puasa senin kamis

Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, Hukum, dan Keutamaan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Puasa Senin Kamis adalah  salah satu puasa sunnah yang paling dikenal banyak orang karena Rasulullah pun sangat sering melakukan puasa ini. Bagaimana hukum puasa sunnah senin kamis?

Puasa senin kamis hukumnya sesuai syariat islam adalah sunnah yang berarti akan mendapat pahala jika dikerjakan dan tidak mengapa jika tidak dilakukan. Akan tetapi lebih baik jika kesempatan untuk mendapat pahala itu jangan disia-siakan. Berikut ini adalah hadits puasa senin kamis 

Dari โ€˜Aisyah radhiyallahu โ€˜anha, mengatakan,

ุฅูู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุชูŽุญูŽุฑูŽู‘ู‰ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ุงู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู.

โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.โ€ (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุชูุนู’ุฑูŽุถู ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠุณู ููŽุฃูุญูุจูู‘ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ุฑูŽุถูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‰ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุตูŽุงุฆูู…ูŒ

โ€œBerbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.โ€ (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam jika ditanya mengenai puasa pada hari Senin, beliau menjawab,

ุฐูŽุงูƒูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ูˆูู„ูุฏู’ุชู ูููŠู‡ู ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ุจูุนูุซู’ุชู ุฃูŽูˆู’ ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ูŽู‘ ูููŠู‡ู

โ€œHari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.โ€ (HR. Muslim no. 1162)

Lalu, bolehkah puasa senin kamis tapi senin tidak puasa atau puasa kamis saja?

Dianjurkan untuk berpuasa sunah hari kamis di setiap pekan, baik ketika bulan muharram maupun di luar muharram. Dan anjuran puasa hari kamis tidak ada batasannya dengan puasa senin sebelumnya. Bahkan anda cocok untuk puasa hari kamis, sekalipun anda tidak puasa hari senin. Karena amal manusia dilaporkan di hari kamis. Diriwayatkan Abu Daud dalam sunannya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam terbiasa puasa setiap senin dan kamis. Ketika beliau ditanyai alasannya, beliau bersabda, โ€œSesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.โ€ (Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 192137)

Hari yang Dilarang Puasa Senin Kamis

hari dilarang puasa senin kamis

Namun, sama seperti puasa sunnah lainnya, terdapat pula hari yang dilarang berpuasa senin kamis yaitu ketika: 

  1. Hari raya idhul fitri

Meskipun pada hari ini tidak ada yang bisa dimakan, seorang muslim tetap dilarang berniat puasa pada hari ini. Karena hari raya idhul fitri adalah hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Oleh karena itu larangan puasa senin kamis berlaku saat hari raya.

  1. Hari raya idhul adha

Pada hari idhul adha muslim disunahkan untuk meyembelih hewan kurban dan menjadikan dagingnya sebagai santapan pada hari itu. Oleh karena itulah puasa senin kamis atau sunnah lainnya tidak boleh dilakukan pada hari tersebut.

  1. Hari tasyrik

Hari tasyrik adalah 3 hari berturut-turut sesudah Idul Adha yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah. Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah mengutus Abdullah bin Hudzaifah agar mengelilingi Kota Mina dan menyampaikan, โ€œJanganlah kamu berpuasa pada hari ini karena ia merupakan hari makan, minum, dan berzikir kepada Allah.โ€

  1. Hari syak

Puasa senin kamis yang bertepatan dengan hari syak tidak dianjurkan karena hari ini tanggal 30 syaban yang dikhawatirkan menyerupai puasa Ramadhan. Selain itu puasa senin kamis pada tanggal ini hanya boleh dilakukan jika terbiasa melakukan puasa senin kamis atau puasa daud secara rutin.

  1. Puasa sunnah seorang wanita hamil/menyusui tanpa izin suaminya

Bolehkah ibu menyusui puasa senin kamis? Seorang istri dan juga ibu dalam melakukan amalan harus dengan izin suaminya hal ini juga berlaku untuk puasa senin kamis. Seorang suami berhak meminta istrinya unutk berbuka jika dia tidak mengizinkan suaminya, dan haram hukumnya bagi seorang istri jika tetap melanjutkan puasa sunnah senin kamisnya. Maka hal ini dapat menjadi hal yang membatalkan puasa senin kamis. 

  1. Hari ketika haid dan nifas

Sama halnya dengan saat berpuasa wajib, saat berpuasa senin kamis kemudian seorang wanita mengeluarkan darah haid maka puasa tersebut harus dibatalkan. Dan hukum membatalkan puasa sunnah senin kamis pada hal ini menjadi wajib, karena wanita yang ada dalam hadast besar tidak boleh berpuasa

Tata Cara Puasa senin Kamis

Tata cara untuk melakukan  puasa senin kamis yang pertama adalah melakukan niat puasa senin kamis sebagai berikut:

Puasa Hari Senin

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู’ู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah taโ€™ala.”

Puasa Hari Kamis

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠู’ุณู ุณูู†ูŽู‘ุฉู‹ ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah taโ€™ala.”

Ada dua pendapat tentang pembacaan niat. Menurut madzab Maliki berdasar sabda Rasulullah:

โ€œSiapa yang tidak meniatkan puasa di malam hari (sebelum subuh) maka tidak ada puasa …โ€

Maka ulama ber madzab Maliki meyakini niat puasa sebelum subuh adalah wajib, sama seperti puasa wajib. Sedangkan sebagian besar ulama bermadzab Hanafiyah, Syafiiyah, dan Hambali cenderung pada pendapat bahwa niat tidak masalah jika diucapkan setelah subuh. Berdasar pada hadist:

Aisyah Radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari.

Lalu beliau bertanya, โ€œApakah kamu memiliki makanan?โ€ Kami jawab, ‘Tidak.’

Lalu beliau mengatakan, โ€œJika demikian, saya puasa saja.โ€

Hadist tersebut juga menjawab pertanyaan apakah puasa senin kamis harus sahur? Tentunya puasa senin kamis lebih baik dilakukan jika ada niat sahur puasa senin kamis agar saat melakukannya tidak merasakan rasa lapar yang berarti. Namun hadist tersebut menunjukkan puasa senin kamis tanpa sahur juga diperbolehkan

Setelah melakukan niat dan jika ada kesempatan sahur hendaknya menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa. Ada pula pertanyaan berapa lama puasa senin kamis? Karena puasa ini sunnah maka tidak ada perbedaan dengan puasa wajib dan sunnah lainnya. Yaitu sejak fajar hingga terbenamnya matahari. 

Keutamaan Puasa Senin Kamis

hukum puasa senin kamis

Keutamaan berpuasa hari Senin dan Kamis dari Abu Hurairah berikut, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

โ€œPintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.โ€ (HR. Muslim no. 2565).

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!