Ini Alasan Mengapa Muslimah Harus Mengenakan Kaus Kaki

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Ini Alasan Mengapa Muslimah Harus Mengenakan Kaus Kaki. Islam selalu menganjurkan sesuatu yang pastinya bermanfaat bagi kita. Seperti halnya bagi seorang wanita muslimah di dalam islam diwajibkan agar menutup auratnya seluruh tubuhnya terkecuali  wajah dan telapak tangannya. Tujuan agar menutup aurat adalah supaya kaum wanita terlindungi.

Hadist dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan, “ Asma ‘binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah dengan memakai pakaian yang tipis. Rasulullah pun memalingkan pandangan darinya dan barssabda, “Wahai Asma’, sesungguhnya  seorang wanita itu jika sudah haid (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dririnya kecuali ini dan ini” , beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya.  ( HR. Abu Daud 4106 dan dishahihkan al-Albani).

Dan ada lagi hadist yang menyebutkan  dari Ummu Salamah radhiallahuánha tentang isbal ( pakaian yang melebihi mata kaki), “ Rasulullah ketika  bersabda mengenai masalah menjulurkan  ujung pakaian ,aku bertanya kepada beliau, “ wahai Rasulullah bagaimana dengan kami (kaum wanita )? ‘. Nabi menjawab : “julurkanlah sejengkal ‘ .  lalu Ummu Salamah bertanya lagi : ‘ kalau begitu kedua qadam ( bagian bawah kaki ) akan terlihat? ‘. Nabi bersabda : ‘kalau begitu julurkanlah sehasta’. ( HR. Ahmad 6 /295, Abu Ya’la dalam As Sanad 1/325, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 1/828).

Hadist yang dijelaskan diatas banyak dijadikan dalil oleh para ulama dalam mengatakan kalau kaki juga termasuk aurat.

Maka dari itu muslimah disarankan untuk menutup kakinya . agar tidak terlihat oleh laki-laki yang bukan mahram. Dalam berpakaian menggunakan gamis di jaman sekarang jarang sekali ada gamis yang bisa menutupi sampai ke bawah kaki. Dengan alasan bisa membuat kain pada gamis cepat kotor pada bagian bawah. Oleh karena itu agar bisa menutupi kaki, wanita sekarang memakai kaus kaki. Dan jika tidak memakai kaus kaki boleh boleh saja.asal kan saat berjalan kaki Kita tidak akan terlihat oleh yang bukan mahram .

Jadi bisa kita simpulakn seorang muslim hendaknya kita selalu bertaqwa kepada Allah subhanahuwataala, dengan menjalankan perintahnya dan juga menjauhi larangannya. Agar kita selalu di lindungi dan mendapatkan ridho Nya. Aamiin

Wallahu alam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!