(021) 5312 6107

Mengenal Pengertian Mozaik dan Fungsi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Parenting
mozaik adalah

Mozaik – Pengertian mozaik adalah suatu karya seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi yang memanfaatkan berbagai macam material.  Mozaik ini dibuat dari kepingan – kepingan yang memang dipotong – potong atau telah dibentuk potongan.

Potongan yang telah dibuat tersebut nantinya akan disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar dengan menggunakan perekat seperti halnya lem.  Lalu dalam seni, mozaik adalah pembuatan garis kontur yang membatasi ruangan maupun bidang tidak menggunakan pewarna yang dioleskan. 

Akan tetapi, perlu anda tahu jika pembuatan garis kontur tersebut  bisa menggunakan tempelan- tempelan yang memiliki warna yang berbeda

Bahan Dasar Seni Mozaik Adalah

mozaik adalah

Sebagian masih ada yang menganggap jika mozaik adalah suatu seni lukis. Walaupun bahan dasarnya yaitu dengan memakai kertas, daun, biji- bijian , kepingan kaca, pecahan keramik dan masih banyak lagi.

Bahan- bahan yang digunakan untuk seni mozaik adalah memiliki sifat lembaran maupun yang bersifat kepingan . Dan bahan-bahan tersebut nantinya akan ditempel dalam bidang datar. Penempelan atau penggabungan potongan tersebut nantinya bisa menciptakan sebuah gambar.

Untuk seni mozaik ini, anda bisa menyiapkan sebuah ide dan selanjutnya anda baru mencari bahan yang anda butuhkan.

Karena orang yang akan membuat seni mozaik ini dituntut untuk berfikir bagaimana caranya untuk memadukan berbagai macam bahan dasar yang bermacam- macam untuk dijadikan sebagai karya seni yang berbentuk nyata.

Mozaik juga sudah banyak digunakan pada seni arsitektur Romawi.  Bahkan, sampai sekarang ini, arsitektur Romawi juga masih tampak menggunakan seni berupa mozaik, bahkan negara Romawi juga cukup populer sekali dengan karya – karya mozaiknya.

Untuk karya mozaik ini bisa dirancang dengan merancang idenya terlebih dahulu, yaitu tema apa yang akan dibuat.  Dan sesudah anda menentukan tema gambar tersebut, selanjutnya anda bisa membuat pola  yang diteruskan dengan material apa yang akan anda butuhkan untuk di tempel sebagai media mozaik yang akan anda gunakan tersebut.

Fungsi Seni Mozaik Terhadap kreativitas Anak Usia Dini

Seni mozaik ini ternyata memiliki beberapa fungsi, terutama untuk kreativitas anak yang masih usia dini. Fungsi seni mozaik adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Praktis

Untuk fungsi praktis seni mozaik ini yaitu karya seni rupa mozaik selain bersifat individual juga bisa sebagai media ekpresi untuk anak usia dini.

  1. Fungsi Edukatif

Dengan melalui penerapan metode pembelajaran lewat pendidikan seni mozaik dalam usaha untuk membantu pengembangan berbagai fungsi perkembangan yang ada pada diri seorang anak.  Diantaranya seperti halnya kemampuan  fisik, daya pikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan, dan juga kreativitas.

  1. Fungsi Ekspresi

Unsur – unsur seni rupa yang ada dalam karya mozaik adalah garis, warna, bentuk serta tekstur yang termasuk bahasa rupa yang dimanfaatkan dalam cara mengungkapkan ide – ide maupun suatu gagasan, imajinasi, dan juga pengalaman yang estetis.  Kemudian, itu semua akan diungkapkan dengan wujud ekspresi simbolis yang sangat pribadi.

  1. Fungsi Psikologis

Selain untuk dijadikan sebagi media ekspresi, seni rupa ini dapat pula dimanfaatkan untuk dijadikan fungsi terapeutik untuk sarana sublimasi, relaksasi. Antara lain yaitu sebagai penyaluran berbagai macam permasalahan yang telah dialami oleh anak.

  1. Fungsi Sosial

Perlu anda ketahui, ternyata kehadiran karya seni rupa khususnya dalam seni pakai biasanya banyak membantu untuk memecahkan berbagai macam persoalan sosial. Banyak sekali fungsi dan manfaat yang diperoleh dari karya seni rupa berupa seni mozaik ini.


error: Content is protected !!