Dosa Ketika Membuat Ibu Menangis

080167000_1424263004-neraka

Dosa Ketika Membuat Ibu Menangis, Selama 9 bulan seorang ibu menahan rasa sakit demi dan ketika melahirkan beliau bertaruh sepenuh tenaga dan nyawa dipertaruhkan. Tidak hanya sampai disitu, seorang ibu juga memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak anak dengan penuh kasih sayang, pendidikan, dan juga landasan karakter yang baik. Maka dari itu sudah seharusnya kita sebagai anak berbakti kepada ibu.

Dengan sellau mengasihi, menghargai dan berbuat hal yang menyenangkan hati ibu. Sebagai orang anak sudah seharusnya kita berhati hati dalam bertutur kata dan bertingkah kepada ibu kita, jangan sampai air mata beliau menetes dikarenakan suatu hal yang telah kita lakukan.

Dosa Ketika Membuat Ibu Menangis

Dalam agama Islam menjelaskan bahwa membuat ibu menangis termasuk dosa besar. Islam selalu mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik kepada ibu, seperti apa yang tercantum pada penjelasan berikut.

1. Anjuran dalam Alquran untuk memuliakan ibu

Melalui kitab suci Al Quran, Allah menganjurkan kita untuk selalu memuliakan ibu. Mengingat perjuangan ibu yang sangat besar saat proses mengandung, melahirkan, hingga membesarkan anaknya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Alquran berikut. 

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al–Ahqaaf: 15)

2. Rasulullah pun mengajarkan untuk berbakti pada ibu

Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak mendapatkan perlakuan baik dariku?” Rasulullah SAW pun menjawab, “Ibumu.” Dan laki-laki itu kembali bertanya, “Kemudian siapa?” Rasulullah kembali menjawab “Ibumu.” Lalu orang itu bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Rasulullah kembali menjawab “Ibumu.” Dan orang itu kembali bertanya untuk yang keempat kalinya, “Kemudian siapa?” lalu Rasulullah menjawab, “Ayahmu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Azab bagi anak yang membuat ibu menangis

Allah SWT Akan Murka

Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadis. Disebutkan bahwa, “Ridha Allah tergantung pada ridha orangtua, dan murkanya Allah tergantung pada murkanya orangtua.” (HR. Al-Hakim).

Balasan Yang Nyata Dengan Segera

Rasulullah SAW telah menyebutkan dalam sebuah hadis bahwa, “Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orangtua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati.”

Tidak Akan Masuk Surga

 “Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orangtua dan juga seorang dayyuts atau banci (orang yang merelakan kejahatan berlaku di dalam keluarganya, merelakan istri dan anak perempuannya serong).” (HR. Nasa’I dan Ahmad).

Bahkan, wanginya surga pun tidak akan bisa tercium oleh anak durhaka. Hal ini tertera dalam hadis, “Sesungguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinya barang siapa yang durhaka kepada orangtuanya.” (HR. Thabrani)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details