Keutamaan Bulan Rajab

Prioritas Memberikan Infaq Sesuai Syariah Islam

Keutamaan Bulan Rajab. Adalah bulan haram di antara 4 bulan lainnya . Dimana ini bulan yang paling mulia. Di bulan haram ini  sangat dilarang keras melakukan  perbuatan maksiat,  tetapi di perintahkan untuk umat muslim memperbanyak melakukan amalan yang sholih.

Bulan Rajab  sama dengan seperti bulan muharram, yang juga sebagai bulan haram. Allah Ta’ala Berfirman, yang artinya:

“ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus , maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu. “ ( QS. At Taubah: 36)

Untuk mengenai empat bulan yang di maksud  disebutkan dalam hadis dari Abu Bakroh, nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam bersabda, yang artinya

“ Setahun berputar sebagaimana keadaannya  sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan . di antaranya ada empat bulan  haram (suci). Tiga bulannnya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah , Dzulhijjah dan Muharam. (Satu Bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara jumadil (akhir) dan Sya’ban. “  ( HR.Bukhari no.3197 dan Muslim no. 1679).

Bulan Rajab termasuk  bulan yang sangat baik untuk melaksana kan amalan ketaatan,  oelh karena itu para salaf menyukai untuk melaksana kan puasa pada bulan haram. Sufyan Ats Tsauri  mengatakan, “ Pada Bulan-bulan haram,  aku sangat senang berpuasa di dalamnya.”   Dan juga Ibnu  ‘ Umar, al Hasan Al Bashri dan Abu Ishaq As Sa’ibi  menjalankan ibadah puasa di waktu bulan haram,  bukan di karenakan bulan Rajab atau salah satu dari bulan haram lainnya.  Dan para ulama yang bermazhab  hambali menghukum kan Makruh berpuasa pada bulan Rajab saja, tidak pada bulan haram lainnya.

Tetapi  walaupun disarankan untuk berpuasa , maka bukan berarti harus mengkhusus kan berpuasa  atau amalan  lainnya di hari tertentu dari bulan rajab. Dikarenakan jika  menganjurkan seperti itu butuh dalil.  Sedangkan puasa mengkhususkan puasa di bulan Rajab tidak ada dalil yang shahih yang mendukungnya.

Ibnu Rajab Al Hambali berkata , “ Hadist yang membicara kan keutamaan puasa rajab secara khusus tidaklah shahih dari nabi shallallahu ‘ alaihi wa Salam,  begitu juga dari sahabatnya.”

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details