Keutamaan Doa Anak Untuk Orang Tuanya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirohim. Keutamaan Doa Anak Untuk Orang Tuanya.  Ketika kita meninggal dunia yang akan kita bawa adalah amal- amal kita selam kita masih hidup dan juga tidak lupa dengan doa anak- anak kita tidak akan terputus. 

Dari Abu Hurairah Radhyallahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam Bersabda, yang artinya,

“ Jika sesorang meninggal dunia, maka terputus lah amalannya kecuali tiga perkara 9yaitu): Sedekah jariah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau do’a anak yang shalih.” ( HR. Muslim no.1631).

Imam Nawawi menjelaskan yang di maksud hadist diatas , amalan mayit akan terputus dengan kematian. Pahala bagi mayit telah terputus terkecuali dengan 3 amalan ini , karena mayit di sini merupakan sebagai sebabnya. Pertama ,  anak adalah hasil jerih payah orang tua, oleh karena itu amalan Nya tentu masih bermanfaat kepada orang tua. ( Syarh Shahih Muslim, 11:77)

Di tafsirkan  kalau anak yang shalih  di maksud anak yang memiliki keislaman yang baik. Ada juga yang memberi penafsirankalau anak yang shalih , anak yang terus istiqomah . ( Dalil al falihin, 3: 434, di nukil dari Minhah Al –‘Allam,7:9).

Maka dari itu kita sebagai orang tua , didik lah anak kita dengan baik sesuai dengan tuntunan ajaran islam yang dimana telah diajarkan oleh nabi kita Muhammad  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Dan seperti yang dijelaskan diatas. Aset dan kekayaan yang tidak aka nada habisnya saat kita di dunia dan juga saat kita meninggal nanti , bukanlah harta dunia yang halnya seperti rumah yang besar, mobil mewah, hotel- hotel yang kita miliki.

 Tetapi anak kita merupakan aset yang tidak akan pernah kehilangan dari kita. Dimana jika kita mendidik dengan baik sesuai dengan ajaran islam dan juga anak kita memiliki akhlak yang mulia berbudi pekerti yang luhur. Itu bisa membuat amalan –amalan yang anak kita kerjakan secara tidak langsung kita sebagai orang tua yang sudah meninggal akan mendapatkan ganjaran pahala di akhirat nanti. Wallahualam bishawab.

Demikian artikel Keutamaan Doa Anak Untuk orang tuanya semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!