Makna Idul Fitri ini sudah dilupakan oleh sebagian orang. Apasajakah itu?

24beberapa-ide-mengisi-liburan-panjang-dengan-keluarga-di-rumah

24beberapa-ide-mengisi-liburan-panjang-dengan-keluarga-di-rumah

Kembali pada Fitrah

Dalam lslam, ldul Fitri berarti kembali suci. Umat lslam yang telah menjalani puasa dengan sebaik-baiknya, tentu diharapkan bisa menjadi manusia baru yang bersih dari segala dosa. Dalam satu Ramadan, Allah menjanjikan rahmat, ampunan, dan terbebasnya seorang Muslim dan Muslimah dari api neraka. Bagi yang menjalankan ibadah puasa dan ibadah sunah lainnya dengan ikhlas, ldul Fitri tentu menjadi sebuah kemenangan yang harus disyukuri. Karena selain meraih ketakwaan, seorang Muslim juga diibaraikan bayi baru lahir. Bersih dari dosa.

Untuk merayakan kemenangan setelah menahan diri dari godaan hawa nafsu selama Ramadan, umat lslam diharapkan bisa bersyukur di hari ldul Fitri. Bersyukur atas kekuatan dan kesabaran yang diberikan Allah selama bulan suci. Bersyukur atas segala nikmat yang tercurah selama satu tahun yang telah berlalu.

Secara personal, zakat fitrah menjadi lambang kembalinya manusia kepada fitrahnya. Bersih tanpa noda. Tak hanya membersihkan hati, tapi juga membersihkan harta dari berbagai kepentingan duniawi yang selama ini mengekang.

lnilah sebuah kewajiban yang menenteramkan hati sekaligus berfungsi sosial; memperkuat ekonomi masyarakat tidak mampu-meski hanya sesaat.

Mengikat yang tercerai

Selain bersyukur karena kembali pada fitrah, umat lslam di lndonesia juga mengidentikkan bersyukur pada Hari Raya dengan berkumpul bersama keluarga, sama dengan tradisi Thanksgiving di Amerika yang merupakan hari keluarga. Karena keluarga adalah fondasi dasar yang di dalamnya terkandung kasih sayang, pendidikan, norma, nilai, ikatan batin, dan hubungan darah yang tak bisa dihapus. Setiap individu hendaknya menyadari bahwa keluarga-lah yang melahirkan kehidupan indah yang dimiliki sekarang. Tanpa keluarga, tak ada’pundak’ untuk berkeluh kesah dan berbagi tawa.

Dan seiring kehidupan sosial dan ekonomi yang bergerak sangat dinamis, tak sedikit individu yang keluar dari kampung halaman untuk menjemput rezeki.

Merantau ke kota lain atau negara lain demi menghidupi keluarga. Mereka berjibaku dengan pekerjaan yang acap membuat stres. Belum lagi budaya dan gaya hidup kota besar yang jauh berbeda dari kampung halaman. lnilah yang menjauhkan sesama anggota keluarga selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Maka ldul Fitri menjadi momen bersyukur bersama keluarga. Kembali ke tanah kelahiran. Menghirup udara segar yang membawa kita pada kenangan indah masa kecil. Menikmati kemenangan bersama
orang-orang terkasih.

ovi Shofianur (muslimah magazine)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details