Pola Makan Seimbang Untuk Ibu Hamil

Rahasia 7 Jus Sayur untuk Mengatasi 7 Penyakit

Pola makan seimbang untuk ibu hamil – pola makan seimbang adalah bagian terpenting dari perawatan kesehatan menjelang kehamilan, baik bagi wanita maupun pria. Pola makan seimbang akan membantu wanita mengatasi tantangan-tantangan kehamilan, sekaligus memberikan makanan yang lebih sehat bagi janin yang masih tumbuh dalam kandungan. Panduan umumnya adalah:

Pastikan terdapat makanan-makanan dari setiap kelompok makanan utama setiap harinya. Konsumsi lima porsi buah dan sayuran segar setiap hari. Minimalkan asupan lemak hewani dan gula. Minum paling tidak delapan gelas air setiap hari. Makan secara teratur. Pilihlah makanan-makanan alami yang tidak diproses. Suplemen yang dibutuhkan wanita hamil hanyalah asam folat.

KELOMPOK 1: ROTI & SEREALIA
Kelompok ini merupakan sumber karbohidrat sempurna untuk memberikan energi dan serat bagi kesehatan pencernaan. Roti dan serealia juga merupakan sumber vitamin B, kalsium, dan zat besi. Konsumsilah padi-padian, seperti sereal wholewheat tanpa tambahan gula, roli wholemeal, dan pasta
wholewheat. Pilihlah nasi dari beras merah yang melalui lebih sedikit tahap.

KELOMPOK 2: BUAH-BUAHAN & SAYURAN
Konsumsilah lima porsi buah dan sayuran segar setiap hari. Satu porsi bisa berarti segelas jus buah, sebuah apel atau pisang, seporsi salad atau sayuran. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral, hampir tidak mengandung lemak, dan mengandung serat yang sangat tinggi. Makanlah buah dan sayuran mentah atau yang dimasak sebentar untuk mendapatkan nilai nutrisinya secara maksimal.

KELOMPOK 3: DAGING, IKAN, DAN ALTERNATIFNYA
Daging sapi dan daging kambing kaya protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi penting, seperti perbaikan sel-sel tubuh. Daging juga kaya akan mineral, seperti zat besi, seng, dan vitamin B. pilihlah daging rendah lemak dan buang lemak yang tampak. Daging yang dibakar dan dipanggang, atau dimasak dengan microwave akan berkurangnya kandungan lemaknya. Masukkan lebih banyak sayur dibandingkan daging ke dalam sup untuk mendapatkan hidangan sehat dan seimbang.
lkan dan daging unggas juga kaya protein. Daging berminyak seperti makarel, salmon, dan sardin kaya minyak ikan yang bergizi tinggi. Konsumsilah dua porsl daging dan ikan berminyak dalam seminggu. Namun, hindari mengonsumsi lebih dari satu steik tuna segar atau setengah kaleng sedang ikan tuna dalam seminggu.

KELOMPOK 4: TELUR, SUSU, DAN PRODUK OLAH SUSU LAINNYA
Telur, susu, dan produk-produk olahan susu lainnya seperti keju, kaya akan kalsium yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang, serta protein. Wanita hamil membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk pembentukan tulang dan janinnya.
Produk-produk rendah lemak jauh lebik baik untuk Anda Apabila Anda khawatir dengan pertambahan berat badan kurangi konsumsi mentega dan hindari makanan-makanan yang mengandung krim. Yogurt alami merupakan pilihan yang baik. Wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil sebaiknya tidak mengonsumsi telur mentah atau setengah matang, dan keju lunak untuk menghindari keracunan.

KELOMOK 5: LEMAK & GULA
Tubuh tetap membutuhkan lemak walaupun dalam jumlah sedikit. Lemak terbagi dalam dua kelompok utama, yaitu lemak jenuh yang akan berubah padat dalam ruangan, dan lemak tak jenuh yang hampir semuanya tidak akan berubah dari wujud cairnya. Lemak jenuh, seperti mentega, bisa meningkatkan kadar kolesterol darah dan risiko penyakit jantung.
Makanan yang mengandung gula memberikan tambahan energi yang bersifat sementara, tapi nilai gizinya sangat rendah. Kurangi konsumsi gula, apabila Anda tidak bisa menghentikannya sama sekali.

sumber: meningkatkan kesuburan untuk kehamilan (seri Ayahbunda)

Warehousing & Storage
Services

Careful storage of your goods

View details

Custom Transport
Solutions

Complex logistic solutions for your business

View details