7 Pembuka Pintu Rejeki

Mengenal 7 Nama Surga yang Tercantum di Dalam Alquran

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bismillahirrohmanirrohim. Mengenal 7 Nama Surga yang Tercantum di Dalam Alquran. Seluruh umat muslim di dunia tentunya disaat nanti mereka meninggal ,pastinya berharap langsung akan masuk surganya allah subhanahu wa ta’ala. Dan untuk masuk surga hanya bagi hamba Allah yang yang selalu taat akan perintahnya dan menjauhi larangan nya. Allah berfirman di dalam alquran yang artinya :

“ Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti,yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka,atas apa yang mereka kerjakan.” ( QS.As.Sajdah ayat 17).

 Berikut penulis akan memberikan pengenalan 7 nama surga yang tercantum di dalam Alquran:

  1.       Surga Firdaus. Surga ini disebutkan didalam al quran QS Al-Mu’minun ayat 1-11 yang artinya :

“ Sesungguhnya beruntung lah orang-orang yang beriman,(yaitu)orang –orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya,dan orang-orang yang menjauhkan diri dari ( perbuatan  dan perkataan ) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan  zakat,dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,kecuali terhadap istrer-isteri mereka atau budak yang mereka miliki;maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang –orang yang melampui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi surga  Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

  1.       Surga Adn. Surga ini disebutkan di dalam firman allah subhanahu wa ta’ala dalam al quran QS . Ar-Rad ayat 22-24 yang artinya:

“ dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan tuhannya,mendirikan shalat,dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),(yaitu) surge ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang Saleh dari bapak-bapaknya ,isteri-isterinya dan anak cucunya,sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; sambil mengucapkan): “salamun ‘alaikum bima shabartum”. Alangkah baiknya tempat kesudahan itu.”

  1.       Surga Al Jannah. Kata Jannah memiliki makna suatu tempat yang memiliki dengan kenikmatan, keindahan,dan juga  banyaknya kebun-kebun dengan pohon-pohon yang berbuah.  Dan kata Jannah juga disebutkan di dalam alquran 54 kali dan di dalam surat 28 kali.
  2.       Surga Darussalam. Darussalam memiliki arti rumah keselamatan  allah subhanahu wa ta’ala  berfirman di dalam alquran  yang artinya :

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam(surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki- Nya kepada jalan yang lurus (Islam.”

Dan juga dijelaskan di dalam Qs.Al-An’am ayat 127 yang artinya:

“ Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surge) pada sisi Tuhannya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal Saleh yang selalu mereka kerjakan.”

  1.       Surga Ma’wa. Sebagian para ulama mengatakan surga ini hanya untuk orang yang meniggalnya syahid dan  tempat tinggalnya di samping kanan Arsy. Surga Ma’wa disebutkan dalam firman allah subhanahu wa ta’ala  di dalam alquran yang artinya:

“ Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,surgalah tempat tinggal(Nya).”

  1.       Surga Jannatul Khuldi. Allah subhananhu wa ta’ala berfirman di dalam alquran yang artinya:

Katakan lah : “ Apa(azab) yang demikian itulah yang baik,atau Jannatul Khuldi (Surga yang kekal) yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? “ Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al-Furqan ayat 16)

  1.       Surga Dar al-Mukamah.di dalam alquran allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:

Dan mereka berkat: “ Segala puji bagi Allah yang telah menghilang kan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan Kami Benar-Benar Maha pengampun Lagi Maha Mensyukuri.Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal(Surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”.” ( QS.Fathir ayat 34-35)

Demikian artikel tentang mengenal 7 nama surga yang tercantum di dalam Alquran . semoga bermanfaat. Wallahualam Bishawab

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!