Hak dan Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya

DSC_0184

Bismillahirrohmanirrohim.5 Hak dan Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya.  Seorang muslim  memiliki hak dan juga kewajiban terhadap muslim lainnya. Hal ini sangat sering diabaikan , padahal nabi kita Muhammad Shalallahu Alaihi wasalam, telah mengajarkan  selalu  berhubungan social kepada sesama manusia (hablum-minannas).

Adab dan akhlak  seorang muslim itu sudah diatur di dalam alquran  yang disampaikan melalui Rasulullahu alaihi wa salam.   Ada 5 kewajiban Muslim terhadap muslim lainnya yang  terdapat dalam hadist Nabi Muhamad Shalallahu alaihi wa Salam yang di kutip dari  kitab Shahih Bukhari  muslim

Yaitu  menjawab salam,menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah,memenuhi undangan, mendoakan yang bersin.

Dan juga Abu Hurairah RA,  berkata kalau Rasulullah Shalallahualaihi wasalam bersabda : “ Hak Muslim kepada muslim lain ada enam yaitu :

  1.       Apabila engkau bertemu, ucapkan salam kepadanya.
  2.       Apabila engkau diundang,penuhi lah undangannya.
  3.       Apabila engkau dimintai nasihat ,berilah nasihat kepadanya.
  4.       Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah), Doakanlah dia (dengan mengucapkan Yarhamukallah).
  5.       Apabila dia sakit,maka jenguklah dia.
  6.       Apabila dia meninggal dunia,iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).

 

Dari penjelasan 5 hak dan kewajiban Muslim Terhadap muslim lainnya diatas. Itu menandakan islam adalah agama yang mengatur seluruhnya kehidupan di dunia  dan penulis juga akan menjelaskan sedikit tentang  dalam Adab dalam menguap dan juga bersin.

Adab Bersin

Disaat kita bersin kita adab nya dalam islam ucapkan lah Alhamdulillah. Sedangkan jika kita melihat orang bersih dan dia mengucapkan Alhamdulillah kita yang mendengarnya adabnya membalas ucapan “Yarhamukallah” yang artinya semoga Allah memberikan rahmat kepadamu). Bersin itu pemberian dari Allah Ta’la, sedangkan kalau menguap itu dari setan.  Kalau kalian mau bersin tetapi ditahan menurut medis atau kesehatan itu sangat berbahaya. Hadist  Rasulullah  mengatakan “Orang yang bersin boleh mengucap Alhamdulillah ‘ ala kulli haal yang artinya segala puji bagi Allah atas segala hal) (HR. Ahmad).

Adab Menguap  :

Di saat kita akan menguap  tahan lah semampunya Rasulullah Shalallahualaihi wa Salam bersabda: “ Menguap itu datangnya dari setan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya.” ( HR.Bukhari dan Muslim)

Begitu juga saat menguap adabnya menutup Mulut dengan tangan Rasulullah Shalallahualaihi wa Salam bersabda: “ Apabila salah seorang di antara kalian,menguap, maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena setan akan masuk ( ke dalam mulut yang terbuka).” (HR.Muslim,Abu Dawud)

 Dan juga adab yang lagi satu ini saat menguap memelankan  suaranya. Wallahualam Bishawab

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details