Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Buka Puasa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Ibadah puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus yang dimulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Menahan rasa lapar dan haus selama seharian terkadang membuat kita sulit mengontrol diri untuk menjaga makanan dan minuman yang akan disantap ketika berbuka. Tidak jarang pula banyak orangΒ  yang akan akan menyantap makanan apa saja yang ada di meja makan. Padahal ketika berpuasa kita dianjurkan untuk dapat menjaga jenis makanan dan minuman agar kesehatan selalu terjaga ketika berpuasa.

 

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Buka Puasa

Demi menjaga kesehatan tubuh saat bulan puasa, sudah sewajarnya jika selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan setiap jenis makanan yang akan disantap di waktu berbuka. Nah agar anda tidak salah mengkonsumsi makanan, berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan dan jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

 

Makanan yang dianjurkan

Ketika menunaikan ibadah puasa terutama puasa di bulan ramadhan, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa macam makanan berikut ini.

 

1. Kurma

Mengkonsumsi kurma dan air putih ketika berbuka merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW. Di dalam buah kurma terkandung gula alami, sehingga ketika berbuka puasa kurma dapat mengembalikan stamina yang hilang selama berpuasa. Buah asal kawasan Timur Tengah itu juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, yakni kalium dan serat.Β 

 

2. SupΒ 

Makanan yang berkuah seperti sup atau soto bisa menjadi menu buka yangΒ  direkomendasikan. Selain mengandung cairan, sup juga menyenangkan dan dapat memberikan nutrisi yang cukup.

 

3. Alpukat dan telur rebus

Makanan yang bisa menjadi menu buka yang baik selanjutnya adalah alpukat dan telur. Kedua makanan ini umumnya cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh. Di lain sisi, telur rebus juga dapat mengembalikan stamina.

 

4. Smoothies

Smoothies merupakan makanan dengan kandungan serat yang rendah, sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain dari itu, minuman ini juga akan sangat menyegarkan ketika diminum ketika berbuka puasa.

 

Makan yang Sebaiknya Dihindari

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang dianjurkan saat berbuka maka sebaiknya kenali juga apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

 

1. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas saat kondisi perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan rasa mulas serta sakit perut. Cabai merupakan salah satu unsur penting dalam olahan makanan pedas. Di dalam cabai terkandung senyawa capsaicin yang bisa mengiritasi dinding lambung ketika perut dalam keadaan kosong. Selain itu, capsaicin juga dapat membuat usus besar tidak dapat menyerap air secara maksimal.Β 

 

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda jika diminum saat perut kosong akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Kandungan asam berkarbonasi pada minuman tersebut ketika bercampur dengan asam lambung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan perut kembung. Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular ketika dikonsumsi secara rutin dalam waktu jangka panjang.Β 

 

3. Buah asam

Sebaiknya menghindari memakan buah-buahan yang bersifat asam ketika berbuka puasa tiba. Walaupun buah merupakan makanan yang sehat dimakan, akan tetapi buah asam tidak tepat jika dikonsumsi sewaktu berbuka. Jika dikonsumsi ketika keadaan perut kosong makan akan meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di daerah lambung dan dada. Selain itu juga dapat menyebabkan diare, karena buah-buahan asam dapat memicu gas di dalam perut dan menyebabkan tekanan di dalam sistem pencernaan.Β 

 

4. KopiΒ 

Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong dapat menimbulkan peningkatan asam lambung. Selain itu, kopi juga dapat memicu dehidrasi karena memiliki efek diuretik. Ketika kopi dikonsumsi langsung sewaktu berbuka maka akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

 

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!