Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini. Sebagai orang tua kita mempunyai kewajiban dalam memberikan pendidikan yang baik dan juga benar. Dan kita sebagai umat islam  di saat mempunyai anak , kita  Harus mendidik anak kita dengan membiasakan diri dalam melakukan amalan-amalan yang sesuai dengan syariat islam  seperti bersedekah dan juga berinfak, kedua amalan ini memiliki kemiripan dalam melaksanakannya.

Bersedekah dan berinfak  merupakan  suatu sarana ibadah yang bisa membuat anak kita berlatih dalam berempati anak kepada orang lain. Empati adalah memposisikan diri  sebagai  orang lain. Dalam berinfak dan juga bersedekah adalah seorang muslim yang memberikan sesuatu bantuan berupa materi atau bahan pokok  atau jenis yang lainnya yang secara ikhlas yang tidak ada waktu dan juga jumlahnya. Terkhusus  untuk sedekah  dalam memberikan sesuatu tidak harus dalam bentuk , tetapi bisa juga dilakukan dalam bentuk amalan kebaikan yang dikerjakan kepada seorang muslim itu bisa dimasukan dalam sedekah.

Berikut penulis akan memberikan cara Mendidik Anak Berinfak sejak Dini.

  1.       Selalu memberikan motivasi  lewat suatu hadits rasulullah dan juga ayat-ayat suci alquran yang didalamnya berisi tentang berinfak dan sedekah.
  2.       Selalu memberikan cerita –cerita seorang sahabat Rasulullah yang selalu suka dalam menafkahkan hartanya.
  3.       Kita harus membiasakan anak kita berinfak atau sedekah sedini mungkin.
  4.       Selalu memberikan reward kepada anak sebagai hadiah jika anak kita sudah mencapai target  amalan bukan sebelum mencapai target. Amalan
  5.       Kita bisa mengajak anak melihat langsung bagaimana kehidupan yang berbeda dengan kehidupan yang biasa anak kita jalani.

Untuk melatih anak –anak dalam  berinfak, kita bisa selalu mengikuti anjuran berinfak pada setiap sekolah. Jangan pernah kita sebagai orang tua, jika ada anjuran berinfak di sekolah kita tidak memberikan infak di sekolah itu. Walaupun sedikit ,setidaknya kita tidak mengabaikannya. Karena jika kita mengabaikannya, itu bisa menjadikan contoh kepada anak kita,. 

Ber infak dan juga bersedekah merupakan amalan yang sudah umum didalam bermasyarakat.  Dan juga memiliki ganjaran pahala yang besar bagi yang melaksanakannya. Wallahualam BIshawab.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!