Resep masak nasi sehat: Nasi Agar-agar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

cara memasak nasi yang sehat – Masyarakat Jepang sangat gandrung mengkonsumsi produk-produk hasil laut. Mereka banyak makan ikan, demikian pula dengan rumput laut serta hasil olahnya semisal agar-agar. Agar-agar tidak saja dibuat kudapan, tetapi diolah bersama beras menjadi Nasi Agar-agar yang sehat dan kaya serat.

Agar-agar merupakan bahan makanan yang paling kaya akan serat makanan, banyak mengandung protein nabati, dan bebas kalori karena karbohidratnya tidak dicernakan tubuh. Serat makanannya mampu membersihkan sisa makanan yang menempel pada dinding usus. Sehingga, penyerapan zat gizi pun menjadi lebih sempurna, bahkan mampu menghalau kanker usus.

Di antara sekian banyak bahan makanan yang kaya serat, agar-agar paling tinggi kandungan seratnya. Mengkonsumsi agar-agar setiap hari tidak akan menyebabkan kegemukan maupun permasalahan kesehatan. Bila sering mengkonsumsi agar-agar, proses pencernaan pun menjadi lebih lancar dan bagus bagi program diet. Bagi penderita diabetes mellitus, panas dalam, sariawan, dan yang punya permasalahan suka susah BAB (buang air besar), dianjurkan memperbanyak konsumsi agar-agar.

Manfaat agar-agar bagi kesehatan begitu besar, sehingga tidak heran kalau masyarakat Jepang begitu menggandrunginya sampai diolahnya dalam bentuk Nasi Agar-agar (Nagar). Dengan dibuat Nagar, nasi menjadi lebih pulen, iembut, wangi dan kaya serat. Inilah Nagar yang diolah dari Agar-agar Cap Dunia Walet keluaran PT Dunia Bintang Walet, hasil uji coba di Dapur SELERA.

Nagar (Nasi Agar-agar)
agar

Bahan:

  • I kg beras kualitas baik, cuci bersih, tiriskan
  • 1200 ml air (tergantung beras yang dipakai)
  • 3,5 g (tlrbunghus) ag r-agar bubukwarna putih, Cap Dunia Walet
  • 2 lb daun pandan

 

 

Cara membuat:
1. Masukkan beras, air, agar-agar dan daun pandan ke dalam panci, aduk hingga rata.
2. Masak di atas api sedang sambil diaduk-aduk hingga air terserap oleh beras dan kering. Angkat.
3. Kukus dalam panci pengukus panas selama 35 menit hingga matang. Angkat. Sajikalr panas dengan lauk pauk kegemaran. Untuk 10 orang

Majalah Anakku

Related Posts

Leave a Comment

Tangan di Atas Lebih Baik daripada Tangan di Bawah

Perjalanan hidup akan lebih indah dan bermakna ketika kita mampu berbagi. Jadikan kebiasaan berbagi untuk bantu sesama. Yuk sedekah sekarang, biar berkah!