan irigasi atau disebut dengan mengeluarkan biaya. Tetapi untuk anda yang tidak mengeluarkan biaya atau bisa dibilang dengan menggunakan perairan alami ini maka hanya mengeluarkan zakat 10% ya. Adapun nisab dari zakat pertanian tersebut adalah 5 wasaq atau setara dengan 653 kilogram beras ya. Dan ketika anda ingin mengeluarkan zakat pertanian tersebut anda dapat mengeluarkannya ketika telah panen.

Inilah Cara Untuk Menghitung Zakat Perdagangan

Untuk pembahasan yang terakhir ini mengenai cara untuk menghitung zakat perdagangan yang pasti tidak semua orang tahu. Zakar perdagangan ini sendiri merupakan harta niaga atau yang disebut dengan zakat niaga ya. Sehingga zakat ini terlibat akan akad jual beli untuk bisa memperoleh keuntungan. Adapun nisab dari zakat perdagangan ini yaitu sebesar 85 gram emas dengan asumsi harga emas sekitar 903.000 ribu. Maka jumlah nasab perdagangan/ niaga yang anda bayarkan ini sebesar 76.755.000 dengan dikalikan 2,5 persen ya. Rumusnya yaitu: 85 di kali 903.000 atau 76.755.000 ya.

Nah itulah beberapa ketentuan zakat yang perlu setiap orang ketahui sebelum melakukan ibadah zakat. Dengan begini anda dapat menyalurkan bantuan zakat terhadao Sahabat Yatim Indonesia. Dengan begini anda tak perlu khawatir dan bingung untuk bisa melakukan zakat ya. 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!