Hal yang mempengaruhi pembentukan karakter sejak bayi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Hal yang mempengaruhi pembentukan karakter sejak bayi – Dalam ilmu psikologi, karakter pribadi seseorang dibentuk oleh “the five factor model” lima sifat umum yang menjelaskan kecenderungan prilaku pada karakter tiap individu

1.Openess

atau keterbukaan, kecenderungan untuk terlibat pada pengalaman yang baru dan berbeda. Tingginya tingkat keterbukaan dapat terlihat pada bayi yang ridak takut dan berminat pada berbagai hal dan kegiatan yang berbeda.

Hal yang mempengaruhi pembentukan karakter sejak bayi

2.Conscientiousness

atau kewaspadaan, merupakan kecenderungan untuk merencanakan tindakannya, patuh dan mencermati batasan dan rambu-rambu dan tidak buru-buru bertindak spontan. Karakter ini jarang sekali terlihat pada bayi

3.Extroversion

kepedulian pada sekitar, adanya kecenderungan untuk mencari teman, punya rasa percaya diri dan bersikap positif pada orang lain dan sekelilingnya. Bayi yang sangat sosial, yang tidak takut pada orang asing, menunjukkan tingkat kepedulian yang besar.

4.Agreeableness

atau keramahtamahan Bayi yang mudah tersenyum akan menyerrangkan banyak orang dan akan membentuk karakternya kelak sebagai pribadi yang ramah dan luwes.

5.Neuroticism

Kecenderungan untuk bersikap emosi tinggi bila ada rangsangan negatif. Pada bayi dapat ditunjukkan dengan tendensi untuk rewel, menangis, menarik diri dan gelisah.

Majalah Ayahbunda

Related Posts

Tinggalkan komentar

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!