Menjelang Tahun Baru, Yuk Libatkan Allah SWT dalam Setiap Perencanaanmu!Β 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Sebagai seorang Muslim, tentu kita sadar bahwa segala sesuatu yang kita peroleh semata kehendak dari Allah yang artinya jika Allah tidak berkehendak maka kita tidak akan mungkin mampu merasakan dan mendapatkan apa yang menjadi keinginan kita dalam menjalani hidup di dunia ini.

Ketika menjelang akhir tahun, setiap orang pasti memiliki rencana atau tujuan yang ingin diraih pada tahun selanjutnya. Setiap orang pasti memiliki tujuan dan rencana yang berbeda beda, namun alangkah baiknya sebagai seorang Muslim kita merencanakan segala sesuatu yang diridhai oleh Allah SWT, agar berkah dan restu dari Allah menyertai setiap apa yang akan kita lakukan.

 

Cara Melibatkan Allah Dalam Setiap Perencanaan

Agar setiap perencanaan dan kegiatan yang kita lakukan mendapatkan berkah dan restu dari Allah maka alangkah baiknya jika kita mampu melibatkan Allah di setiap hal yang kita lakukan. Lantas bagaimana cara melibatkan Allah dalam setiap perencanaan.? Berikut beberapa caranya.

 

1. Takwa

Allah berfirman dan surat Al-Thalaq ayat 2-3: Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

Saudara ingin mendapatkan pendidikan ke luar negeri.? Ingin menunaikan ibadah Umroh.? Atau ingin memperoleh rezeki yang mengalir seperti air.? Tentu saja jawabannya bertakwa. Allah tidak akan pernah mengingkari atas apa yang pernah ia janjikan kepada umat yang selalu bertakwa kepada Allah.

 

2. Bertobat

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah bersabda,”…Barang siapa memperbanyak mohon ampunan (bertobat), Allah akan membebaskannya dari kedukaan, memberinya jalan keluar bagi kesempitannya, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duga.” 

Di zaman sekarang ini, kita selalu dihadapkan dengan perbuatan dosa misalnya seperti seornag perempuan yang menampilkan auratnya. Hal tersebut bahkan terlihat sudah seperti hal yang biasa saja dan dapat ditemukan di berbagai tempat mulai di tempat umum, majalah, televisi dan lain lain. Tentu tidak mudah mudah untuk menghindar. Oleh karena itu, beristighfarlah selalu. Dan ingat dosa bisa menghambat terkabulnya doa.

 

3. Sholat tahajud dan dhuha

Allah berjanji bahwa bagi siapa saja yang mendirikan shalat tahajud dan dhuha akan diangkat derajatnya untuk menjadi lebih tinggi. Mendirikan shalat tahajud dapat mengasah kepekaan hati, kejernihan pikiran serta ketajaman instuti untuk mendapatkan solusi dari setiap masalah yang tengah dihadapi.

Sholat sunnah yang tidak kalah pentingnya adalah sholat dhuha. Rasulullah bersabda: β€œSetiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (alhamdullilah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (la ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat sholat Dhuha”

 

4. Sedekah

Rasulullah bersabda: β€œ… dan amal sedekah itu hanyalah akan menambah seseorang makin banyak hartanya, maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah SWT akan melimpahkan rahmat-Nya kepada kalian”

Itu artinya, sedekah merupakan salah stau kunci untuk membuka pintu rezeki yang semakin lebar. Jangan takut untuk bersedekah, sebab Allah menjanjikan balasan yang belripat ganda dari setiap sedekah yang kita panjatkan.

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!