Hadis & Ayat Ini Ajarkan Artis Kebahagiaan Hidup

Cara Mendidik Anak Laki Laki Sesuai Ajaran Rasulullah

Bismillahiarrohmanirrohim. Hadis & Ayat Ini Ajarkan Artis Kebahagiaan Hidup. Seorang muslim pastinya mereka akan selalu bahagia  dalam menjalani kehidupan ini. Kalau tidak bahagia berarti perlu di pertanyakan .  Seseorang  yang memeluk agama islam dan kalau  selalu mengikuti ajaran Rasulullah shalallahualaihi wa salam  , hidupnya di jamin akan bahagia karena seorang muslim akan mengetahui  arti kebahagiaan dalam hidup .   di dalam hadist dan juga ayat ayat alquran sudah mengajarkan arti kebahagiaan hidup.

Dilansir dari idntimes.com Berikut beberapa hadist dan ayat yang mengajarkan arti kebahagiaan.

  1.       Amal Saleh

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman  yang artinya

“ Barang siapa yang mengerjakan amal Saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman,maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan .” ( QS An-Nahl : 97).

Kebahagiaan hidup dalam ayat diatasi adalah ketentraman  hidup di dunia dan selamat dari api neraka di akhirat ( tafsir Ibnu katsir, 4/601).

  1.       Selalu melihat kebawah supaya selalu bersyukur

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

“ Sungguh beruntung,orang yang (beragama) islam ,diberi rezeki yang cukup,dan menerima apa yang di berikan Allah kepadanya.” ( HR.Imam Muslim)

Orang yang beriman kepada Allah ta’ala dan rasul- rasulnya. Mereka yang di berikan rezeki yang cukup. Tidak banyak , tetapi cukup untuk kebutuhan sehari-hari.dan yang terakhir qanaah. Dia  terima rezeki Allah itu dengan lapang dada.

  1.       Saat Hati merasa ikhlas itulah kaya yang hakiki

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

 “ Kaya ( yang sebenarnya) bukan banyaknya harta,tetapi  kaya yang sebenarnya adalah kaya hati.” ( HR. Muttafaq Alaih).

 

Tidak semuanya orang yang memiliki banyak harta itu di bilang kaya, karena kaya yang sebenarnya adalah kaya hati. Orang  miskin ,tapi hatinya kaya maka dia kaya yang sebenarnya.

  1.       Selalu Yakin pada Allah

“ …. Barang siapa yang ingin menjadi orang paling kaya, maka lebih percayalah pada apa yang dimiliki Allah dari apa yang ada di tangannya,” ( HR.Imam Hakim).

Orang yang selalu bersandar kepada Allah Ta’ala merupakan orang yang paling kaya . bukan orang banyak harta yang kaya.

  1.       Selalu menerima  pemberian dari Allah

“ … dan ridholah dengan apa yang diberikan Allah untukmu , maka kamu menjadi orang yang paling kaya…” ( HR. Imam Baihaqi)

Menerima dan ridha dengan pemberian Allah merupakan kunci paling utama agar kita merasakan menjadi orang kaya yang sebenarnya.

Itulah beberapa hadis dan juga ayat yang mengajarkan Arti kehidupan di alam islam. Semoga  dengan ulasan diatas bisa membuat kita mengerti dengan Arti kebahagian hidup yang sebenarnya.

Wallahualam bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details