Manfaat Mengasah Kepedulian Sosial Kepada Sesama

banner kegiatan sosial

Manfaat Mengasah Kepedulian Sosial Kepada Sesama, Sejak beberapa tahun lalu kita berada pada masa yang sulit, di mana virus covid 19 melanda indonesia yang menyebabkan sektor ekonomi masyarakat menjadi sulit. Banyak orang yang harus kehilangan pekerjaannya lantaran di PHK perusahaan yang tidak sanggup menggaji karyawannya dikarenakan omzet yang menurun pesat.

Meskipun pemerintah telah memberikan berbagai bantuan melalui beberapa program, namun hal tersebut belum juga mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. Keadaan inilah yang bisa menjadi momentum untuk saling membantu dan belajar untuk saling mengasihi antar sesama. Tidak hanya sebatas kata kata saja, namun terlebih ke sebuah tindakan yang di mana bagi kita yang mampu untuk ikut serta dalam meringankan beban teman kita yang terdampak. 

Keutamaan Rasa Peduli Antar Sesama

Memupuk rasa peduli antara sesama dan membantu mereka yang membutuhkan akan memberikan kita banyak manfaat dan keutamaan pada diri sendiri. Dilansir dari berbagai narasumber, berikut beberapa hal yang akan menjadi keutamaan bagi orang yang peduli dan mau membantu orang lain.

Jalan rezeki menjadi luas dan terbuka

Membantu meringankan beban orang lain merupakan bagian dari sedekah, yang di mana salah satu keutamaan dari bersedekah adalah rezeki menjadi luas dan terbuka. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Diriwayatkan juga dalam hadis riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” 

Allah menjanjikan untuk setiap hal yang disedekahkan akan diganti secara berlipat ganda, seperti yang disampaikan pada QS. Al-Baqarah: 245 “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.”

Semakin peka dengan kehidupan sekitar

Semakin sering saudara menebar kebaikan antara sesama, maka akan memberikan efek yang sangat besar dalam kehidupan saudara, khususnya dengan sikap peduli saudara ketika saudara mendapati teman, keluarga atau orang sekitar saudara yang tertimpa musibah atau ujian hidup.

Jadi teladan yang baik

Sikap peduli yang saudara lakukan saat ini mungkin akan menjadi contoh dan keteladanan yang baik untuk orang lain, sehingga ini bisa memengaruhi pikiran orang lain untuk melakukan kebaikan yang sama.

Keutamaan Membantu Sesama

Setiap orang yang merasa peduli antar sesama dan membantu meringankan beban mereka dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat, sama halnya dengan bersedekah, yang di mana sedekah memiliki banyak keutamaan yang salah satunya seperti

Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah.

Menghapus Dosa

Memiliki kebiasaan sedekah dan membantu orang lain yang susah akan menjadi salah satu hal yang akan menjadi sumber pahala dan akan menjadi penghapus dosa, seperti yang disampaikan dalam sabda Nabi Muhammad SAW “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi). Sedekah merupakan cara mudah yang disediakan oleh Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat. 

Menghindar dari Marabahaya

Sedekah juga merupakan suatu hak yang dapat membantu kita terhindar dari marabaya. Nabi SAW bersabda, “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Itulah manfaat dari mengasah rasa kepedualian dan keutamaan dari membantu antar sesama. Ayo bantu suadara saudara kita yang membutuhkannya dengan menunaikan zakat mal dari setiap harta yang kita miliki.

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details